Type to search

Entrepreneurship

20+ Peluang Bisnis Terbaik Minim Modal untuk Mahasiswa

Share
Peluang bisnis terbaik mahasiswa

Ada banyak cara untuk menambah penghasilan seorang mahasiswa. Berbeda dengan era konvensional dimana bisnis mahasiswa cenderung itu- itu saja, di era digital, mahasiswa punya lebih banyak peluang untuk memulai bisnisnya sendiri. Mulai dari bisnis kecil- kecilan untuk menambah penghasilan, bisnis individual, sampai bisnis reseller mahasiswa paling menguntungkan. Peluang terbuka sama lebarnya!

 

Bisnis yang Cocok untuk Mahasiswa Dengan Modal Minim

Salah satu dilemma yang dialami seorang mahasiswa dalam memulai bisnis mereka sendiri biasanya berkutat pada modal. Karena belum mempunyai pekerjaan sendiri, mereka biasanya masih mengandalkan uang saku dari orangtua untuk awal modal bisnis. Tidak heran, para mahasiswa ini cenderung berburu jenis- jenis bisnis yang membutuhkan modal minim.

Seperti yang Panda Gila ungkap di atas, mahasiswa kini punya lebih banyak pilihan jika ingin memulai bisnis mereka sendiri. Beberapa pilihan menarik untuk bisnis reseller yang cocok untuk mahasiswa antara lain adalah :

Kategori Peluang Bisnis Reseller untuk Mahasiswa

  1. MLM (Multi Level Marketing)

MLM lebih banyak mengajarkan networking dibandingkan dengan bisnis itu sendiri. Meski begitu, MLM bagus untuk mahasiswa karena melatih mereka untuk mengembangkan diri bersamaan dengan pelajaran mengembangkan jaringan. Produk dan brand MLM juga relatif sudah sangat familiar di masyarakat sehingga untuk menjualnya cenderung lebih mudah. Modalnya? Sangat minim, dimulai dari Rp 50.000 untuk pendaftaran keanggotaan dan mendapatkan katalog.

 

  1. Reseller Pakaian Online

Pakaian adalah salah satu item fashion yang tidak pernah mati untuk dijual. Selain pangsa pasar yang tinggi, menjualnya pun sangat mudah melalui pertemanan atau secara online dengan media sosial. Jika ingin tanpa modal, mahasiswa bisa mendaftarkan diri sebagai dropshipper. Namun jika ingin benar- benar menjadi reseller untuk mendapatkan harga lebih mudah, Anda bisa mendaftarkan diri dengan sistem membeli borongan produk supplier dengan jumlah tertentu lebih dulu.

 

  1. Reseller Sepatu

Mirip seperti pakaian, sepatu juga termasuk barang yang mudah dijual, baik itu secara online maupun offline. Peluang reseller sepatu juga terbuka lebar, mulai dari sepatu yang branded hingga home industry.

 

  1. Reseller Hijab/ Fashion Muslim

Penjualan hijab semakin melesat dari tahun ke tahun. Salah satunya dipicu karena semakin besar kesadaran masyarakat Muslim di Indonesia untuk mengenakan hijab untuk memenuhi kewajiban mereka. Jenis hijab dan supplier hijab pun sangat banyak dan relatif mudah ditemukan. Bahkan tidak sedikit pebisnis online yang menganggap berjualan hijab itu sama seperti berjualan ‘kacang’ karena begitu besar potensi larisnya.

 

  1. Reseller Kosmetik

Reseller kosmetik adalah salah satu peluang bisnis mahasiswa yang sangat menggiurkan. Tentu saja kalangan mahasiswa ini sudah termasuk kalangan dewasa yang mulai memperhatikan penampilan, bukan? Dan ingat, pasar kosmetik ini bukan hanya teman mahasiswa saja, tapi sangaattt luas.

Kabar baiknya lagi, tingkat repetisi (beli ulang) dari jenis produk ini sangat tinggi. Misalnya saja lipstick. Untuk jenis warna yang sama saja, biasanya wanita yang suka dandan mempunyai lebih dari satu produk. Itu belum termasuk warna- warna lainnya. Selain itu, saat sudah merasa cocok dengan satu produk, mereka akan mencari lagi produk tersebut ke penjualnya. Repeat order terusss!

