Mengapa MailChimp sangat populer diantara banyak Autoresponder lainnya? Selain karena menawarkan layanan email berkualitas tinggi, Anda dapat menggunakan layanan ini secara gratis tanpa mengeluarkan uang sepeser pun sampai Anda memiliki maksimal 2000 subscriber. Wahhh… ajib kan?

Autoresponder lain seperti Aweber memang menawarkan fitur yang lebih banyak dari MailChimp dalam mengelola list dan mentarget pelanggan tertentu. Namun, MailChimp merupakan salah satu Autoresponder yang bagus dan cukup sempurna untuk pebisnis yang ingin menjalin komunikasi dengan klien dan melakukan prospek yang tidak terlalu banyak dalam sebulan. Tidak sedikit juga website besar yang suka mengandalkan #Autoresponder ini, dan mereka merasa cukup puas.

Email Marketing, Salah Satu Kunci Keberhasilan Bisnis Online Anda
Sebelum melangkah ke panduan MailChimp, mari sedikit kita ulas mengapa email marketing ini sangat penting untuk bisnis online kita. Pertama- tama, ketika Anda memulai sebuah blog atau website, #emailmarketing merupakan salah satu strategi ampuh untuk menciptakan pelanggan loyal Anda. Anda dapat membangun komunikasi dengan mereka dan menjalin hubungan jangka panjang untuk selanjutnya meng-konversi mereka menjadi pembeli Anda.

Pada tahun 2010, sebuah riset yang dilakukan oleh Exact Target mengungkapkan bahwa 62% pengguna internet mulai banyak memulai aktivitas online mereka dengan email. Dengan kebangkitan era smartphone seperti sekarang ini, email telah menjadi bagian yang sangat penting untuk setiap orang, dan mereka membawa email tersebut kemana pun mereka pergi ( merupakan salah satu aplikasi penting di smartphone mereka, kan? ).

Di riset lain yang diterbitkan tahun ini, terdapat 93% orang yang setidaknya berlangganan setidaknya satu email dari website tertentu dan 49% diantaranya telah melakukan pembelian sebagai efek langsung dari strategi emal marketing ini. Memang sih, ini riset yang dilakukan terhadap website mancanegara, tapi di Indonesia pun strategi yang sama memberikan hasil yang tidak jauh berbeda. Apalagi Negara tercinta kita ini adalah pasar yang sangat luas dan memiliki customer yang cenderung mudah dirayu. Nahhhh…. Itu dia!

Langkah- langkah Menggunakan MailChimp untuk Email Marketing Anda

MailChimp termasuk salah satu Autoresponder yang cukup mudah digunakan. Di bab ini, Anda akan mendapatkan panduan mulai dari mendaftar sampai dengan cara menggunakannya. Mari kita mulai!
a. Mendaftar di MailChimp
1. Kunjungi website MailChimp, kemudian pilih ‘Sign Up Free’

Lihat Gambar :
email marketing, autoresponder, mailchimp
2. Anda akan diarahkan ke form pendaftaran. Masukkan email, username dan password yang akan Anda gunakan untuk mengakses akun MailChimp Anda nanti
3. Klik ‘Create My Account’ untuk membuat akun Anda. Ketika Anda meng-klik tombol ini, berarti Anda menyetujui MailChimps ‘Term of Use’ ( peraturan dan cara menggunakan ). Salah satu yang ditekankan adalah memberi hak pada MailChimp untuk melihat dan me-review email Anda. Anda juga tidak diperbolehkan untuk mengirimkan Spam.
Lihat Gambar :
Mailchimp,membuat akun, mendaftar
4. Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi pendaftaran melalui link verifikasi yang dikirimkan ke email Anda. Cek inbox atau folder spam, dan klik link tersebut
5. Selesai

Artikel Menarik Lainnya :   5 Penyedia Layanan Email Marketing Terbaik untuk Internet Marketer

Meskipun pendaftaran Anda sudah selesai, ada hal lain yang wajib Anda lakukan sebelum boleh menggunakan akun MailChimp ini, yaitu mengisi detail identitas Anda. Anda akan diminta untuk mengisi nama, no telepon dan alamat lengkap. Anda juga perlu meng-update foto profil Anda dan mengisi informasi biodata Anda lainnya.

