Type to search

Blogging

5+ Plugin Push Notification Terbaik untuk WordPress

Share
Cara membuat push notification di WordPress

Menyadari pentingnya membawa visitor yang sudah kita peroleh dari mesin pencari untuk kembali ke website kita, banyak blogger yang kreatif menerapkan berbagai cara. Salah satu yang kini makin digemari adalah menginstall Push Notification di website.

Entah sengaja atau tidak, Anda pasti pernah memperhatikan munculnya pop up kecil di kiri atas website yang Anda kunjungi. Pop up tersebut biasanya menyatakan : ‘www.pandagila.com wants to show notification : allow // block’

Ada banyak keuntungan yang diperoleh website saat menginstall fitur notifikasi push ini. Yang utama, pemilik website ingin mengirimkan pemberitahuan kepada orang yang pernah mengunjungi situs web mereka bahwa ada update konten terbaru dari situs Anda. Dengan begitu, diharapkan user tersebut berkunjung kembali ke website Anda dan menikmati konten- konten yang Anda sajikan.

Dari sisi pengunjung, jika memang mereka merasa konten yang kita berikan bermanfaat, dan mereka tidak ingin tertinggal satu update pun, maka fitur push notif ini akan mempermudah mereka untuk mengetahui kapan blog terupdate dengan konten yang baru.

 

Mengaktifkan Push Notification di WordPress dengan Pilihan Plugin Push Notif Terbaik

Jika Anda ingin mengoptimalkan setiap trafik yang masuk ke website Anda dengan membuat visitor tersebut kembali ke situs Anda kapan saja, maka menggunakan fitur push notif layak untuk dicoba.

Cara termudah untuk mengaktifkan notif push di WordPress adalah dengan menggunakan plugin push notification dari WordPress. Untuk menjadi rekomendasi Anda, berikut ini adalah beberapa plugin push notif terbaik yang bisa Anda manfaatkan :

Artikel Menarik Lainnya :   30+ Theme WordPress Responsif Terbaik 2018 GRATIS & Siap Download

1. OneSignal

OneSignal adalah salah satu plugin push notification yang paling populer diantara yang lainnya. Selain mudah digunakan, plugin ini juga bekerja dengan sangat baik di berbagai browser.

Dengan OneSignal, selain bisa mengaktifkan notifikasi otomatis, user juga bisa mengatur agar push notif untuk terkirim secara manual. Dengan begitu, user bisa mengontrol postingan mana yang akan diberi push notif, dan mana yang tidak perlu.

Untuk tutorial cara menginstall push notification OneSignal, Anda dapat membaca artikel kami : Cara Mudah Membuat Push Notification Gratis di WordPress.

2. PushEngage Web Push Notifications

Dengan plugin yang satu ini, Anda bisa menambahkan push notif website untuk browser Chrome dan Firefox. Hampir serupa dengan OneSignal, plugin ini mengharuskan usernya untuk membuat akun terlebih dulu sebelum mengaktifkan fiturnya.

Selain mempunyai fitur dasar push notification, user bisa memanfaatkan layanan ini dalam menargetkan subscriber dari segmen yang lebih spesifik, dan bahkan menjadwalkan push notif mana yang didulukan, serta memuat reminder untuk event terjadwal.

Fitur PushEngage lainnya :

  • Mengatur notifikasi otomatis untuk postingan baru dan update feed RSS
  • Menawarkan call to action di notifikasi yang dibuat

Plugin ini menawarkan paket gratis dengan beberapa keterbatasan dan berbagai paket premium untuk fitur yang lebih advanced.

 

2. Push Notificatoins for WordPress by PushAssist

Salah satu keunggulan Push Notificatoins for WordPress by PushAssist terletak di interface-nya yang user friendly dan kemudahan setting- nya. User dapat mengkonfigurasikan action sesuai kebutuhan notifikasi dan juga mengirimkan pesan yang sesuai kustomisasi yang telah diatur.