 

  1. Reseller Aksesoris Fashion
Artikel Menarik Lainnya :   Kenapa Bisnis Kuliner Harus Go Online? Begini Alasannya

Fashion tanpa aksesoris itu seperti masak sayur tanpa garam, hambar! TIdak heran, permintaan aksesoris fashion juga selalu meningkat. Yang perlu diperhatikan jika mahasiswa ingin menjadi reseller fashion, mereka harus terupdate dengan jenis aksesoris yang sedang hits.

Misalnya saja saat dulu drama korea The Descendants of The Sun sedang hits, pasar aksesoris banyak dimeriahkan dengan aksesoris yang terkait dengan drama itu. Setelah drama itu berkurang popularitasnya, tren aksesoris lain muncul dan banyak diburu.

Range aksesoris fashion ini juga relatif lebar. Mulai dari anting fashion, kalung fashion, bros, gelang, bando, cincin, flower crown, hingga topi dan aksesoris rambut lainnya.

 

  1. Reseller Makanan

Siapa sih yang tidak suka makan? Hehehe… Reseller yang nge-hits di kalangan mahasiswa ini biasanya adalah jenis makanan ringan (snack) dalam kemasan kecil dan sedang. Meski kemasannya tidak terlalu besar, namun sekali terjual, biasanya mereka akan membeli lebih dari 2-3 item. Mahasiswa yang kreatif juga bisa menjualnya secara online dan offline dengan eksis di spot CFD (Car Free Day).

 

  1. Reseller Pulsa,dan Paket Internet

Point #8 ini memang sudah sangat populer dan sering dianggap bisnis receh yang nggak ada matinya. Yang asyik lagi, banyak marketplace yang menawarkan aneka cashback untuk setiap pembelian pulsa dan paket internet. Meski kompetisi dari sisi online memang besar, mahasiswa dapat menjadikan bisnis ini sebagai bisnis sampingan dari sisi offline. Kunci adalah rajin mencari promo dan kreatif memanfaatkan moment.

 

  1. Reseller Voucher Game, dan PPOB

Sama seperti pulsa, mahasiswa juga bisa bisnis berjualan voucher game dan produk PPOB lainnya seperti BPJS, PDAM, token listrik, pembayaran cicilan, dan tagihan lainnya. Kalau rajin berburu promo dari marketplace atau provider besar, untung dari bisnis ini bisa sangat lumayan.

 

  1. Reseller Fashion Anak

Bisnis fashion memang nggak ada matinya. Terutama dengan pangsa pasar ibu- ibu modern. Fashion anak masih termasuk ke dalam kategori ini.  Kalau ada teman- teman mahasiswa yang kebetulan punya saudara yang sudah menikah, ini mbisa menjadi gate pertama kita berbisnis. Selanjutnya, promosi bisa dilakukan di CFD, media sosial, dan marketplace.

 

  1. Reseller Obat- obatan/ Herbal

Sama dengan kosmetik, pasar herbal juga cenderung mempunyai tingkat repetisi yang baik. Obatan- obatan dan herbal ini termasuk juga suplemen dan vitamin. Jika ingin berbisnis dengan niche ini, pastikan Anda menjual produk yang aman dan terpercaya.

 

  1. Reseller Aksesoris HP

HP kini sudah menjadi salah satu kebutuhan paling penting saat ini. Tidak heran, menjadi reseller aksesoris HP pun menjadi salah satu bisnis yang menguntungkan untuk mahasiswa. Selain mudah dipasarkan, modal yang dibutuhkan untuk menjadi reseller aksesoris HP juga relatif tidak mahal.

