Tahun 2016 sudah berjalan  selama beberapa bulan, bagaimana dengan bisnis Anda? Sudahkah berjalan sesuai harapan? Atau lagi- lagi Anda merasa mentok dan dikecewakan?

Business is about ups and down. Ada kalanya Anda berjaya dan meraup untuk besar. Tapi ada kalanya juga Anda berada di bawah di tengah kompetisi yang semakin ketat. Hal yang sama juga terjadi di bisnis online, dimana hampir di setiap niche mengalami persaingan yang semakin ketat.

Ada beberapa teman yang terpaksa banting stir mencoba bisnis lain karena merasa bidang  yang sebelumnya ditekuninya sudah mentok. Apakah ini salah? Tidak juga, tidak selama Anda mengambil keputusan ini tidak gegabah dan benar- benar dipertimbangkan secara matang. Toh nyatanya di bidang yang baru ini dia tekun dan fokus sehingga output nya pun bisa dibilang teman saya ini lumayan sukses.

Bisnis Paling Menjanjikan di 2016

Dikutip dari We are Social, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 72 juta jiwa atau lebih dari 25% penduduk pada awal tahun 2015. Jumlah ini tentunya semakin meningkat di tahun 2016. Hal ini juga yang mempengaruhi perubahan trend bisnis. Kini bisnis online semakin berkembang pesat dan bisa dimanfaatkan siapa saja di tahun 2016. Berikut ini adalah beberapa peluang bisnis online di tahun 2016 yang paling menjanjikan dan berpotensi untung besar yang dapat Anda manfaatkan :

Artikel Menarik Lainnya :   Teknik Inspiratif Membangun Bisnis Online dengan Joint Venture

1. Toko Online atau Online Shop
Toko online memang nggak ada matinya. Bisnis ini semakin tumbuh subur di Indonesia dengan hadirnya banyak online shop dari waktu ke waktu, juga karena kultur masyarakat Indonesia yang cenderung konsumtif. Khususnya dengan kemudahan era sosial media, siapa pun bisa memiliki toko online mereka sendiri dengan cepat dan mudah. Selain bisa membuat toko online sendiri dengan cepat dan mudah, Anda juga bisa memanfaatkan sosial media untuk membantu meningkatkan penjualan Anda. Tidak punya produk? Ada bisa menggunakan sistem dropship dan reseller alias nyaris tanpa modal. Nah, kurang asyik bagaimana?

2. Startup
Tidak bisa dipungkiri, bisnis startup juga sangat subur di Indonesia saat ini. Mulai dari startup #e-commerce sampai startup jasa transportasi dan layanan pengiriman. Lihat lah betapa mudahnya startup- startup besar tumbuh di Indonesia, seperti Elevenia, Go-Jek atau Shopee. Pada dasarnya mendirikan startup memang tidak mudah karena membutuhkan modal yang cukup besar. Tapi jika Anda mempunyai ide yang brillian, Anda bisa saja mempresentasikan ide Anda untuk mendapatkan pendanaan alias investor. Berani mencoba?

3. List Database
Bisnis database berarti adalah bisnis yang menjual database atau informasi pelanggan berupa List Email atau User ID ( UID ). Ketika list database ini tertarget, maka nilainya akan semakin mahal karena list tertarget sangat penting untuk bisnis. Selain itu, mendapatkan database memang tidak mudah. Apakah bisnis ini illegal? Yes, bisa dibilang begitu. Saya sendiri tidak menyarankan Anda mencoba bisnis ini karena beresiko merugikan orang lain.

Artikel Menarik Lainnya :   Bisnis Online Tanpa Produk: Dropship, Reseller, Afiliasi, atau Joint Venture?

4. vLog ( Video dan Blog )
Sesuai dengan namanya, vLog adalah kombinasi dari video dan blog atau istilah populernya video blogging. Jadi yang Anda lakukan dalam vLog ini adalah merekam diri sendiri sambil memberikan tutorial, tips atau bisa juga parodi. Di kalangan YouTubers Indonesia, bisa dibilang vLog sedang populer- populernya. Jika Anda penggemar YouTube, tentu tidak asing lagi dengan beberapa vLog-ers yang rajin memberikan tutorial atau bahkan mengocok perut Anda.

5. Digital Advertising
Tidak harus professional atau berada di bawah bendera perusahaan dulu untuk menawarkan jasa advertising. Nyatanya, seperti di Kaskus, Anda bisa menawarkan jasa advertising kecil- kecilan dengan mudah. Beberapa jasa advertising yang bisa Anda coba adalah jasa like Instagram, jasa like Facebook, jasa menambah follower, jasa Facebook Ads, jasa Google Adwords dan lain sebagainya.

Ingin berbisnis advertising dengan lebih professional? Buatlah tim, siapkan website, paket jasa advertising dan mulai lah marketing bisnis Anda. Bidang Digital Advertising sangat potensial mengingat semakin tumbuh suburnya pengguna internet di Indonesia dan semakin banyaknya Toko Online. Dengan beriklan, mereka dapat mengenalkan produk dan jasa mereka ke lebih banyak pengguna tertarget.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Autoresponder? Mengapa Penting untuk Strategi Email Marketing Anda?

6. Apps Development
Bisnis Apps Development bisa dibilang merupakan bisnis yang sangat menggiurkan di 2016 ini. Jumlah pengguna smartphone yang semakin tumbuh telah menggeser era browser ke era mobile apps. Tidak heran, jasa apps development yang relatif mahal pun memiliki peminat yang lumayan. Jika Anda memiliki background mobile development atau Sistem Informasi, peluang bisnis ini layak untuk Anda coba.

7. Kuliner ( Makanan dan Minuman )
Bisnis Kuliner tidak pernah sepi peminat. Jika Anda jeli, pasti Anda menyadari betapa banyaknya kafe baru atau bisnis kuliner dengan ide yang fresh. Selain itu, makanan ini sendiri adalah jenis kebutuhan primer sehingga sudah pasti kehadirannya selalu dinanti. Apalagi sejak era layanan jasa antar makanan secara online dimulai, maka bisnis ini juga mengalami pertumbuhan yang semakin bagus.

Dari ketujuh peluang bisnis yang paling menjanjikan di 2016, manakah yang paling menggoda Anda? Tentu saja menggoda dan digoda saja tidak cukup, ini waktunya Anda take action sekarang juga.