Kapan waktu yang tepat untuk Anda pension? Jika Anda mendapatkan pertanyaan ini, bagaimana kira- kira Anda akan menjawabnya? Apakah Anda akan menyebutkan angka usia 50 tahun an atau 65 tahun? Dengan berbagai cara, Anda sebenarnya tidak perlu menunggu selama itu.

Majalah Forbes beberapa waktu yang lalu sempat mengungkap sebuah kisah tentang pasangan di California yang baru saja pensiun muda di usia pertengahan 30-an dengan tabungan di bank sebesar $1 juta atau setara dengan lebih dari 13 miliar. Well, angka ini memang kedengaran fantastis yaa?

Anda mungkin saja nominal ini juga akan sulit diraih untuk sebagian besar pekerja di Indonesia. Terutama jika sudah berkeluarga dan hanya mengandalkan penghasilan dari profesi sebagai pegawai kantoran saja. Lantas, bagaimana caranya agar bisa pensiun dini dengan tabungan yang besar?

Anda mungkin bisa belajar dari pasangan asal California, Amerika Serikat ini. Mereka adalah Travis dan Amanda. Keduanya belum memiliki anak saat ini. Mereka berdua mendapatkan penghasilan yang cukup besar sebagai professional di bidang teknologi. Keduanya juga dikenal dengan kemauan keras dalam hidupnya.

 

Dasar- dasar Pensiun Dini dan Punya Banyak Tabungan di Usia 30-an

Kabar baiknya, mereka juga mau berbagi tips mengenai dasar- dasar pensiun dini dan agar punya banyak tabungan di usia 30-an. Simak tips dari mereka berikut ini :
1. Mengetahui Tujuan Anda
Saat memutuskan berhenti dari pekerjaannya di bidang IT pada tahun 2012, Travis menemukan sebuah gairah baru, yaitu nikmatnya kebebasan tanpa bekerja. Dia dan pasangannya Amanda pun dengan segera mempunyai ide untuk pensiun dini.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Buka Usaha di Tahun 2018 : Hindari lah Beberapa Kesalahan Fatal Ini

Keduanya berpikir, untuk pensiun dini, mereka membutuhkan setidaknya $1 juta dollar untuk mewujudkannya. Mereka pun berencana untuk menggunakan 3 – 4 persen dari nilai uang mereka setiap tahun dan memperkirakan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 7 persen.

Bayangkan Anda mempunyai mimpi yang sama seperti mereka, maka langkah apa yang pertama akan Anda lakukan? Persiapkan lah dari sekarang!

2. Ajak Pasangan untuk Bersama- sama Meraih Mimpi Anda
Mengajak pasangan untuk mengelola keuangan bersama- sama akan membantu pasangan untuk lebih memahami situasi keuangan saat ini dan memikirkan strategi untuk melangkah maju bersama. Dalam hal ini, pasangan ini pun mengumpulkan semua akun keuangan mereka dan mendaftarkannya ke situs anggaran keuangan, mint.com, secara gratis.

Mereka juga meninjau seluruh asset- asset mereka dan memperhitungkan semua biaya yang mereka keluarkan. Dengan cara ini, mereka berhasil menekan jumlah pengeluaran mereka dan berhasil mendaptakan tambahan uang dari semua asset mereka.

3. Jangan Remehkan Pentingnya Menabung
Selama tiga tahun berturut- turut, Travis dan Amanda menabung 65 persen dari gaji mereka. Tabungan mereka berdua akhirnya bisa mencapa $1 juta atau 13 miliar lebih setelah menabung tiga tahun berturut- turut.

Untuk memangkas biaya hidup, mereka tinggal di sebuah rumah dengan biaya sewa sebesar $2,200 per tahun. Biaya sewa yang sangat murah untuk ukuran sebuah rumah di Oakland tentunya. Mereka juga lebih seirng mencuci pakaian sendiri dan menggunakan transportasi umum dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Artikel Menarik Lainnya :   30 Perusahaan di Indonesia yang Tahan Banting Saat Krisis, Apa Resepnya?

4. Waspada Terhadap Biaya- Biaya
Tanpa sadar, kita seringkali lemah dalam mengontrol biaya yang kita keluarkan sehari- hari. Akibatnya, kita bahkan sering tidak tahu kemana saja uang kita lari. Jika hal ini terjadi secara terus menerus, bagaimana Anda bisa memikirkan dana pensiun Anda?

Mulai lah dengan mempertanyakan setiap uang yang Anda keluarkan dan lakukan penghematan yang masuk akal dan efisien untuk hidup Anda. Jika Anda melakukan hal ini secara konsisten, maka akan ada perubahan yang luar biasa dalam keuangan Anda.

5. Tingkatkan Penghasilan Anda
Penting untuk diingat, penghasilan Anda adalah sumber dana dari semua rencana investasi yang akan Anda lakukan. Anda bisa melakukan beberapa hal, seperti meningkatkan gaji Anda, atau mencari penghasilan tambahan di luar pekerjaan utama Anda>

Untuk membuat impiannya menjadi nyata, Travis bekerja keras dengan meningkatkan penghasilannya. Ia mengganti pekerjaannya tiga kali dalam tiga tahun demi mendapatkan kenaikan gaji. Sementara Amanda tetap dalam pekerjaanya sebagai insinyur kimia. Di puncaknya, mereka berhasil mengumpulkan penghasilan gabungan sebesar $200,000 atau senilai 2,6 miliar. Fantastis, bukan?

6. Lakukan Penghematan Sebaik Mungkin
Investasi dan berhemat akan menjadi pekerjaan yang lebih mudah saat biaya hidup menjadi lebih rendah. Keputusan ini lah yang melatarbelakangi Aman dan Travis saat meninggalkan tempat tinggalnya yang sangat mahal dan membeli rumah seharga $270,000 di Asheville, NC.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Brand Hijab Terpopuler di Indonesia untuk Inspirasi Bisnis Anda

Pasangan ini memilih hidup di kota pegunungan karena biaya hidup relative lebih rendah. Selain itu, mereka juga percaya rumah mereka akan mudah disewakan kepada wisatawan sementara mereka menikmati indahnya berkeliling dunia.

7. Hidup dengan Cara yang Lebih Sederhana
Saat tujuan mereka pensiun dini semakin dekat, Amanda dan Travis menjual banyak barang di rumah berlantai dua mereka. Saat mereka akan pensiun, mereka nyaris hanya mempunyai benda- beda yang memang hanya mereka gunakan sehari- hari.

8. Rencanakan Pengeluaran di Masa Pensiun Anda
Tidak sedikit orang yang cenderung fokus melakukan penghematan saat membahas perencanaan pensiun. Namun mereka lupa untuk memikirkan tentang pengeluaran setelah masa pensiun tiba.

Untuk mengantisipasi hal ini, Travis dan Amanda sangat disiplin, Mereka menolak menghabiskan lebih dari 4 persen dari nilai portofolio merkea setiap tahunnya. Akibatnya, saat nilai portofolio mereka turun, mereka pun harus mengurangi pengeluaran mereka.

Kepada Forbes, pasangan ini menyatkaan bahwa mereka tidak akan pernah bekerja lagi. Mereka juga mempertimbangkan untuk kehadiran anak dalam hidup mereka. Dengan gaya hidup ini dan cara pengelolaan uang yang disiplin, pasangan ini yakin bisa membesarkan anak mereka dengan baik dan berkecukupan nantinya.