 

  1. Reseller Produk Rumah Tangga

Dengan range jenis produk yang lebar, menjadi reseller produk rumah tangga bisa memberi benefit super menguntungkan untuk mahasiswa. Ada banyak produk rumah tangga ini juga bisa dijual ke teman- teman sendiri, seperti tumblr, rak sepatu, box penyimpanan, dan masih banyak lagi. Untuk produk rumah tangga yang harganya lumayan mahal, bisa juga menggunakan sistem kredit jika bisnis sudah mulai berkembang.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Menangani Komplain Pelanggan dengan Cerdas dan Tepat

 

  1. Reseller Produk & Jasa Digital

Produk digital adalah jenis- jenis produk yang dijual secara online untuk mengoptimalkan aktifitas digital seseorang (biasanya internet marketer). Beberapa contoh produk digital ini adalah ebook, jual follower, jual jasa like, jual jasa iklan Facebook, jual theme WordPress, jual tool marketplace, jual membership kursus online, dan masih banyak lagi.

Cara Meningkatkan Follower dan Engagement Instagram

 

Kategori Bisnis Menguntungkan Lainnya untuk Mahasiswa

  1. Fotografi & Videografi

Punya kemampuan fotografi? Anda bisa menjual skill Anda untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Cara untuk mendapatkan penghasilan dari fotografi ini bisa bermacam- macam caranya, seperti menjadi fotografer untuk event (pernikahan/ wisuda), jasa foto produk, jasa video, jasa edit foto, dan menjual foto komersil via internet (seperti ke shutterstock, dan sejenisnya).

 

  1. Jasa Make Up Artis

Punya kemampuan make up? Jika hasil make up terbukti bagus, maka peminat jasa akan semakin meningkat. Coba lah untuk membuat akun Instagram khusus untuk memamerkan hasil make up yang kamu lakukan untuk teman- temanmu. Jangan lupa untuk menginformasikan kontak yang bisa dihubungi untuk orang- orang yang berminat dengan jasa make up Anda.

 

  1. Menjual Les Private

Les private bisa menjadi bisnis sampingan yang menarik untuk mahasiswa. Les private ini bisa dilakukan secara personal dengan membuka les di rumah, atau mengumpulkan beberapa teman untuk join membuat tim bimbel (bimbingan belajar). Selain menambah penghasilan, les private juga bisa mengasah skill mahasiswa.

 

  1. Jasa Titip (JasTip)

Jastip memang semakin nge- hits di era media sosial. Dengan bermodalkan riset produk yang baik dan kemampuan mencarikan produk, Anda sudah bisa membuka jasa titip beli barang dari luar negeri atau dalam negeri. Karena tujuan jastip adalah memudahkan dan memanjakan, tidak heran bisnis ini cukup menggiurkan mengingat karakter masyarakat Indonesia yang cenderung suka dilayani.

 

  1. Freelancer

Siapa saja bisa menjadi seorang freelancer. Mulai dari mereka yang hobi menulis, mempunyai skill digital marketing, hingga fotografi dan desain. Jika ditekuni, hasil dari freelancing ini bisa lebih dari sekedar memberi uang saku tambahan untuk mahasiswa. Kuncinya adalah tekun dan rajin mencari project freelance. Untuk berburu pekerjaan freelance, Anda bisa mengintip artikel kami sebelumnya di ….

 

  1. Blogging

Selain menjadi hobi, blogging juga bisa menjadi salah satu bisnis yang menghasilkan uang tambahan untuk mahasiswa. Dalam melakukan blogging, mahasiswa bisa memilih topik yang sesuai dengan passion mereka. Jika ingin blogging dengan minim modal, seorang blogger memang dituntut untuk lebih kreatif dan kerja keras melakukan ini dan itu. Namun jika mempunyai modal yang lumayan, blogging bisa dilakukan lebih efisien dengan menggunakan tool dan jasa orang lain.

 

  1. Vlogger

Berbeda dengan blogging biasa yang berbasis konten tulisan dan media gambar, vlogger membuat konten dengan basis video (video blogger). Vlogger ini sendiri adalah salah satu profesi yang sangat menarik dan menghasilkan pundi- pundi rupiah yang lumayan menggiurkan saat ditekuni dengan baik.

 

  1. Endorse & Paid to Promote

Banyak yang menyebut bahwa endorser adalah profesi idaman untuk generasi milenial. Dengan modal cerdas membuat konten menarik, aktif di media sosial, dan mempunyai jumlah follower yang massif, siapa saia bisa membuka jasa endorse dan paid to promote yang menjadi bisnis menguntungkan untuk mahasiswa.

