Sering mendengar SSL atau SSL Certificate? Jika Anda pemilik sebuah website, penting untuk mengenal SSL ini dengan baik.

 

Pengertian SSL dan SSL Certificate (Sertifikat SSL)

SSL atau Secure Socket Layer dalah cara sebuah website untuk membuat sambungan yang aman dengan browser web pengguna. Saat seorang pengunjung masuk ke sebuah situs web yang menggunakan teknologi SSL, maka akan tercipta sebuah link yang terenkripsi antara sesi browser mereka dengan web server.

Kehadiran SSL di sebuah website ini sendiri dapat dikenali dengan mudah lewat adanya icon “kunci” di kiri atas samping URL sebuah website dan awalan HTTPS.

Di dunia teknologi, SSL adalah standar industri untuk komunikasi website yang aman dan melindungi jutaan transaksi online setiap harinya. SSL digunakan untuk mengamankan data transaksi kartu kredit, transfer data, dan login.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection di WordPress

Untuk sebuah website eCommerce atau situs web yang memerlukan pengisian form data pengguna, maka penggunaan SSL untuk keamanan (SSL Certificate) adalah vital. SSL Certificate meyakinkan pengunjung bahwa data customer terlindungi dan mereka dapat melakukan transaksi di website secara aman.

 

Cara Kerja SSL Certificate

SSL Certificate bekerja menggunakan Public Key Cryptography. Kriptografi ini bekerja memanfaatkan kekuatan dua kunci yang merupakan rangkaian Panjang angka- angka yang dihasilkan secara acak. Diantaranya adalah Private Key dan yang lainnya disebut dengan Public Key.

Public Key dapat mengidentifikasi server Anda dan akan berada di domain public. Fungsinya, key ini dapat digunakan untuk mengenkripsi file apa pun yang akan Anda kirim.

Artikel Menarik Lainnya :   21 Manfaat dan Fungsi Website untuk Brand, Perusahaan, dan Bisnis

Berbeda dengan Public Key, Private Key akan mengunci dan mengekripsi data atau file apa pun yang akan diterima.

SSL Certificate - Web Security

Manfaat SSL Certificate untuk Sebuah Website

Mengapa SSL Certificate dibutuhkan? Karena dengan Sertifikat SSL, maka informasi sensitif dari pengguna website akan terlindungi, seperti informasi kartu kredit, data form pengguna, kata sandi, dan lain sebagainya.

Sedangkan manfaat yang diterima oleh pengguna antara lain sbb. :

  • Menjaga keamanan data antar server
  • Meningkatkan ranking website di mata Google
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap website Anda
  • Meningkatkan persentase konversi dari trafik yang masuk ke website Anda

 

Kesimpulan

Dengan mengetahui pengertian SSL dan SSL Certificate serta mengetahui fungsinya, tentu Anda memahami bahwa SSL sangat penting untuk sebuah website yang mengumpulkan data informasi pengguna. Jika website Anda membutuhkan SSL Certificate, berburu lah sekarang juga!

Artikel Menarik Lainnya :   Update Google Chrome Juli 2018 : Banyak Situs Web Akan Ditandai Tidak Aman