Artikel Menarik Lainnya :   5+ Plugin untuk Membuat Invoice GRATIS di WordPress

Jika Anda membutuhkan plugin push notif yang mudah dikelola, plugin ini sangat direkomendasikan. Sayangnya, user hanya bisa mengajak 3000 subscriber untuk berlangganan di website Anda. Lebih dari itu, Anda perlu meng- upgrade akun Anda dengan harga mulai dari $9/ bulan untuk mendapatkan akses premium tanpa batas.

Fitur Unggulan lainnya :

  • Mengirimkan push notification ke semua browser utama dari WordPress
  • Mengubah style notification

3. Push Monkey Pro

Jika Anda mempunyai website eCommerce, maka Push Monkey Pro adalah plugin push notification yang recommended untuk Anda. Selain bisa mengintegrasikan notif push ke WooCommerce, plugin ini juga memungkinkan pemilik website untuk ‘berkomunikasi’ dengan user yang belum melakukan pembelian, namun sudah melakukan pemesanan barang dan berhenti di cart. Dengan push notif dari plugin ini, user akan kembali mengintip belanjaan mereka dan terdorong untuk melakukan pembelian.

Selain terintegrasi dengan WooCommerce, Push Monkey versi Pro menawarkan regular push notification jika Anda ingin meng-update postingan. Untuk versi gratis, plugin ini dapat menampung hingga 100 subscriber. Selebihnya, user harus upgrade ke paket premium. Meskipun relatif masih baru, dengan variasi fitur yang keren ini, Push Monkey Pro terlihat sangat menjanjikan.

Fitur unggulan lainnya :

  • Fitur layar statistik yang menampilkan informasi penting untuk pemilik website
  • Push notification untuk cart WooCommerce dengan barang belanjaan yang menumpuk
  • Konfigurasi notifikasi untuk publikasi postingan dan update

4. Smart Notification WordPress Plugin

Smart Notification WordPress Plugin adalah plugin all-in-one yang memungkinkan pemilik website untuk mengirimkan push notification melalui lebih banyak platform, dan bukan hanya browser saja. Selain menawarkan fitur- fitur dasar, plugin ini juga mendukung notifikasi Facebook Messenger dan sistem operasi mobile.

Artikel Menarik Lainnya :   Checklist : 15 Hal yang WAJIB Anda Lakukan Sebelum Ganti Theme WordPress

Kelemahan dari plugin ini adalah setting- nya yang lumayan rumit ,terutama jika Anda ingin mengintegerasikan plugin ini dengan addOn yang ditawarkan, seperti WooCommerce atau bbPress.

Karena termasuk plugin premium, Smart Notification WordPress Plugin ini mengharuskan penggunanya untuk merogoh kocek yang lumayan. Untuk mendapatkan lisensinya, user harus membayar $59 atau sekitar Rp 885.000.

 

5. Free Web Push Notification Tool by Izooto

Plugin yang satu ini cukup jauh berbeda dibandingkan lima plugin lainnya. Plugin ini tidak memungkinkan pemilik website untuk membuat WordPress push notification untuk postingan baru. Namun, plugin ini justru digunakan untuk membantu pengguna dalam membuat dan mengirimkan campaign melalui push notification.

Jika Anda mempunyai toko online atau sedang mengembangkan bisnis online, plugin ini akan sangat membantu Anda dalam mengoptimalkan campaign bisnis Anda. Selain itu, plugin ini juga menjadi satu- satunya plugin yang menawarkan berbagai fitur premium secara gratis. Meski begitu, plugin ini juga menawarkan paket premium untuk Anda yang ingin mengeksplorasi fitur yang lebih advance lagi.

Memilih Plugin Push Notification Terbaik

Setelah mengetahui deretan plugin push notif terbaik, Anda dapat menjatuhkan pilihan kepada salah satu plugin yang menurut Anda terbaik dan cocok untuk digunakan di situs Anda. Setelah itu, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengoptimalkan trafik yang masuk ke website Anda.

Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.