Type to search

Bisnis Online

5 Cara Ampuh dan Teruji Menjadi Reseller Online yang Sukses

Share
Cara Ampuh dan Teruji Menjadi Reseller Online yang Sukses

Menjadi seorang reseller bisa dibilang adalah gate pertama yang sering dilakukan seseorang saat masuk ke dunia bisnis online. Dengan menjadi reseller, mereka berperan sebagai seorang penjual yang menjual kembali suatu barang yang dibelinya dari supplier/distributor ke orang lain/ pembeli.

Menjadi reseller bisnis online semakin diminati karena peluang penghasilan yang lumayan dan bisa dijalankan dengan modal minim. Dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace dengan sebaik- baiknya, siapapun bisa menjadi reseller yang sukses.

Tips Menjadi Reseller Sukses

Siapapun bisa menjadi reseller bisnis online yang sukses! Kompetisi memang menjamur, tapi mereka yang tekun dan menerapkan strategi yang tepat lah yang konsisten menghasilkan penjualan yang optimal.

Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis reseller Anda sendiri, cobalah beberapa tips ampuh dari marketer ini agar sukses yang Anda raup bisa lebih optimal :

1. Memilih Produk yang Tepat

Sebelum memutuskan untuk menjadi reseller sebuah produk, Anda harus mengenali sebuah produk yang akan Anda pasarkan terlebih dulu. Anda juga perlu memastikan bahwa produk tersebut mempunyai peluang untuk berkembang.

Tidak ada salahnya menjual produk yang memang sudah mainstream di pasaran. Tapi yang perlu diingat, produk seperti ini persaingannya juga sangat ketat. Sisi positifnya, pasar dari produk jenis ini juga sangat besar.

Atau Anda ingin menjual produk dari pasar dengan segmentasi khusus? Bisa saja! Namun Anda perlu merencanakan strategi khusus dan melakukan riset seberapa potensial produk tersebut untuk dijual. Anda mungkin bisa mendapatkan insight baru dengan membaca artikel kami sebelumnya : Cara Riset untuk Menemukan Produk dan Supplier Terbaik di Marketplace.

Selain jenis produk dan pangsa pasar produk, pertimbangkan juga harga produk. Tujuannya adalah agar Anda bisa memperhitungkan besar keuntungan yang bisa Anda peroleh. Dengan begitu, strategi promosi yang Anda lakukan pun bisa lebih terarah.

Anda juga bisa memperkirakan biaya pemasukan, biaya pengeluaran, dan keuntungan bersih saat Anda membelinya dari supplier. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui seberapa menguntungkannya bisnis reseller online ini untuk dijalankan.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Jenis Bisnis Rumahan yang Dapat Anda Coba Saat Ini Juga

2. Menemukan Supplier Terbaik

Jika ingin bisnis reseller Anda survive untuk jangka panjang, menemukan supplier terbaik sangatlah penting. Apa saja indikator supplier yang baik? Berikut ini yang dapat menjadi pertimbangan Anda :

  • Harga produk
  • Kualitas
  • Reputasi supplier (kepercayaan)
  • Support (kecepatan dan layanan)

3. Mengenali Kompetitor Anda

Setiap jenis produk mempunyai kelebihan dan kekurangan masing- masing. Seperti yang telah disinggung di point #1 misalnya. Produk yang sudah mainstream mempunyai kelebihan mudah dijual karena pangsa pasar sangat besar, namun kompetisi juga sangat ketat. Sedangkan produk anti-mainstream mempunyai segmen pasar khusus yang lebih kecil, namun kompetisi juga cenderung masih longgar.

Maka dari itu, penting untuk mengenal tingkat kompetisi dan kompetitor Anda. Anda mungkin dapat melakukan riset seberapa banyak daftar reseller yang berada di kota yang sama dengan Anda. Intip website dan media sosialnya. Amati aktifitas promosi dan pemasaran yang mereka lakukan.

Bukan berarti Anda meniru mereka habis- habisan, namun Anda bisa memanfaatkan hasil riset Anda untuk menyusun strategi pemasaran yang lebih baik dari kompetitor Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   11 Cara Terbaik Menghindari Penipuan Belanja Online

4. Tentukan Sistem Pelayanan & Pemesanan

Apa yang membuat bisnis Anda berbeda dari reseller lainnya? Apakah kemudahan pemesanan, layanan super friendly, bonus untuk pembelian jumlah tertentu, pengiriman yang cepat, kemudahan retur, harga lebih hemat, packing rapi dengan label sendiri, atau sistem pelayanan lainnya?

Sistem pelayanan dalam bisnis reseller memegang peranan penting. Anda perlu menentukan sistem pelayanan Anda agar pembeli merasa nyaman dan happy membeli dari toko Anda. Dengan begitu, setelah membeli, mereka tidak akan sungkan untuk membeli dari toko online Anda lagi.

Ingat, dalam bisnis reseller, penting untuk menjaga pembeli lama (repeat customer) untuk terus membeli dari toko Anda. Repeat order yang tinggi adalah salah satu indikator bahwa toko online Anda mempunyai pelayanan yang ciamik.

5. Rumuskan Strategi Pemasaran

Tidak perlu buru- buru mempunyai website sendiri. Faktanya, banyak reseller toko online yang sukses hanya menggunakan media sosial dan marketplace untuk menjalanikan bisnis reseller mereka. Kuncinya adalah tekun dan konsisten.

Jadi, di tahap awal, manfaatkanlah secara optimal media sosial, seperti Instagram dan Facebook, dan juga beberapa marketplace populer di Indonesia. Buat konten yang stand out di setiap akun Anda agar engagement di akun Anda bagus dan berkualitas. Jika perlu, lakukan paid to promote, endorsement (di awal bisa coba endorsement kecil- kecilan), atau  iklan berbayar.

Jika dalam waktu beberapa bulan penjualan Anda dari bisnis reseller online ini sangat baik dan memuaskan, pertimbangkan untuk membuat website. Dengan begitu, Anda bisa menjangkau pasar yang lebih luas dan penjualan Anda semakin melesat.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mencari Produk Laris di Marketplace untuk Diiklankan di Facebook

Kesimpulan : Bukan Sekedar Ide dan Strategi

Secara teori di atas sih memang sepertinya menjadi reseller bisnsi online ini sangat mudah, ya? Hahaha… Tapi semua itu kembali ke diri kita. Seberapa serius kita menekuninya, seberapa konsisten dan sabar kita dalam menjalani strategi- strategi bisnis kita.

Banyak orang yang gagal dalam bisnis online sebenarnya bukan karena kurang pintar atau kurang strategi. Tapi lebih karena kurangnya konsistensi dan ketekunan dalam menjalani bisnisnya. Jangan hanya punya ide dan strategi, tapi eksekusilah ide dan strategi itu dengan sebaiknya- baiknya.

Tekuni, jangan menyerah, dan jangan berhenti di tengah jalan karena jenuh atau hal lainnya. Anda harus selalu menemukan alasan untuk terus menjalankan dan mengoptimalkan bisnis online Anda. Dengan ketekunan tersebut, Anda akan melangkah lebih besar lagi, dan bahkan suatu saat menjadi produsen dari bisnis Anda sendiri. Mengapa tidak? Selalu ada hadiah besar untuk orang yang tekun, bukan?

Semoga bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.