Siapa tidak mengenal produk biskuit dengan brand Khong Guan? Saat mengingat brand yang satu ini, kita diingatkan dengan kaleng merah bergambar seorang ibu dan dua anaknya yang sedang duduk di meja makan menikmati biskuit.

Bagi masyarakat Indonesia, brand yang berada di bawah bendera PT Khong Guan Biscuit Factory Indonesia Ltd bukan sekedar produk biskuit biasa, melainkan sebuah brand legendaris yang sangat popular.

Seiring dengan perkembangna bisnis yang bertumbuh besar, perusahaan yang didirikan oleh Hidayat Darmono ini pun melebarkan sayap ke merek- merek seperti Nissin, Monde, dan Serena. Dengan berbagai merek, PT Khong Guan Biscuit terus melakukan inovasi, baik dari segi rasa, maupun penampilan produk atau kemasan.

Resep Sukses Khong Guan Merajai Bisnis Biskuit

Brand Khong Guan sudah ada sejak lebih dari 45 tahun yang lalu dengan  418 jenis biskuit. Meskipun digembur habis- habisan oleh brand ternama lainnya, namun brand yang satu ini tetap berdiri kokoh dan selalu percaya diri untuk bisa memantapkan diri di persaingan.

Artikel Menarik Lainnya :   Sering Beramal, Salah Satu Alasan Bill Gates Terus Jadi Orang Terkaya Sedunia

Lantas, bagaimana resep dari brang biskuit popular ini dalam merajai bisnis biskuit di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini :
1. Fokus pada Kualitas
Budi Hendrato, direktur Khong Guan Group, mengungkapkan bahwa perusahaannya selalu memperhatikan kualitas dari produknya. Tidak heran, berfokus pada kualitas adalah resep pertama dan yang utama dari brand biskuit ini.

Menurutnya, kualitas adalah hal yang paling utama untuk mendapatkan pelanggan dan memenangkan persaingan. Berawal dari fokus ini lah Khong Guan menjadi produk yang kemudian banyak dipilih oleh konsumen. Mereka selalu menggunakan bahan berkualitas untuk menghasilkan produk yang bermutu tinggi.

2. Mengutamakan Mutu
Pengawasan mutu sudah dimulai sejak proses produksi Khong Guan Group dilakukan. Untuk menjamin mutunya, mereka mensertifikasi kehalalannya dengan mencapai sertifikat ISO 22000: 2005. Dengan hal ini, Khong Guan meyakinkan konsumen bahwa produk mereka bukan hanya bermutu tinggi, tapi juga aman untuk dikonsumsi.

“Selain kualitas, seorang pengusaha memang harus mampu memastikan produknya memiliki mutu yang baik. Setelah memiliki mutu yang baik maka pengusaha bisa melanjutkan pada strategi-strategi lainnya,” ungkap  Budi Hendarto.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Daftar Gaji Tertinggi dari Perusahaan Teknologi

3. Pentingnya Memperluas Jaringan Distribusi
Melakukan perluasan jaringan distribusi yang kuat adalah hal yang sangat penting. Maka, hal ini juga tidak luput dilakukan oleh Khong Guan saat produk mereka sudah diterima masyarakat. Untuk memperluas distribusi ini, brand yang satu ini selalu mengusahakan memperbanyak jumlah distributor setiap tahunnya. Hal ini penting dilakukan untuk menjamin eksistensi mereka.

Dengan jaringan distribusi yang kuat, Khong Guan dapat memaksimalkan potensi pasar mereka sekaligus membendung diri dari serangan kompetitor. Selain di Indonesia, Khong Guan juga sudah tersebar di sebagian pasar Asia dan Afrika.

4. Menyentuh Semua Kalangan
Khong Guan berhasil menyasar beberapa segmen pasar sekaligus dengan kreasi biskuit mereka. Segmentasi yang mereka gunakan adalah Khong Guan untuk menyasar pasar menengah-bawah, Nissin untuk kalangan menengah, dan Monde untuk kalangan menengah ke atas.

Untuk Khong Guan, inovasi produk dengan segmentasi ini sengaja mereka lakukan untuk meraih simpati dari seluruh lapisan masyarakat.

5. Terus Melakukan Promosi Meskipun Sudah Populer
Kepopuleran yang diperoleh selama berpuluh- puluh tahun tidak lantas membuat PT Khong Guan Biscuit lupa diri. Mereka terus melakukan berbagai promosi meskipun nama #brand nya sudah melekat kuat di hati masyarakat Indonesia. Promosi yang dijalankan brand satu ini adalah beriklan di media televisi, dan juga media sosial, terutama saat memasuki moment penting hari besar nasional, seperti Hari Raya Idul Fitri.

Artikel Menarik Lainnya :   Howard Schultz, Kisah Seorang Loper Koran yang Sukses Membesarkan Starbucks

6. Melakukan Aktifitas Pemasaran yang Unik
Yang terakhir dan tidak kalah pentingnya, Khong Guan juga melakukan aktifitas pemasaran yang unik sebagai resep suksesnya. Pemasaran unik dan menarik ini adalah dengan memberikan kaleng Khong Guan ke tukang dagang bubur, nasi goreng, bakmi, dan lain- lain.

Memang, kaleng Khong Guan diminati oleh para pedagang tersebut karena punya ruang yang baik untuk menyimpan kerupuk. Dengan begitu, nama brand- brand Khong Guan Group akan semakin sering dilihat dan melekat di hati masyarakat Indonesia. Jenis promosi gratis yang mungkin sering tidak kita pikirkan, bukan?