Lihat Gambar :
Mailchimp, personal info, biodata

b. Memahami Istilah- Istilah Dalam MailChimp
Mendaftar dan mengisi biodata sudah selesai. Selanjutnya Anda hampir siap untuk menggunakan akun MailChimp Anda. Jangan buru- buru gan, nanti kesandung :v. Sebelum melangkah lebih jauh lagi, ayo kita kenali beberapa istilah yang digunakan di MailChimp ini. Autoresponder yang satu ini memang hanya support bahasa Inggris saja. Jadi meskipun tidak menggunakan bahasa Indonesia, teman- teman wajib memahami istilah yang dipakai di platform ini.
*) a form, yaitu sebuah form yang digunakan pengunjung untuk mendaftarkan email mereka ke website Anda. Misalnya Anda pernah mendaftar untuk mendapatkan email newsletter dengna memasukkan nama dan alamat email, form ini lah yang nanti Anda gunakan.
*) al list, adalah sekumpulan orang- orang yang telah mengisi form di website untuk mendapatkan email dari Anda. Anda dapat membuat beberapa list untuk manajemen list building Anda dan memisahkan satu sama lain untuk keperluan Anda
*) Template adalah desain dari email Anda. MailChimp menyediakan beberapa template yang dapat Anda gunakan untuk mendesain email yang akan Anda kirimkan ke list Anda
*) Campaign adalah list email yang akan Anda kirimkan ke list subscriber Anda. Anda dapat menggunakan Campaign ini untuk keperluan berbagi tips gratis, mengucapkan selamat tahun baru, memberi kupon promo dan masih banyak lagi.

c. Membuat List Pelanggan dengan MailChimp
1. Di pilihan menu utama atas, pilih ‘List’, lalu ‘Create a List’

Lihat Gambar :
Mailchimp, create list, membuat list
2. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data seputar list yang akan Anda buat, yaitu:
*) List Name : yaitu nama list yang akan Anda gunakan. Anda dapat menamainya sesuai keperluan atau selera, misalnya ‘Newsletter Klien’
* Default “from” Name : yaitu nama yang akan muncul di inbox setiap orang yang menerima email Anda
*) Default “from” Email : yaitu alamat email yang akan Anda gunakan untuk mengirim newsletter Anda ke list pelanggan
*) Remind People How They Signed Up to Your List : adalah sebuah teks yang akan muncul di footer/ jejak kami di setiap email yang Anda kirimkan ke list pelanggan. Misalnya :
Anda menerima email ini karena Anda mendaftar sebagai subscriber di website kami
*) Data dibawahnya yang perlu Anda masukkan adalah identitas perusahaan atau organisasi bisnis Anda
*) Notification, ada beberapa opsi bagaimana Anda akan menerima update ketika list yang Anda buat ini memiliki pelanggan baru, yaitu ‘Daily Summary’ ( ringkasan harian ), atau ‘One by One’ ( menerima email hanya ketika ada pelanggan baru atau ada member yang berhenti berlangganan )
*) Save,list Anda sudah selesai
Lihat Gambar :
Mailchimp, list, pelanggan

 

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mendesain Logo Brand Bisnis Keren dengan Tools Online Gratisan

d. Membuat Form Pendaftaran/ Form Berlangganan Newsletter di MailChimp

Sudah tidak sabar ingin memiliki form berlangganan untuk subscriber Anda? Setelah membuat list subscriber Anda, kini Anda dapat membuat form berlangganan Anda. Ini langkah selanjutnya dalam seri tutorial ini:
1. Masuk ke panel ‘List’, lalu pilih ‘Signup Forms’
2. Ada beberapa opsi untuk membuat form berlangganan Anda, yaitu General Form, Embedded Form, Subscriber Pop Up atau Form Integration. Kita akan memulainya dengan pengaturan ‘General Form’, kita akan membuat Sign Up form dengan opsi ‘General Setting’

