Salah satu alasan mengapa banyak pemilik pebisnis online menggunakan WordPress untuk membuat toko online adalah karena banyak kemudahan dalam berbagai hal dan fitur dukungan gratis yang bisa digunakan. Salah satu fitur menarik untuk toko online bagi pengguna WordPress ini adalah adanya invoice atau faktur tagihan.

Misalnya saja di website Anda menjual beberapa jasa atau produk. Tentu saja Anda akan merasa lebih professional untuk bisa mengirimkan invoice untuk penagihannya. Atau Anda tidak mau lagi dipusingkan dengan penagihan customer yang akan jatuh tempo dalam beberapa hari ke depan? Anda juga bisa mengirimkan invoice tagihan recurring sesuai tanggal jatuh tempo. Menarik sekali, bukan?

 

Plugin Gratis WordPress untuk Membuat Invoice/ Faktur Tagihan

1. Sprout Invoice
Sprout Invoice adalah plugin pembuat invoice yang diciptakan oleh Sprout Apps untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan bisnis mereka. Selain memiliki versi yang gratis, plugin ini juga hadir dalam versi pro/ premium untuk fitur yang lebih lengkap dan menggoda.

Dalam versi gratis nya, pengguna sudah bisa menikmati banyak fitur menarik, seperti pembuatan invoice, pembuatan estimasi, variasi template invoice, manajemen klien, manajemen pembayaran, dan faktur alur kerja yang intuitif. Sprout Invoice juga memiliki beragam integrase yang semakin memanjakan penggunanya, seperti integrase dengan payment gateway, dan form builder (Gravity Form, Ninja Form, WP Form, dan Formiddable Form).

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Mengganti Password Admin di WordPress

Jika Anda merasa kurang puas dengan versi free nya, Anda bisa juga upgrade ke versi Pro untuk mendapakatkan fitur yang lebih lengkap, seperti Sprout Billing, pembayaran lanjutan/ berlangganan (subscribiption/recurring), pembayaran deposit, integrase dengan WooCommerce, dan masih banyak lagi.

Lihat Gambar :
Sprout Invoice - Plugin Invoice WordPress

2. WooCommerce Pdf Invoice & Packing Slips
Well, jika Anda menggunakan WooCommerce untuk membuat toko online Anda di WordPress, maka plugin yang satu ini wajib Anda gunakan untuk memudahkan sistem invoice yang professional. Integrasi yang semputrna dengan WooCommerce ini lah yang membuat plugin ini mengirimkan invoice konfirmasi dalam bentuk Pdf ke email pelanggan begitu mereka menyelesaikan proses pemesanan di website Anda.

Beberapa fitur menarik yang disediakan plugin in iantara lain adalah template default dan template yang bisa Anda custom sendiri, fitur download Pdf, pembuatan fatur massal, dan memberikan pilihan kepada pelanggan Anda untuk men- download invoice mereka dari halaman “My Account”.

Lihat Gambar :
2. WooCommerce Pdf Invoice & Packing Slips WordPress Plugin

3. WP-Invoice
WP-Invoice adalah salah satu plugin pembuatan invoice yang paling popular di WordPress. Plugin ini membantu pengguna untuk membuat faktur tagihan dan mengirimkannya ke email klien dengan sangat mudah. Di email yang terkirim, terdapat link ke faktur yang di- host di situs Anda. Anda juga bisa mengatur remnder pembayaran, dan meng-arsip faktur tagihan yang sudah lama. Saat klien melakukan pembayaran tagihan mereka, maka mereka pun mendapatkan notifikasi bahwa pembayaran mereka telah berhasil dibayarkan.

Artikel Menarik Lainnya :   Mau Jualanmu Laris di Tokopedia?? Ikutilah 12 Tips Cerdas Ini!

Selain berdiri sendiri, WP Invoice juga bisa terintegrasi dengan dengan WP-CRM, dan juga add on lainnya (WP-Invoice Pdf, WP-Invoice: Electronic Signature, dan masih banyak lagi.

Lihat Gambar :
WP Invoice WordPress Plugin

4. Invoice King Pro
Invoice King Pro membantu pengguna dalam membuat faktur yang sesuai dengan kebutuhan spesifisik. Selam mendapatkan variasi template invoice gratis, Anda juga bisa menikmati beberapa fitur lain yang bisa Anda dapatkan adalah pengaturan otomatisasi. Anda bisa mengatur tampilan jumlah kolom yang Anda inginkan, edit konten, dan memasukkan perhitungan dengan spesifikasi yang Anda buat. Anda juga dapat menyimpan informasi klien Anda, dan memasukannya secara otomatis saat pembuatan invoice.

Saat membuat faktur, Anda mempunyai dua pilihan, yaitu menyimpannya sebagai Pdf untuk dikirim via email, atau Anda dapat menyimpannya ke desktop Anda sebagai arsip. Untuk mengirimkan invoice sebagai lampiran Pdf, Anda dapat mengirimnya dari dalam dashboard WordPress secara langsung.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Media Sosial terbaik untuk Promosi Bisnis dan Jualan Online

Saat klien melunasi pembayaran, Anda dapat menandai faktur sebagai invoice lunas, dan secara otomatis plugin ini akan mengirimkan pemberitahuan kepada klien terkait status invoice tersebut.

Ada versi premium? Ya, tentu saja. Sebenarnya bukan versi premium secara langsung, melainkan dalam bentuk add-on untuk melengkapi fitur yang Anda butuhkan, seperti add on Recurring Invoices, Attachment dan Client Sync.

Lihat Gambar :
Invoice King Pro - WordPress Plugin

 

5. Sprinvoice
Sprinvoice adalah plugin pembuat invoice dalam versi yang lebih sederhana dibandingkan dengan plugin- plugin di atas. Bagi Anda yang menginginkan kemudahan dan kecepatan pembuatan invoice, plugin ini sangat direkomendasikan.

Untuk membuat faktur tagihan, Anda dapat membuatnya dengan mengisikan data pemesan dan juga informasi pemesanan dengan status Unpaid (Belum Terbayar). Saat customer Anda sudah membayar, Anda dapat meng-update informasi invoice Anda menjadi Paid.

Lihat Gambar :
Sprinvoice - WordPress Plugin

Dari kelima plugin pembuat invoice atau faktur tagihan WordPress ini, Anda bisa melakukan testing sederhana untuk menentukan mana yang paling memenuhi kebutuhan Anda dan paling nyaman untuk Anda gunakan. Jika Anda merasa kurang puas dengan versi gratis masing- masing plugin, tidak ada salahnya untuk mencicipi versi premium mereka dalam free trial. Semoga bermanfaat!