Sudah menggunakan WhatsApp Business? Sekalipun Anda merasa bisnis online yang Anda jalankan saat ini bersifat sampingan atau toko online kecil- kecilan, tidak ada salahnya untuk mencicipi fitur bisnis dari WhatsApp Business. Selain membantu Anda memisahkan penggunaan WhatsApp secara personal dan bisnis, WA Business juga kaya akan fitur yang membantu Anda lebih optimal dalam melayani pelanggan.

Ya, #WhatsAppBusiness memang dirancang dengan fitur khusus yang membantu mempermudah bisnis Anda. Salah satu fitur menarik dibandingkan dengan WhatsApp biasa adalah kita dapat mengatur profil bisnis kita. Ini adalah langkah awal untuk memberitahu pelanggan terkait bisnis kita, jam buka, jenis usaha, alamat kantor, dan lainnya.

Cara Memulai WhatsApp Business

1. Yang pasti, sebelum Anda mulai mengatur profil bisnis Anda, pastikan Anda sudah tahu cara mulai menggunakan WhatsApp Business. Jika belum, download lah aplikasi nya via Play Store atau App Store terlebih dulu.
2. Install Aplikasi WhatsApp business di smartphone Anda.
3. Beda dengan WhatsApp biasa, WA Business menggunakan logo yang sedikit berbeda. Ada huruf B di tengah- tengah icon- nya.
4. Siapkan nomer yang akan Anda gunakan kontak WhatsApp Business. Disini, sebaiknya Anda memisahkan kontak yang murni untuk personal, dan mana yang untuk jualan.
5. Perlu dicatat juga, Anda bisa menggunakan kontak yang sudah Anda (kontak personal Anda), dengan resiko, WhatsApp Anda beralih sepenuhnya menjadi WA Business. Bisa di- revert sih, tapi sebaiknya Anda putuskan dari awal, memang mau menggunakan nomer WA lama atau nomer lain yang belum Anda gunakan sebagai kontak WA.
6. Setelah mengatur nomer kontak, ikut step by step sesuai yang diinfokan saat proses mulai WA Business.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Fitur Tersembunyi WhatsApp yang Wajib Diketahui

Cara Mengatur Profil Bisnis di WhatsApp Business

7. Setelah berhasil mendaftarkan kontak Anda di WhatsApp Business, maka Anda bisa mulai mengatur profil dengan menyentuh icon tiga titik yang ada di kanan atas, lalu pilih “Setelan”/ “Setting”
Cara Mengatur Profil Bisnis di WhatsApp Business
8. Masuk ke “Business Setting”/ “Setelan Bisnis”
9. Di menu ini, Anda bisa mengatur profile, melihat statistik, dan melakukan pengaturan pesan otomatis
10. Pilih “Profile”, kemudian tentukan foto profil bisnis Anda, lokasi bisnis, jenis usaha, deskripsi usaha, jam buka, alamat email, dan website.
11. Untuk jam kerja, Anda bisa mengaturnya dengan beberapa opsi : selalu buka, dengan jadwal, atau khusus appointment saja. Atur dengan menyentuh icon bolpoint
Membuat Profil Bisnis di WhatsApp Business
12. Setelah semua selesai, klik “Save”/ “Simpan”.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Tools Keren untuk Mengukur Performa & Statistik Instagram

 

Menggunakan Pesan Otomatis di WhatsApp Business

13. Jangan lupa untuk memanfaatkan fitur penting ini di WA Business. Anda bisa mengatur pesan ketika Anda tidak di tempat, pesan sapan untuk customer yang baru mengontak Anda, dan balas cepat.
14. Untuk mengatur pesan saat Anda tidak di tempat, pilih “Away Message”. Jika Anda ingin pesan ini terkirim saat ada customer yang menghubungi Anda di jam tutup, maka aktifkan dengan klik “Send away message”.
Mengatur pesan away dan balas cepat di WhatsApp Business
15. Tentukan pesan away Anda dengan menuliskannya di “Message”/ “Pesan”, kemudian “Simpan”
16. Gunakan fitur “Greeting Message” untuk mengatur pesan ‘Greeting’ atau salam sapa customer baru atau mereka yang menghubungi Anda setelah 14 hari. Gunakan cara pengaturan yang sama seperti point nomer 15.
17. Yang tidak kalah penting, gunakan fitur ‘Quick replies’ atau ‘Balas cepat’ untuk mengoptimalkan WhatsApp Business Anda. Anda bisa membuat pesan balas cepat sebanyak yang Anda mau, seperti pesan nomer rekening, form order, terimkasih, dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   10+ Tool Paling Powerful untuk Riset Hashtag di Instagram & Twitter

 

Cara Membuat Pesan Broadcast di WhastApp Business

Pesan broadcast adalah yang paling umum digunakan untuk menawarkan produk tertentu atau boost promosi yang sedang ingin digencarkan. Sebagai pelaku bisnis online, fitur ini wajib digunakan dalam WhatsApp Business.

18. Tap icon pesan baru, kemudian pilih kontak yang Anda inginkan untuk menerima broadcast, lalu pilih “New Broadcast”
Membuat pesan broadcast di WhatsApp Business
19. Setelah muncul tampilan grup Broadcast, Anda dapat mengirimkan campaign promosi Anda di kotak pesan. Mudah kan?

 

Fitur Lain yang Tak Kalah Pentingnya

Selain fitur pengaturan profil bisnis dan juga pengaturan pesan otomatis, ada juga fitur lain yang tak kalah pentingnya, yaitu Enkripsi dan Keamanan Dua Langkah (Two-steps verification).

Secara default, pesan dan panggilan di WA Business terlindungi oleh prosedur enkripsi end-to-end. Dengan mengaktifkan notifikasi kode keamanan, Anda bisa mengetahui perubahan kode dari kontak yang menghubungi Anda.

Sedangkan dengan pengaturan two step verification, Anda bisa melakukan pengamanan dua langkah di WA Business Anda dengan mengatur PIN berupa 6 digit angka acak sebagai PIN verifikasi.

Dengan melakukan pengaturan ini, maka WhatsApp Business Anda sudah siap digunakan. Selamat mencoba!