Lihat Gambar :
Mailchimp, sign up form, membuat form
3. Ada tiga tab yang perlu Anda perhatikan, yaitu ‘Build it’, ‘Design it’ dan ‘Translate it’
4. Di tab ‘Build it’, Anda dapat mengatur field yang tersedia. Anda bisa menambahkan field/ kotak isian atau menghilangkannya dengan meng-klik salah satu field dan pilih tanda ‘-‘ atau ‘+’. Saran kami, jangan menggunakan terlalu banyak field. Pengunjung biasanya lebih suka form berlangganan yang simple dan to-the-point.
5. Untuk mengedit teks ‘field’, klik ‘field’ tersebut hingga muncul ‘field editor’ di sebelah kanan. Misalnya di gambar ini, Saya ingin mengubah teks ‘Email Address’ menjadi ‘Alamat Email’
Lihat Gambar :
Mailchimp, form sign up, desain form
6. Lalu lanjut ke ‘Design it’ untuk mempercantik tampilan Newsletter Anda. Anda dapat mengubah warna form Anda sesuai dengan background website atau membuat kombinasi warna yang manis untuk pelanggan Anda
7. Masuk ke tab ‘Translate it’, Anda dapat memilih Indonesian ( Bahasa Indonesia ) di field ‘Set Default Language’. Anda dapat melihat form default yang berbahasa Inggris di-translate ke dalam bahasa Indonesia. Jika Anda merasa beberapa tex terjamahanan ini kurang tepat, maka Anda dapat memperbaikinya sendiri
8. Kembali ke panel ‘Sign Up form’ awal, Anda kini bisa memilih ‘Embedded Form’ atau ‘Pop-up Form’ untuk ditaruh di website Anda.
9. Anda dapat memilih desain newsletter untuk ditaruh di website Anda, terdapat empat pilihan yaitu ‘Classic’, ‘Super Slim’, ‘Naked’ dan ‘Advanced’. Untuk melihat bentuk desain tersebut secara detail, klik masing- masing tab.
10. Setelah selesai melakukan editing seperlunya, copy kode MailChimp tersebut ke sidebar atau bagian manapun di website Anda
Lihat Gambar :
Mailchimp, html, embedded, sign up form
11. Selesai, Anda kini sudah memiliki sebuah ‘Form Berlangganan’ untuk website Anda

Artikel Menarik Lainnya :   Sudah Coba PromoNavigator? Layanan Google AdWords Otomatis Pertama di Indonesia

e. Mengirimkan Email Pertama Anda ke Subscriber dengan MailChimp

Kunci sukses nya strategi email marketing adalah jalinan komunikasi dengan pelanggan Anda. Ketika seorang pengunjung mendaftar menjadi subscriber Anda, mereka memiliki kecenderungan untuk memperoleh manfaat dari Anda. Jadi, mari lakukan itu dengan membuat Campaign yang menarik dan kreatif di MailChimp
1. Di deretan menu utama, klik ‘Campaign’, lalu pilih ‘Create Campaign’

Lihat Gambar :
Mailchimp, campaign, membuat email
2. Di jendela baru, Anda akan diberi opsi untuk memilih email campaign yang ingin Anda buat. Anda dapat melihat jenis opsi tersebut sesuai dengan gambar di bawah ini :
Lihat Gambar :
campaign, memilih tipe campaign, Mailchimp
Disini kita akan membuat ‘Regular Campaign’, jadi pilih lah opsi tersebut
3. Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih list subscriber untuk mengirimkan email campaign ini, lalu pilih ‘Next’
4. Di ‘Campaign Info’, masukkan informasi campaign email Anda, antara lain:
*) Name your campaign : nama campaign / kampanye Anda. Nama campaign ini tidak dilihat oleh subscriber Anda. Gunakan nama campaign ini untuk manajemen email marketing Anda
*) Email subject : judul email Anda yang akan diterima pelanggan
*) From name : nama pengirim yang muncul di email list subscribers
*) From email address: alamat email yang muncul di list subscribers Anda
Selain field di atas, ada beberapa opsi lain di bawahnya seperti tracking, social media option dan lain- lain. Atur lah sesuai kebutuhan Anda. Setelah selesai klik ‘Next’
Lihat Gambar :
campaign, Mailchimp, mengisi campaign email
5. Langkah selanjutnya pilih desain/ template untuk campaign email Anda. Ada beberapa opsi template yang dapat Anda gunakan. Di tutorial ini, kita akan memilih template basic ( Basic Template ) dengan fitur drag dan drop editor.
Lihat Gambar :
template, Mailchimp, desain
6. Setelah memilih template Anda, klik ‘Select’. Setelah itu desain lah newsletter Anda. Anda dapat menggunakan gambar untuk mempercantik email Anda, dan mengisinya dengan teks informasi dan promosi, dan juga mencantumkan social media Anda.
Lihat Gambar :
newsletter, desain email, Mailchimp
7. Setelah selesai, pilih ‘Confirm’, dan selanjutnya Anda dapat mengatur apakah email tersebut akan langsung dikirim ( send ) atau dijadwalkan ( schedule ) kapan pengirimannya.

Sampai disini apa yang Anda inginkan untuk memiliki Autoresponder MailChimp untuk strategi email marketing Anda sudah selesai. Selanjutnya, lakukan upaya- upaya agar semakin banyak pengunjung yang tertarik untuk menjadi subscriber Anda dan biarkan subscribers Anda ini tumbuh. Lalu Anda tinggal duduk manis dan melihat bagaimana Campaign Anda ini bekerja untuk Anda.

Siap action, kan?