Seiring dengan semakin tingginya pengguna smartphone di Indonesia, maka ada trend baru yang mengikuti perkembangan ini. Jika dulu browser adalah satu- satunya aplikasi yang banyak digunakan untuk kebutuhan dalam mengakses berita dan berbelanja online, maka kini netizen Indonesia mulai mengikuti trend terbaru yang sedang berkembang.

Trend baru apakah itu? Yaitu mulai terdorongnya para pengguna smartphone untuk semakin aktif menggunakan aplikasi mobile. Di kalangan usia muda dan dewasa, kini #aplikasi mobile menjadi semakin familiar dan makin banyak digunakan daripada peramban mobile atau mobile browser.

Menurut sebuah study yang dilakukan oleh sebuah perusahaan teknologi Baidu, mengacu pada riset GfK Indonesia yang bertajuk ‘Mobil Apps Market Study Indonesia’, kini diketahui bahwa penggunaan aplikasi mobile kini semakin besar, dengan perbandingan 97% penggunaan mobile apps vs 76% penggunaan browser.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Raksasa Industri Bisnis Indonesia yang Diprediksi Segera Bangkrut

Menurut Iwan Setiawan, yang  merupakan Head of Marketing Baidu Indonesia, rata- rata pengguna mobile di Indonesia kini meluangkan waktu sekitar 60 menit per hari untuk berinteraksi dengan aplikasi mobile yang telah mereka unduh ke tablet atau smartphone mereka.
Dalam media briefing mengenai Mobile Apps Market Study di Indonesia yang diadakan di Kawasan SCBD pada 7 April 2016, Iwan Setiawan berujar, “Studi ini juga mengungkap itu ditemukan juga bahwa user paling aktif adalah mereka yang berusia 23-26 tahun.”
Menurut Iwan, aplikasi mobile kini merupakan salah satu pendorong pertumbuhan bisnis di industry kreatif yang memiliki peran semakin vital dari hari ke hari. Sebgai perusahaan berbasis teknologi informasi, Baidu sendiri turut aktif dalam mendorong pertumbuhan bisnis pengembangan aplikasi ( apps developing ) di Indonesia.
Meski demikian, ini tidak lantas membuat setiap jenis aplikasi menjadi popular dan laris manis. Dalam study case tersebut tercatat bahwa ada beberapa jenis aplikasi yang paling populer digunakan di Indonesia, antara lain adalah game, olah pesan ( text messeging ) dan social media.

Artikel Menarik Lainnya :   Microsoft Bersiap Memecat Ribuan Karyawan

“Aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna perangkat mobile di Indonesia adalah gim sebesar 38 persen, olah pesan 27%, serta media sosial sebesar 19%,” kata Iwan.
Selain ketiga jenis aplikasi tersebut, aplikasi yang juga menjadi favorit di kalangan pecinta mobile apps antara lain adalah aplikasi untuk belanja online sebesar 8% (termasuk marketplace di dalamnya ), aplikasi untuk pemesanan moda transportasi 6%, aplikasi aneka referensi 6%, aplikasi peta dan naviasi 3% dan juga aplikasi berita dan informasi 3%.

Last but not least, sebagai informasi tambahan, study ini dilakukan melibatkan lebih dari 2.200 orang responden di kota Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Bandung dan Surabaya.

Artikel Menarik Lainnya :   Google Hentikan Layanan URL Shortener goo.gl