Salah satu niche blog yang semakin diminati oleh para blogger adalah konten viral. Bukan hanya media- media besar saja, niche ini bahkan juga banyak digeluti para blogger senior dan pemula. Konten viral memang sangat potensial untuk digarap, dan yang menarik, pembuatan konten viral ini tidak begitu sulit untuk dibuat.

Salah satu kunci dalam membuat artikel viral adalah Anda terupdate dengan informasi terkini. Akun social media juga memegang peranan penting untuk situs web viral. Pemilik website wajib menemukan cara kapan waktu menulis yang tepat dan kapan waktu yang tepat untuk membagikan konten Anda di media sosial.

 

Membuat Artikel Viral dengan Memainkan Emosi Pembaca

Trik yang kerap dimainkan dalam konten viral adalah emosi pembaca. Tulisan yang Anda publikasikan di website Anda harus mengenai emosi pembaca, baik itu emosi positif maupun negatif. Saat emosi pembaca ini mulai tersentuh, makai a akan terdorong untuk membagikan konten Anda melalui akun media sosial miliknya.

Untuk Anda yang tertarik untuk bermain di niche ini, Anda bisa mulai menggarap blog Anda dengan tutorial membuat artikel viral berikut ini :

1. Membuat Clickable-Headlines

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah membuat judul yang memancing pembaca untuk meng- klik artikel Anda. Jika Anda jeli, tentu Anda memperhatikan bahwa banyak situs berita online dengan muatan viral, seperti Hipwee, Tribunnews, dan masih banyak lagi selalu membuat judul yang memancing perhatian netizen.

Point pentingnya disini adalah :

  • Judul harus semenarik mungkin dan mewakili isi dari konten yang dibuat (tidak asal membuat judul menarik, tapi ternyata tidak nyambung dengan konten).
  • Judul harus ringkas, padat, dan jelas. Anda perlu memastikan judul yang Anda buat tidak terpotong saat dibagikan di media sosial.
  • Berikan sampul foto yang menarik, yaitu foto utama yang muncul saat Anda membagikan konten Anda di media sosial. Foto sampul yang menarik dan tepat ini bisa menambah nilai jual pada artikel viral Anda.
Artikel Menarik Lainnya :   6 Point Penting Strategi Content Marketing untuk Brand dan Bisnis

 

2. Konten Anda Harus Bisa Membangkitkan Emosi Pembaca

Entah itu emosi positif atau negatif, artikel yang Anda buat harus bisa membangkitkan emosi pembaca agar viral. Membangkitkan emosi pembaca ini sebenarnya sudah Anda mulai sejak Anda membuat judul yang ‘emosional’ di point #1. Namun, Anda perlu menggali emosi mereka lebih dalam melalui jenis konten yang Anda sajikan.

Contoh artikel viral yang menguras emosi pembacanya

Di situs- situs besar sendiri, pola yang digunakan cenderung membangkitkan emosi negatif pembaca karena dinilai lebih mudah. Tidak heran, di dunia jurnalistik, kita sering mengenal istilah “Bad News Is Good News, Good News Is Bad News”.

Tidak heran, saat ada berita buruk, kadang media memuatnya dengan cara yang berlebihan. Terutama dalam hal politik, dimana banyak kecenderungan untuk menggiring opini agar lebih mudah membangun emosi pembaca.

Di sisi lain, artikel yang membangkitkan emosi positif pembaca juga mempunyai power tersendiri. Coba lah meng- kombinasikan keduanya untuk melengkapi konten Anda dan mengoptimalkannya dalam banyak hal.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendapatkan dan Meningkatkan Follower Instagram

 

3. Membangun Rasa Penasaran

Artikel viral harus bisa membangkitkan rasa ingin tahu

Selain menarik empati pembaca dengan membangkitkan emosi mereka, Anda juga bisa mencoba membangkitkan rasa penasaran pembaca di judul artikel yang Anda buat. Rasa penasaran ini biasanya bisa mendorong minat seseorang untuk membaca dan membagikan artikel Anda.

 

4. Tingkatkan Jumlah Postingan

Saat Anda bermain di niche artikel viral, selain bermain dengan rasa penasaran dan emosi pembaca, Anda juga bermain dengan kuantitas. Artinya, Anda tidak bisa hanya mengandalkan 3 postingan dalam sehari. Buat lah lebih banyak konten, misalnya 10-15 artikel dalam sehari. Semakin banyak artikel semakin baik. Dan pastikan Anda terupdate dengan artikel yang sedang hits.

 

5. Konten Harus Visual dan Interaktif

Konten viral identik dengan penyajian konten yang ringan dalam jumlah tulisan, namun menarik secara visual. Jenis audience yang ditargetkan pun biasanya cenderung audience yang tidak terlalu suka membaca konten panjang dan padat karena sebagian besar trafik dihasilkan dari media sosial (cenderung tipe audience instant).

Artikel viral harus menarik secara visual
Misanya saja konten di bawah ini. Penulis sengaja memanfaatkan satu foto untuk membahas satu moment. Tidak banyak yang dikupas, tapi engagement nya sangat bagus dan dibagikan hingga ribuan kali.

 

6. Perhatikan Timing dan Jenis Audience yang Anda Bidik

Seperti yang telah disinggung di atas, konten Anda harus up to date, terupdate secara teratur dan tidak pernah ketinggalan saat ada berita yang sedang hits. Anda juga harus menganalisa pola kapan timing yang tepat untuk Anda membuat sebuah artikel.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membangun Fanbase di Facebook untuk Bisnis

Saat Anda sudah menemukan pola timing yang tepat, Anda bisa mengulanginya lagi. Jika belum, coba lakukan eksperimen denga pola waktu. Misalnya saja, jika ternyata engagement konten Anda lebih bagus saat jam- jam sore, maka Anda dapat mengoptimalkan rentang waktu tersebut untuk memposting artikel viral Anda.

Anda juga harus menyajikan konten sesuai jenis audience yang Anda bidik. Apakah itu anak mudah, orangtua, dewasa, penyuka politik, dan lain sebagainya. Pelajari minat mereka dan jenis konten yang mereka sukai.

 

7. Tingkatkan Jumlah Fans/ Follower Anda

Berbicara tentang viral, berarti kita bicara banyak tentang ukuran audience yang kita miliki di media sosial. Artinya, Anda harus meningkatkan follower aktif media sosial Anda, seperti Twitter, Facebook, dan Instagram. Semakin banyak follower, maka konten Anda akan dijangkau lebih banyak audience. Lebih banyak audience berarti potensi pembaca dan jumlah share artikel menjadi lebih besar.

Untuk meningkatkan jumlah follower setia, Anda perlu meng-kombinasikan konten viral berupa artikel website dengan non artikel. Misalnya saja Anda memberi jatah dua konten viral non artikel berupa konten bergambar atau video viral setiap harinya di website. Trik ini sekaligus akan menjaga pembaca Anda agar tidak mudah bosan karena semua konten yang dibaca di halmaan Anda ternyata adalah artikel website semua.

 

Ada lagi ide lainnya? Semoga bermanfaat!