Strategi SEO Jangka Panjang – Sebagai mesin pencari raksasa yang memonopoli bisnis internet, Google selalu ingin menyajikan yang terbaik untuk para penggunanya. Maka dari itu, tidak heran bila Google kerap melakukan update terhadap algoritma mereka untuk semakin berorientasi kepada kebutuhan pengguna dalam memperoleh apa yang mereka inginkan.

Untuk para webmaster, perubahan algoritma ini tidak bisa dihindari. Kita harus berupaya untuk selalu memperbaiki diri agar perubahan yang kerap terjadi ini tidak terlalu berefek pada website kita. Jika kita mengharuskan diri untuk selalu sesuai dengan keinginan Google, maka tentu ini bisa rumit. Bisa jadi optimasi mati- matian yang kita lakukan saat ini pun bisa berujung sia- sia di masa depan.

Untuk menghindari hal tersebut, ada sebuah solusi yang lebih baik, yaitu dengan berpegang pada standar penting untuk webmaster. Standar apa yang dimaksud? Sesuai dengan misi Google itu sendiri, yaitu memberikan yang terbaik untuk pengguna mereka. Maka sudah saatnya kita berorientasi pada pembaca website mereka dan memberikan apa yang mereka butuhkan dengan konten yang berkualitas, fresh dan up to date. Trik ini bisa kita sebut juga dengan startegi SEO jangka panjang. Mari kita simak, point- point apa sajakah yang perlu diperhatikan untuk menjadikan trik kita efektif dalam waktu yang panjang ini nanti?


Strategi SEO Jangka Panjang

1. Konten Blog Up to Date dan Bermanfaat untuk Para Pembaca

Tujuan utama sebuah blog dibuat adalah untuk menyajikan konten yang bermanfaat untuk para pembaca. Sayangnya, demi mengejar keunggulan terhadap kompetitori di halaman satu Google, kita kerap menggunakan strategi #SEO yang tidak etis dan melupakan kebutuhan utama pembaca. Lebih apes lagi, Google itu lebih pintar dari kita. Strategi SEO instant ini akan menjadi sia- sia seiring perubahan alogaritma yang terjadi di mesin pencari.

Artikel Menarik Lainnya :   Optimasi SEO On-Page Secara Lengkap dengan 7 Faktor Penting Ini

Tidak ada kata terlambat. Ketika Anda merasa terlalu sibuk untuk optimasi SEO Off-Page dan melupakan kebutuhan pembaca Anda, kini saatnya kembali kepada mereka. Update blog Anda secara rutin dan suguhkan konten yang berkualitas untuk para pembaca Anda. Konten yang fresh, up to date dan relevan sesuai dengan topik yang Anda bahas akan menjadi suguhan yang nikmat untuk para pembaca  Anda, dan tentu saja, mesin pencari akan memberi hadiah atas effort Anda ini. Sudah banyak blogger yang membuktikan bahwa dengan konten yang berkualitas telah membantu mereka untuk survive di halaman pertama Google dari waktu ke waktu.

2. Integrasikan Website/ Blog Anda dengan Google Authorship

Manfaat utama yang diperoleh dari seorang pemilik website yang mengintegrasikan website atau blognya dengan #GoogleAuthorship adalah Authorship markup. Tentu saja Anda pernah melihat sebuah gambar profil penulis di hasil pencarian mesin pencari,  bukan? Nah, ini dia yang dimaksud dengan Authorship Markup. Sampai saat ini memang belum banyak pemilik website/ blog yang menggunakan fitur ini, namun menurut  para Internet Marketer dunia, menggunakan Authorship Markup sangat baik untuk strategi SEO jangka panjang dan juga dapat meningkatkan jumlah klik ke sebuah halaman website, karena pembaca menganggapnya sebagai ulasan dari tokoh yang memiliki kredibilitas. Jika Anda belum menggunakan fitur ini, monggo silahkan dicoba dulu.

3. Optimasi Title Tag

Setiap kali membahas Title Tag, maka ini seperti sebuah pembahasan klasik. Title Tag, tidak diragukan lagi memang memiliki peranan ajaib untuk membuat artikel Anda menjadi lebih SEO Friendly. Dalam SEO jangka panjang pun, title tag dianggap sangat penting. Berikut ini adalah beberapa cara untuk optimasi Title Tag:
*) Mengandung kata kunci ( keyword ) yang relevant dengan artikel yang dibahas
*) Tata bahasa rapi dan tidak kaku atau natural dan enak dibaca
*) Berikan atribut nama website/ blog Anda sebagai branding ( dapat diatur dengan mudah di plugin SEO ), misalnya “Cara Mudah  Menulis Artikel SEO Friendly | PandaGila.com”. Kata yang dicetak tebal dengan huruf berwarna merah adalah nama web yang ditempelkan sebagai web/blog branding

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa SEO Penting untuk Sebuah Bisnis?

