WordPress memang sampai saat ini merupakan CMS blogging paling diminati di seluruh dunia karena berbagai kelebihannya. Salah satu yang paling menonjol, WordPress kaya akan berbagai plugin yang membantu Anda mengoptimalkan website Anda ke level yang berbeda. Dengan berbagai plugin yang dimiliki WordPress ini, maka pengalaman blogging Anda akan lebih menyenangkan.

Di WordPress ini sendiri, jumlah plugin nya ada ratusan. Dalam satu kategori pun kita kerap menjumpai beberapa plugin dengan fungsi yang sama, dan beberapa menawarkan fitur yang lebih unggul dari yang lainnya. Banyak pemula yang awalnya bingung plugin mana saja yang mereka butuhkan untuk optimasi website mereka.

Dari sekian banyak plugin, Panda Gila akan berbagi review beberapa plugin populer dan terbaik yang paling sering digunakan oleh pengguna #WordPress. Dengan mengetahui plugin ini, semoga menghadirkan inspirasi baru untuk pengalaman Anda  dalam hal dunia blogging.

1. WordPress SEO by Yoast
Plugin ini dikembangkan oleh Joost de Valk, berfungsi untuk mengoptimalkan SEO website WordPress secara otomatis di hasl pencarian. Bisa dibilang, WordPress SEO by Yoast adalah plugin SEO terlengkap saat ini. Dengan plugin ini, Anda dapat mengatur judul, deskripsi dan kata kunci di setiap artikel yang Anda buat. Selain itu, plugin ini juga memberi tahu Anda skor SEO setiap artikel yang Anda buat ditentukan dari kata kunci, keyword density, judul dan kedalaman konten. Fitur lain yang terdapat dalam plugin ini antara lain adalah XML Sitemap, RSS optimization, breadcrumbs, page analysis dan masih banyak lagi. Plugin ini sudah digunakan lebih dari satu juta user sampai saat ini.

Download

2. All in One SEO Pack
Sama seperti WordPress SEO by Yoast, All in One SEO Pack adalah plugin yang dapat digunakan untuk optimasi WordPress. Jika Anda sudah menggunakan Yoast, tentu sudah tidak perlu All in One SEO Pack lagi. Jadi, tentu harus pilih salah satu saja. Beberapa kelebihan All in One SEO  Pack ini antara lain membantu Anda menyesuaikan judul, deskripsi dan kata kunci di setiap artikel dengan sangat mudah, menghubungkan situs Anda dengan situs webmaster, support XML  sitemap dan sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya :   30+ Theme WordPress Responsif Terbaik 2018 GRATIS & Siap Download
Download

3. W3 Total Cache
Plugin cache berfungsi untuk mempercepat performa website Anda dengan lebih  baik lagi. W3 Total Cache bisa dibilang adalah salah satu plugin cache paling populer saat ini. Dengan fitur yang lengkap dan terintegrasi dengan CDN ( Content Delivery Network ), plugin ini dapat Anda andalkan untuk meningkatkan kecepatan situs website Anda.

Download

4. WP Super Cache
Sama seperti W3 Total Cache, plugin ini memiliki fungsi yang sama untuk meningkatkan kecepatan website Anda dengan menjaga dan mengoptimasi performanya. Dibandingkan dengan W3 Total Cache, menurut Saya plugin ini lebih simple dan mudah digunakan tapi cukup powerful dalam bekerja.
Download

5. Jetpack by WordPress
Plugin Jetpack ini bisa dibilang sebuah plugin yang menawarkan fitur lengkap untuk para pengguna WordPress. Mulai dari fitur customisasi, statistic, mobile, konten, sharing button dan fitur- fitur menarik lainnya. Dengan satu plugin ini, Anda bisa mendapatkan kurang lebih 15 fitur menarik yang berbeda. Jadi, jika Anda merasa puas dengan kinerja nya, Anda tidak perlu menginstall jenis plugin yang sama lain.

Download

6. Google XML Sitemaps
Plugin Google XML Sitemaps akan membuat sebuah sitemap XML atau peta situs khusus yang membantu mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo untuk menjelajah lebih baik di situs web Anda. Dengan bantuan sitemap, maka tugas mesin pencari akan lebih ringan dan mudah dalam mendalami isi konten Anda dan menyajikannya kepada user. Plugin Google XML Sitemap ini telah men-support semua jenis halaman WordPress dan akan bekerja memberi tahu mesin pencari setiap kali Anda menerbitkan postingan baru. Keren kan?

