Asal punya tekad yang kuat, apapun keinginan kita pasti bisa terwujud, selama masih realistis juga tentunya. Salah satunya adalah memulai usaha. Tidak sedikit orang yang berandai- andai ingin memiliki usaha sendiri tapi terbentur dengan modal yang sangat tipis. Hmmmm…. Padahal nggak semua jenis usaha itu membutuhkan modal gedhe lho. Mau bukti??

Kalau berbicara bisnis modal kecil, jauhkan dulu pikiran Anda dari bisnis- bisnis besar yang memang mempunyai nama mentereng, seperti bisnis property atau bisnis ekspor impor berskala besar. Bagaimana kalau kita mengawalinya dengan peluang usaha dengan modal di bawah 500 ribu? Setuju??

Peluang Usaha dengan Modal Di Bawah 500 Ribu dan Sangat Mudah untuk Mulai Dijalankan

Kuncinya satu, Anda jangan gengsi untuk memulai bisnis kecil dan Anda jangan pesimis di tengah jalan. Bisnis, baik besar ataupun kecil, semua punya potensi untuk berkembang yang sama. Jika Anda tekun, bisnis Anda akan lancar dan Anda bisa memanfaatkannya untuk membesarkan bisnis Anda atau juga memulai bisnis lain yang lebih menjanjinkan. Keren kan? Intinya sih satu, fokus dulu.

Baiklah, ini dia peluang usaha dengan modal di bawah 500 ribu :
#1 Buka Warkop atau Kucingan
Warung kopi atau kucingan bisa didirikan di depan halaman rumah atau bahkan di pinggir jalan. Konsepnya bisa dibuat sesederhana mungkin, seperti lesehan atau warung duduk yang menyajikan berbagai makanan dan minuman ringan, seperti kopi, gorengan, nasi kucing, jahe, teh dan mi instant.
Untuk memulai  bisnis ini, yang Anda perlukan adalah lapak ( bisa gratis karena di depan rumah atau pinggir jalan yang biasanya hanya kena retribusi ), spanduk bertuliskan warung Anda, alat- alat dapur dan perlengkapan, serta barang dagangan.

Artikel Menarik Lainnya :   Resign Demi Fokus ke Bisnis Online dan Startup? Pertimbangkan Dulu Hal Ini?

Salah satu resiko dari berjualan barang dagangan matang adalah resiko barang tidak laku dan terbuang percuma. Namun resiko ini bisa diminimanilisir dengan bekerja sama dengan orang lain sebagai penyetor makanan. Anda tinggal membayar makanan yang habis terjual, dan makanan yang tidak habis akan kembali ke si penyuplai makanan.

#2 Berjualan Gorengan dengan Gerobak
Gorengan ini makanan sejuta umat. Pesaing mungkin cukup banyak, tapi dijamin dagangan Anda pasti juga berpotensi laku saking banyaknya peminat makanan yang satu ini. Enaknya berjualan gorengan, bahannya sangat mudah didapat dan kita sudah sangat familiar dengan tata cara memasak dan menggorengnya. Modal terbesar dari bisnis ini adalah gerobag dan perlengkapannya. Tapi tetep sih, biaya tetap bisa ditekan di bawah Rp 500.000

#3 Berjualan Pulsa Elektronik
Pulsa ini kebutuhan wajib manusia modern, jadi pasti laku banget deh. Satu orang juga kini cenderung mempunyai lebih dari satu nomor ponsel sehingga kebutuhan pulsa pasti semakin meningkat.

Untuk mulai berjualan pulsa, kamu tidak membutuhkan tempat tertentu. Buka saja lapak  kecil di depan rumah dengan tulisan ‘Jual Pulsa’. Promosi bisa kamu lakukan ke tetangga, teman kampus dan teman- teman nongkrong. Cukup mengandalkan orang- orang terdekat saja, keuntungan yang kamu peroleh bisa lumayan. Kalau kamu merasa tidak cukup, mulai deh buka counter kecil- kecilan dengan tambahan produk Sim Card baru dan jual beli HP second. Namanya usaha pasti ingin berkembang, kan? Yaps, ini sudah seharusnya masuk ke radar kamu sejak awal ya.

