Algoritma Google sering gonta- ganti? Tidak perlu kaget. Bagaimana pun juga, Google akan terus meningkatkan kualitas robot pencarinya agar semakin cerdik dalam menampilkan hasil pencarian. Dan sebenarnya tidak bisa dibilang gonta- ganti sih ya, karena lebih tepatnya, Google melakukan update untuk optimasi pencarian yang lebih baik untuk user. Dengan perubahan berkala ini, strategi apa yang Anda lakukan agar blog terus survive di halaman pertama?

Banyak master SEO yang menyatakan kalau Google dan dunia SEO telah benar- benar berubah di banyak hal. Update algoritma Google pada dasarnya telah membuat perubahan besar- besaran di mesin pencari beberapa tahun ini.

Tapi, kalau dirunut lebih lanjut, publisher mempunyai beberapa pilihan, terus mengubah strategi mereka sesuai ‘kemauan’ Google, atau tetap melakukan optimasi ‘sehat’ sesuai prinsip dasar SEO yang tak lekang oleh waktu?

Faktanya, mereka yang ‘bermain’ sehat dan cantik pada dasarnya tidak terlalu khawatir dengan perubahan algoritma Google. Mereka menyadari meskipun algoritma Google sering berganti dengan update terbaru, prinsip dasar SEO yang sehat tidak mengalami perubahan di decade terakhir ini.

Terapkan Prinsip Dasar SEO untuk Main Cantik dan Sehat

Lalu, seperti apa prinsip dasar SEO yang tidak mengalami perubahan meskipun ada update besar- besaran dari algoritma Google? Simak ulasan Panda Gila :
#1 Ingat lah Bahwa Robot Pencari Harus Membaca Website Anda
Untuk bisa menentukan ranking website Anda, robot Google harus bisa melihat konten yang Anda tawarkan. Langkah pertama yang dilakukan Google untuk bisa menampilkan website Anda di mesin pencari adalah merayapi konten website Anda dengan robot crawl (perayap) nya. Jika bots tidak bisa melihat website Anda, maka sudah pasti website Anda tidak terindeks oleh Google dan tidak tampil di hasil pencarian. Lalu, bagaimana caranya agar website Anda terbaca oleh Google? Lakukan teknik SEO #OnPage dengan benar.

Artikel Menarik Lainnya :   Optimasi SEO On-Page Secara Lengkap dengan 7 Faktor Penting Ini

#2 Perhatikan Struktur Website Anda
Struktur website yang rapi sangat penting agar Google dapat mengevaluasi website Anda dan menampilkannya dengan baik di mesin pencari. Misanya, judul halaman dan deskripsi halaman yang dibaca bot dari metadata website adalah salah satu faktor yang penting untuk menampilkan hasil pencarian di search engine.

#3 Content is The King
Lagi dan lagi, Anda tidak boleh bosan mendengar kalimat ini, Content is The King. Google sangat menyukai website- website yang menyajikan konten terbaik untuk usernya. Konten yang berkualitas itu bisa diukur darimana? Salah satunya dengan menyajikan konten informati yang dibutuhkan pengunjung, dapat terbaca dengan baik (readable) dan mudah dikenali oleh robot crawling (kombinasi penggunaan headline dan sub-headlines sangat direkomendasikan). Selain itu, dengan menyajikan konten berkualitas, maka website Anda juga akan memiliki bounce rate rendah. Semua masih saling terkait, bukan?

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Meningkatkan Ranking SEO dengan Menggunakan Sosial Media

#4 Network yang Kuat Memperlihatkan Reputasi Website Anda
Network yang kuat adalah salah satu tolak ukur reputasi sebuah website. Jika sebuah website memiliki network yang baik, maka ia dianggap sebagai website yang terpercaya di mata Google. Saat ini, network bisa dibangun dengan cara link building yang berkualitas. Meskipun ada banyak perbedaan pendapat soal link building di era masa kini, membangun dan memanage link masih dianggap sebagai cara terbaik untuk meningkatkan domain authority dan cara ini dipercaya masih menjadi salah satu yang paling vital hingga tahun- tahun ke depan.

#5 Selalu Hindari Spam dan Manipulasi
Masih juga main black hat? Jika iya, berarti sedari awal Anda sudah menggunakan teknik yang tidak disukai Google. Sejak awal, Google selalu melakukan perlawanan terhadap ancaman trik black hat seperti spamming, keyword stuffing, manipulasi link dan kata kunci tersembunyi dan masih banyak lagi. Seiring dengan update algoritma nya, trik- trik seperti ini mulai dianggap usang dan membuat banyak blog bertumbangan. Jika dulu trik- trik ‘nakal’ seperti ini banyak di-share para blogger, sekarang tinggal sebagian kecil saja yang masih menggunakan trik nakal ini.

Artikel Menarik Lainnya :   8 Mitos SEO Keliru yang Kerap Dipercaya Para Blogger

And you choose to…..

Kalau dipikir- pikir, tips SEO sebenarnya tidak jauh- jauh dari itu lagi itu lagi. Semua lebih kembali ke si blogger juga. Mau main dengan cara cantik tapi memang harus telaten dan sabar, atau mau main instan tapi bisa dihukum Google sewaktu- waktu. Anda pilih yang mana?

Yang pasti, dengan menerapkan lima prinsip dasar SEO ini, Anda sudah memilih berada di jalur yang tepat untuk selamat dari update algoritma. Sekalipun update yang dilakukan Google cukup besar, Anda tidak akan terlalu merasakan dampak negatifnya.