4. Penggunaan Tag Heading dan Sub Heading ( H1, H2,H3 ) dengan Tepat
Secara otomatis, judul konten akan memiliki tag heading dengan identitas H1. Sedangkan sub heading atau tag H2 merupakan tag sebagai penanda sub judul dalam sebuah artikel. Tag H3 dapat Anda tambahkan pada point- point penting sehingga struktur halaman web menjadi lebih tertata. Anda disarankan untuk menambahkan keyword yang relevant dalam tag- tag tersebut, namun jangan dipaksakan. Terlalu memaksakan kata kunci di heading dan sub heading akan membuat konten Anda menjadi kaku dan mengganggu kenyamanan pembaca dalam menikmati konten Anda.

5. Setting Permalink Menjadi Lebih SEO Friendly
Sama halnya dengan judul dan deskripsi, mengatur URL agar lebih teroptimasi juga merupakan strategi SEO jangka panjang. Dengan menyusun URL/ permalink website Anda dengan kata kunci yang relevan, maka hal ini akan lebih disukai oleh mesin pencari.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat permalink menjadi lebih SEO Friendly, yaitu:
*) Permalink mengandung keyword yang dibidik
*) Panjang URL tidak lebih dari 100 karakter
*) URL tidak memuat lebih dari 3 sub kategori ( misalnya, bisnis/ bisnis online/ ecommerce, ; perhatikan point ini jika Anda mengatur permalink Anda dengan format http://namablog.com/category/%post-name% )

6. Optimasi Gambar dengan Tag Alt
Alt Tag pada gambar tidak boleh terlewatkan jika Anda sedang melakukan strategi SEO jangka panjang. Tag ini sangat bermanfaat untuk membantu robot mesin pencari ketika sedang merayapi  konten gambar Anda sehingga gambar Anda mendapatkan peringkat yang baik dalam daftar pencarian gambar via Google search. Sebagai konten penunjang, gambar akan membuat blog Anda terlihat lebih interaktif.

Artikel Menarik Lainnya :   Di Tahun 2045, Google Ingin Manusia Secerdas Android

7. Penyebaran Kata Kunci yang Dibidik dalam Konten
Penggunaan keyword atau kata kunci dalam sebuah artikel tidak boleh terlalu sedikit dan juga tidak boleh berlebihan. Menggunakan kata kunci secara berlebihan akan membuat website Anda dianggap melakukan keyword stuffing, alias  spam, yang dapat menjadi nilai negative SEO Anda. Idealnya, kata kunci disebarkan secara merata di awal, tengah dan akhir paragraph dengan jumlah yang secukupnya. Trik ini dapat membantu SEO jangka panjang Anda menjadi efektif

8. Konten dengan Pembahasan yang Detail dan mendalam
Semakin mendalam pembahasan sebuah topik di sebuah konten, maka Google akan menilainya semakin berkualitas. Artikel seperti ini biasanya memiliki panjang diatas 500 kata, dengan konten yang berisi daging, tidak semata- mata basa- basi atau pembahasan yang bertele- tele. Konten yang terlalu singkat kerap dianggap dangkal oleh Google sehingga kerap kalah dengan blog sejenis yang memiliki pembahasan yang lebih baik ketika beradu di mesin pencari.

9. Konten yang Saling Terkait
Satu kata kunci kerap dapat menciptakan beberapa artikel sekaligus yang memiliki keterkaitan antar satu dan yang lainnya. Anda dapat menggunakan trik ini untuk menciptakan internal link dan juga menyisipkan artikel terkait diantara paragraf artikel Anda. Jika Anda menerapkan trik ini di blog Anda, maka blog Anda akan terkesan memiliki pembahasan yang mendalam terhadap topic tersebut, dan ini sangat baik untuk strategi SEO jangka panjang. Selain itu, Anda dapat membantu pembaca Anda untuk mendapatkan referensi konten yang bermanfaat dalam satu topik tersebut –nambah pageview juga kan? Aseeekkk!