Download

7. Contact Form 7
Contact Form bisa dibilang hal sepele tapi wajib ada untuk setiap website. Nah untuk membuatnya, plugin ini dapat membantu Anda dengan mudah. Dengan plugin Contact Form 7, Anda akan membuat halaman kontak sederhana yang terhubung ke website dan alamat email yang Anda atur, sehingga pengunjung dapat mengirimkan pesan pribadi ke Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Update Google Chrome Juli 2018 : Banyak Situs Web Akan Ditandai Tidak Aman
Download

8. WP Sitemap Page
Dengan bantuan plugin ini, setiap user dapat membuat halaman sitemap atau daftar isi berdasarkan kategori post, page atau tag. Plugin WP Sitemap Page ini cukup mudah digunakan dan di-customize.

Download

9. Plugin Wordfence Security
Khawatir jika website Anda terinfeksi oleh virus? Dengan Wordfence Security Anda dapat memeriksa situs web Anda secara rutin dari virus dan kode jahat. Plugin ini bekerja melakukan server-side scan secara optimal dari source code/ kode sumber yang Anda gunakan untuk selanjutnya dibandingkan dengan repository resmi inti, tema dan plugin WordPress. Jadi intinya, plugin ini membantu situs Anda agar lebih aman dari berbagai serangan virus dan malware.
Download

10. TinyMCe Advance
Pada dasarnya WordPress sudah memiliki visual editor yang sangat baik dan sesuai dengan kebutuhan user-nya. Namun jika Anda merasa kurang puas dan menginginkan lebih banyak fitur, maka plugin TinyMCe Advance dapat menjadi andalan Anda. Dengan plugin ini, Anda akan mendapatkan lebih banyak keleluasaan dalam mengedit jenis font teks, membuat dan mengedit table dan masih banyak fitur lainnya.

Download

11. Really Simple CAPTCHA
Plugin ini akan membantu Anda untuk melawan banyaknya komentar SPAM yang kerap menyerang sebuah situs web. Dengan meng-install plugin ini, Anda akan memastikan bahwa bot tidak bisa seenaknya mengirimkan SPAM secara otomatis.

Download

12. NextGEN Gallery
Persis seperti namanya, plugin ini membantu Anda dalam hal pengaturan Gallery. Degnan menggunakan plugin ini, kegiatan meng-upload dan mengelola galeri gambar menjadi semakin mudah. Plugin ini juga menawarkan fitur kemampuan batch upload, menambah/ menghapus/ mengatur ulang, meta data import, meng-edit thumbnail,galeri group ke dalam album dan berbagai fiturmenarik lainnya. Sebagai tambahan, plugin ini juga menyediakandua gaya front-end display ( slideshow dan galeri thumbnail ) dengan berbagai opsi untuk mengatur ukuran,style, control, transisi, lightbox effek dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   Lindungi Website Anda dari Negative SEO dengan Cara Ini
Download

13. WP-PageNavi
Plugin WP-PageNavi diperlukan untuk membuat efek navigasi yang lebih baik. FItur utama dari plugin ini adalan untuk mengganti default navigasi ← Older posts | Newer posts → dengan angka, sehingga pengunjung akna semakin mudah untuk melompat ke halaman selanjutnya, hanya dengan meng-klik navigasi angka.

Download

14. Woocommerce
JIka Anda ingin membangun situs web berbasis e-Commerce atau toko online, maka ini lah plugin yang paling Anda butuhkan. Woocommerce bisa dibilang merupakan plugin e-Commerce terpopuler di seluruh dunia karena kemudahannya dalam memberi control untuk pengguna dan pengembang. Plugin ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan 30% lebih banyak digunakan daripada plugin sejenis dengan fungsi yang sama.

Download

15. Google Analytics by Yoast
Untuk seorang blogger, tentu Google Analytics bukan lah tool yang asing. Tool ini membantu blogger untuk melacak pengunjung dengan sangat tepat dan sangat lengkap. Sesuai dengan namanya, plugin Google Analytics by Yoast membantu Anda mengakses secara langsung tracking pengunjung dari dashboard admin WordPress Anda.

Download

16. Facebook Page Promoter Lightbox
Jika ada cara mudah untuk meningkatkan jumlah likes di fan page Facebook yang Anda kelola, maka dengan mempromosikan fan page tersebut di website adalah salah satu strategi mantap yang dapat Anda gunakan. Cara praktisnya, Anda dapat menginstall plugin Facebook Page Promotor Lightbox di situs berbasis WordPress Anda. Sesuai namanya, plugin ini membantu mempromosikan halaman Facebook Anda ketika mereka sedang mengunjungi website Anda. Plugin ini memiliki tampilan yang cukup elegan dan sangat ideal untuk membuat pengunjung Anda antusias untuk meng-klik tombol like.
Download