Sebagai salah satu tokoh inspiratif paling populer di dunia, nama Bill Gates kerap disebut- sebut para pengusaha atau trainer dalam setiap aktifitasnya. Ya, Bill Gates memang bukan sekedar ‘orang kaya’. Tapi ia adalah tokoh yang layak menjadi contoh untuk banyak orang, terutama anak- anak muda.

Sebagian besar kekayaan Bill Gates diperoleh dari bisnis di bidang perangkat lunak. Kekayaannya ini mencapai hampir 70 miliar dolar ASD. Namun, untuk menjadi seperti sekarang ini, pemilik Microsoft Inc ini tidak melakukannya dengan mudah. Ada banyak jatuh bangun yang mengiringi perjalanannya.

Resep Kaya Raya ala Bill Gates

Banyak orang di dunia yang mempertanyakan bagaimana cara Bill Gates berhasil menjadi orang terkaya di dunia. Ternyata, pria yang pernah drop out dari Universitas Harvard ini memegang lima prinsip dasar yang menurutnya sangat penting dan telah menjadi pondasi hidupnya. Apa sajakah itu?
1. Kerja Keras
Untuk mencapai hasil optimal, kerja keras pasti dibutuhkan. Apa yang kita tabur, kelak akan kita tuai. Jadi, dengan bekerja keras, tentu besar kemungkinan kita mendapatkan imbalan yang sesuai dengan apa yang kita kerjakan.

Artikel Menarik Lainnya :   22 Nasehat Bijak dari Entrepreneur Paling Sukses di Cina

Selain bekerja keras, kita juga harus mengelola apa yang kita kerjakan agar efektif dan menghasilkan. Kerja keras seperti ini lah yang akan mengantar kita secara bertahap meraih kesuksesan.

2. Investasi itu Penting
Di mata Bill Gates, investasi memiliki nilai yang amat penting untuk masa depan. Investasi bisa memaksimalkan keuangan kita jika dilakukan dengan cara yang cerdas, bijak dan tepat. Jika saat ini Anda merasa kondisi keuangan tidak memungkinkan untuk berinvestasi besar, mulai lah dengan melakukan investasi kecil- kecilan. Bahkan meskipun skalanya masih kecil, dalam jangka waktu tertentu, hasilnya tetap bisa maksimal.

3. Hindari Hidup Boros
Keluarga pendiri Microsoft ini dikenal sebagai keluarga yang sederhana. Ya, Bill Gates memang enggan menjalankan pola hidup boros. Ia terlahir dari keluarga yang cukup berada, namun memilih untuk berjuang sendiri untuk meraih cita- citanya. Menurutnya, pola hidup boros itu sendiri, dimanapun dan kapanpun, akan membaut keadaan keuangan kita menjadi tidak terkendali.

Artikel Menarik Lainnya :   Luar Biasa… Dari Hasil Jual Keripik Pedas, Reza Bisa Membeli Lamborghini Cash!

4. Miliki lah Catatan Belanja
Belanja memang hal yang menyenangkan. Tidak sadar, kita kerap menghabiskan waktu berjam- jam hanya untuk berbelanja saja. Untuk mengontrol pengeluaran, Bill Gates mengakui kalau dirinya mempunyai prinsip untuk selalu mencatat daftar barang yang akan ia bel, sekaligus memperhitungkan harganya. Tidak heran, ia selalu bisa lebih hemat dan memaksimalkan tabungannya.

5. Jangan Pernah Meremehkan Harga Barang
Meskipun punya uang yang melimpah, nyatanya Bill Gates tidak pernah menganggap remeh harga barang. Sosoknya dikenal sebagai orang yang tidak gemar bermewah- mewahan dengan barang branded, tapi lebih suka beli sesuatu dengan harga yang logis dan memang dibutuhkan.

Pelajaran berharga untuk kita yang sering membeli barang yang kurang kita butuhkan, tapi ngotot beli demi gengsi. Mulai dari sekarang, kita perlu belajar untuk lebih berhitung lagi dalam hal keuangan.

Artikel Menarik Lainnya :   Sering Beramal, Salah Satu Alasan Bill Gates Terus Jadi Orang Terkaya Sedunia