Ranking Blog/ Merosot di Google? Ini pernah terjadi pada salah satu website Saya beberapa waktu lalu. Website Saya yang kerap masuk page one Google tiba- tiba jatuh ke halaman 3-4 waktu itu, dan jumlah visitor pun akhirnya terjun bebas. Saya yakin hal seperti ini tidak hanya terjadi pada 1-2 blogger saja. Banyak sekali blogger atau webmaster yang kerap berhadapan dengan problem ini dan menjadi stress dadakan.

Kok bisa ya Blog/ Website merosot di SERP Google? Bukannya kalau seperti itu terus website dan penghasilan kita sebagai bloggerbisa terancam? Ya tentu saja. Tidak seorang blogger pun menginginkan hal seperti ini terjadi. Biar bagaimana pun, tetap menjaga posisi blog kita secara konsisten di search engine hukumnya mutlak jika kita tidak ingin website kita semakin masuk jurang. Bagi  seorang blogger, mendapatkan posisi yang bagus di Google adalah sesuatu yang sangat penting. Hal ini akan membuat website kita kaya akan lalu lintas organik yang artinya akan ada banyak visitor dan menguntungkan kita sebagai si pemilik website.

Kini, mari kita kupas bersama hal- hal yang menyebabkan ranking blog/ website merosot di SERP Google. Berikut ini adalah faktor- faktor penyebabnya:

1. Ranking Blog/ Website Merosot karena  Terkena Sandbox

Google Sandbox adalah pinalti yang diberikan oleh search engine Google pada website/ blog yang menyalahi standard Google search engine. Sandbox ini biasanya mengintai website- website yang kerap melakukan spamming, baik di internal website maupun di luar website. Ketika website kita terkena Sandbox, maka Anda tidak akan dapat menemukannya dalam hasil pencarian di Google. Widihhh….. ngeri ya?

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa Google Plus dan Author Rank Penting untuk SEO?

Website yang kerap mengalami Google Sandbox adalah situs bisnis di Amerika. Sedangkan untuk di Indonesia sendiri tidak begitu banyak. Meskipun sulit, ada banyak cara yang dapat ditempuh untuk mengembalikan kembali situs yang terkena Google Sandbox ke halaman pencarian Google, tapi tentu saja hal ini membutuhkan usaha yang maksimal dan waktu yang relatif lama. Beberapa cara yang dapat dilakukan blogger untuk mengembalikan ranking blog/ website yang terkena pinalti Sandbox antara lain  dengan cara membangun backlink dari situs- situs authority dan memperbaiki konten website.

2.  Ranking Blog/ Website Merosot karena Script Jahat/ Malware

Jangan pernah sekali- kali memasang script jahat atau malware yang berbahaya bagi pengunjung. Percaya lah bahwa mesin pencari Google selalu lebih pintar bagi Anda dan mereka dapat membaca situs Anda yang mengandung kode berbahaya. Ketika situs Anda terpasang malware, maka Google akan memberikan peringatan kepada calon pengunjung bahwa website mengandung malware atau script berbahaya, dan tentu saja, pengunjung akan memilih untuk meninggalkan situs Anda karena tidak mau mengambil resiko.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu SEO? Apa Manfaatnya untuk Bisnis? Mengapa Penting?

Selain itu, situs- situs yang mengandung malware memiliki reputasi buruk di mata search engine. Cepat atau lambat, situs tersebut akan merosot peringkatnya dan bahkan mental habis- habisan dari halaman pencarian. Sebagai blogger, meskipun Anda mungkin tidak pernah berniat jahat, perlu kehati- hatian agar website Anda tidak tersisipi script jahat. Misalnya ketika Anda menginginkan Themes Premium, maka solusi terbaik adalah membelinya. Banyak sekali situs yang membagikan Themes Premium secara gratisan ternyata menyisipkan malware di dalamnya.

3. Ranking Blog/ Website Merosot karena Konten Website Copas

Tidak perlu ngeyel lagi, Google memang sangat tidak menyukai konten Copas. Copaser paling ahli sekali pun akan mendapatkan hukuman dari si mbah tepat pada waktunya. Jika Anda memang tidak memiliki ide untuk menulis sebuah artikel, maka rewrite lah, jangan copas bulat- bulat. Rewrite adalah menulis ulang dari beberapa sumber ( biasanya lebih dari satu sumber ) dengan gaya bahasa sendiri. Dengan rewrite, maka Anda dapat menghasilkan konten yang lebih fresh, enak dibaca dan original, dan yang pasti hal ini juga memberi dampak positif bagi ranking blog/ website Anda, yaitu skill menulis Anda meningkat dan juga Anda memahami isi konten website Anda ( kalau copas bulat- bulat, seringkali Anda hanya paham judulnya saja, tidak paham isi artikel tersebut apa, padahal bisa jadi sangat bermanfaat untuk Anda ). Tapi Saya kan nggak bisa nulis? Ayo kita belajar sama- sama, kalau bukan sekarang kapan lagi?

Artikel Menarik Lainnya :   14 Tips SEO untuk Meningkatkan Ranking Blog Anda Dengan Lebih Cepat

4. Ranking Blog/ Website Merosot karena Perubahan Algoritma Google

Yes, Google ini memang rajin sekali melakukan update algoritma dari waktu ke waktu. Nah, seringkali ketika mereka melakukan update algoritma baru, maka banyak terjadi perubahan dalam hasil pencarian di Google. Situs lama yang sering nongkrong di page one dapat tergeser ketika tidak sesuai dengan algoritma baru Google.

Lalu bagaimana solusinya? Milikilah situs yang selalu mengutamakan pembaca, yaitu dengan konten yang menarik, original, informative dan edukatif, serta memiliki struktur navigasi yang baik, maka ketika perubahan Alogaritma terjadi, maka hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi ranking blog/ website Anda di search engine.

Cukup sekian ya sharing seputar ranking blog/ website di SERP Google. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi kami dan juga pengalaman beberapa blogger lainnya. Tidak ada maksud untuk menggurui atau merasa sudah pintar, artikel ini hanya bertujuan untuk sharing pengetahuan saja. Terimakasih, dan mudah- mudahan bermanfaat :).