Artikel Menarik Lainnya :   Pentingnya Mengoptimalkan Personal Branding untuk Meraih Sukses di Era Digital

 

Kiat Mahasiswa untuk Memulai Bisnis Menguntungkan

Ternyata ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan mahasiswa untuk memulai bisnis mereka, ya? Memang, kenyataannya, bisnis bisa dimulai sedini mungkin. Termasuk saat kita masih menimba ilmu di bangku kuliah.

Motivasi untuk memulai bisnis sedini mungkin ini biasanya diawali dari keinginan untuk membiayai kuliah sendiri dan tidak menjadi beban orangtua. Dengan berbisnis, mahasiswa dapat membayar kebutuhan kos- kosan mereka sendiri, dan bahkan membayar biaya SPP dan kebutuhan kuliah lainnya.

Untuk memulai bisnis yang menguntungkan, berikut ini adalah kiat- kiat yang dapat diterapkan oleh para mahasiswa :

  1. Pilih Bisnis yang Sesuai dengan Passion Anda

Menjalani sebuah bisnis, adakalanya kita terjebak dalam titik jenuh. Belum lagi saat tugas kuliah seabrek mulai mengejar- ngejar kita. Rasa lelah, konsentrasi yang memudar, hasil yang belum kelihatan, membuat mahasiswa berhenti menjalani bisnis mereka dan berhenti di tengah jalan. Hal ini biasanya sering terjadi saat bisnis yang dipilih tidak sesuai dengan passion sehingga motivasi untuk melanjutkan pasang surut dari waktu ke waktu.

Solusinya, mulai lah bisnis yang sesuai dengan passion Anda. Dengan bekal passion, Anda bisa menjaga motivasi Anda untuk tetap hidup, tidak peduli sesibuk apapun Anda. Saat mengalami kegagalan, Anda juga akan lebih mudah untuk bangkit kembali dan mencoba lagi. Bahkan saat bisnis belum menghasilkan, Anda juga cenderung tetap menjalankan bisnis tersebut. Kenapa? Namanya juga passion. Sulit untuk mengatakan tidak pada apa yang kita sukai, bukan?

 

  1. Pilih Bisnis yang Mudah Dipasarkan, Terutama ke Teman- teman Mahasiswa

Saat kita masih mahasiswa, masuk akal saat kita bilang bahwa mahasiswa adalah pasar terbesar kita. Maka dari itu, coba lah untuk memilih bisnis yang mudah dipasarkan ke sesame mahasiswa. Anda juga bisa meminta bantuan pada teman satu kampus dan meminta saran mereka agar bisnis Anda semakin laris.

Jannah Corp

 

  1. Memilih Partner yang Tepat

Menjalankan bisnis sendirian memang sah- sah saja. Namun jika kita ingin kuat dan besar dengan cepat, tidak ada salahnya untuk mempunyai partner yang membantu kita mengembangkan dan memajukan bisnis bersama. Tentu saja untuk mencapai tujuan ini kita harus bersama partner yang tepat.

 

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah sahabat mahasiswa di era milenial. Nyaris tiada hari tanpa membuka salah satu akun media sosial mereka. Aktifitas ini bisa menjadi hal positif saat dimanfaatkan dengan cara yang tepat, yaitu memanfaaatkan media sosial untuk mendukung aktifitas produktif mahasiswa.

Misalnya saja mahasiswa dapat menggunakan media sosial untuk berjualan online, membangun personal branding, dan terupdate dengan informasi edukatif.

 

  1. Belajar Kewirausahaan dari Berbagai Sumber

Bukan hanya menjalankan bisnis di usia semuda mungkin, tapi sekaligus memantapkan ilmu kewirausahaan dari sumber manapun. Belajar memang seringkali tidak mudah dan tidak murah, ada investasi waktu dan biaya yang perlu dibayar. Meski begitu, ilmu yang kita peroleh ini adalah bekal untuk kita menjalankan bisnis dengan lebih baik lagi.

 

Tags:

1 Comment

  1. Hendri Hendriyana Nov 15, 2018

    Saat ini saya jadi reseller makanan, ya lumayan lah karena saya juga punya sampingan sebagai penulis artikel hehehe
    nanti saya coba sampingan lainnya deh makasih ya

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.