#4 Menerima Pesanan Kue dan Katering
Punya keahlian memasak? Jual saja keahlianmu ke teman- teman dekat, tetangga dan saudara. Ini sih hanya cakupan awalmu saja. Setelah cakupan awal masuk di radar, kamu bisa mengembangkan sayap supaya bisnismu semakin banyak dikenal orang dan semakin laris.

Artikel Menarik Lainnya :   21 Manfaat dan Fungsi Website untuk Brand, Perusahaan, dan Bisnis

Enaknya menerima pesanan ini adalah kamu tidak membutuhkan banyak biaya karena biaya yang kamu keluarkan langsung tergantung dari jumlah pesanan sehingga tidak ada makanan sisa terbuang.

Jangan lupa juga untuk selalu mengasah skill memasak dan membuat kue mu agar kamu bisa menciptakan peluang untuk memiliki warung makan atau bakery dalam versi yang pastinya lebih besar.

#5 Menjadi Reseller/ Dropshipper Bisnis Online
Menjadi #reseller/ dropshipper bisnis online ini paling enak buat djalani. Supplier tertentu biasanya mensyaratkan adanya biaya pendaftaran atau minimal pembelian sekian untuk bisa mendaftar menjadi reseller/dropshipper. Biasanya sih nominalnya masih termasuk murah, mulai dari Rp 100.000-Rp 200.000. Setelah itu, kamu bisa menjual dengan sistem Dropship, yang artinya tidak perlu stok barang. Nyaris tidak ada resiko.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis ini? Kamu bisa cek di artikel yang pernah dibahas Panda Gila sebelumnya, yaitu di Cara Memulai Bisnis Dropship dan Reseller- Bisnis Tanpa Modal.

Jumlah supplier yang dari hari ke hari berminat menggunakan sistem Reseller & Dropshipper untuk memasarkan produk mereka pun kini semakin banyak. Tahu artinya apa?? Peluang Anda sangat besar!

#6 Mendulang Penghasilan dari Blog
Suka menulis?? Kenapa tidak memulai aktifitas blogging saja? Membangun blog yang menghasilkan uang memang tidak mudah, tapi asal tekun, Anda pasti bisa. Anda bisa memulainya dengan menentukan topik blog yang ingin Anda angkat. Bisa jadi travelling, kesehatan, relationship, self-improvement, teknologi, remaja atau blog viral juga. Yang terakhir kami sebut ini potensi menghasilkannya memang paling cepat dan gampang.

Artikel Menarik Lainnya :   Kenapa Bisnis Kuliner Harus Go Online? Begini Alasannya

Sebagai masukan untuk teman- teman yang ingin mencoba blogging, jadilah blogger yang bertanggung jawab. Ada banyak blogger yang menyalahgunakan blogging dengan menebar provokasi dan berita hoax. Saran kami sih, jangan jadi blogger seperti itu ya. Sebaik- baiknya penghasilan adalah yang dilakukan dengan cara yang benar dan beretika. Setuju?? Silahkan ketik Aminnn –lho.. nggak nyambung ya? Hahaha…

#7 Bangun Citra di Instagram untuk Menjadi Brand Endorsement
Selebgram saat ini menjadi salah satu profesi yang paling diminati di era medsos. Selain kerjanya enak, ada banyak keuntungan menarik yang bisa didapatkan seorang selebgram. Salah satunya adalah saat menjadi brand endorsement dengan mendapatkan produk gratis dari brand atau online shop tertentu, plus dapat fee pula.

Terus, berapa sih fee yang diperoleh dengan menjadi seorang brand endorsement? Sangat beragam, karena tergantung dari popularitas, jumlah follower dan interaksi di akun Instagramnya. Menurut beberapa sahabat yang memang suka sekali endorse, fee endorsement di Instagram itu mulai dari Rp 100.000 hingga jutaan. Wahhhh.. enak banget kan?

Pentingnya untuk Jeli Melihat Peluang

Ada beberapa orang yang baru ngeh bahwa peluang usaha itu sebetulnya sangat banyak, hanya setelah membaca artikel ini. Padahal, yang paling dibutuhkan sebetulnya adalah kejelian untuk melihat peluang dan keinginan untuk mulai take action. Kalau bukan sekarang, kapan lagi?