Bagi seorang digital marketer, hashtag bukan hal asing lagi. Hashtag dapat meningkatkan tayangan konten Anda, meningkatkan kemampuan penelusuran konten, dan bahkan mendorong lebih banyak orang untuk berbicara tentang sebuah brand.

Namun untuk bisa mendapatkan manfaat dari hashtag atau tagar secara efektif, Anda harus melakukan lebih dari sekedar menghubungkan satu jejaring sosial ke jejaring sosial lainnya. Hanya melakukan aktifitas ‘minor’ yang sama tidak akan membantu kampanye digital Anda. Inilah pentingnya menggunakan hashtag marketinglebih baik untuk srategi pemasaran bisnis kecil Anda secara keseluruhan.

 

Apa itu Hashtag dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bisa dibilang, hashtag kita gunakan untuk mengkategorikan sebuah konten. Saat seseorang menambah hashtag di konten mereka, saat itu juga hashtag mereka diindeks oleh jejaring sosial, sehingga konten mereka lebih mudah ditelusuri dan ditemukan oleh orang lain.

Misalnya saja saat seseorang melakukan pencarian di media sosial dengan meng-klik hashtag #jilbabinstan, maka mereka akan menemukan halaman dengna kumpulan semua konten yang mempunyai tagar yang sama. Konten- konten itu saling berkompetisi untuk muncul dalam pencarian teratas (Top Post) atau terbaru (Recent Post).

Beberapa platform media sosial memungkinkan orang untuk mengikuti hashtag. Saat pengguna memutuskan untuk mengikuti hashtag tertentu, maka ia akan mendapatkan notifikasi saat ada update konten terkait dengna tagar yang diikutinya.

 

Apa itu Hashtag Marketing dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Hashtag Marketing adalah praktik menggunakan tagar secara efektif untuk membantu konten Anda menjangkau audience yang Anda targetkan.

Dengan pilihan tagar yang tepat untuk sebuah konten, Anda dapat membantu meningkatkan popularitasnya, sekaligus meningkatkan keterlibatan dengan audience karena mereka berpotensi melakukan retweet/ repost/ share, komentar, atau suka. Semua aktifitas sosial ini lah yang pada akhirnya membantu memberikan lebih banyak eksposur untuk bisnis Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Brand Internasional yang Sukses Memantapkan Bisnis Mereka di Instagram

 

Jenis- jenis Hashtag untuk Mengoptimalkan Bisnis Anda

Yang perlu diketahui, tidak semua hashtag itu sama. Ada berbagai jenis tagar yang dibuat dengan tujuan yang berbeda- beda, sehingga memberikan dampak yang berbeda juga untuk sebuah bisnis.

Berikut ini adalah jenis- jenis hashtag yang wajib diketahui oleh pebisnis dan dapat digunakan untuk meraih tujuan mereka :

1. Trending Hashtag

Tagr yang satu ini adalah tagar yang menampilkan terkait topik atau even yang sedang hits atau viral di satu waktu tertentu.

Meskipun tagar ini tidak dapat diandalkan untuk keterlibatan jangka panjang, namun sangat bagus untuk meraih moment dan memanfaatkan topik yang singkat, namun sangat populer.

Tips : Gunakan tagar yang sedang nge- hits ini dengan konten yang terkait dengan topik atau event yang sedang tren untuk membantu bisnis Anda menjangkau auidnce baru yang sebelumnya mungkin tidak dapat dijangkau oleh bisnis Anda.

 

2. Niche Hashtags

Anda sedang mencari cara untuk mempermudah penemuan konten Anda? Menggunakan niche hashtags untuk komunitas, toko online, dan bisnis secara umum adalah pilihan yang baik.

Anda dapat memulainya dnegna mencari tahu apa tagar yang banyak digunakan oleh kompetitor dan influencer di niche Anda. Jika tidka yakin, Anda bisa mencoba melakukan riset hashtag seperti yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Brand Endorsement di Instagram, Untung atau Rugi?

Dengan menggunakan tagar yang berbasis niche atau konten, pemilik bisnis dapat meningkatkan kuantitas  dan kualitas follower mereka, karena pengguna yang mengikuti akun media sosial dari hasil penelusuran tagar cenderung menjadi pelanggan yang potensial.

Tips: Targetkan kelompok audiens Anda yang paling aktif menggunakan hashtag yang sesuai dengan konten yang relevan. Hal ini akan memastikan bahwa konten Anda menjangkau jenis audiens yang paling berharga.

 

3. Branded Hashtag

Branded hashtag atau tagar bermerek adalah tagar yang dibuat oleh sebuah bisnis untuk mewakili merek bisnis itu sendiri. Tagar yang satu ini membutuhkan lebih banyak kerja keras jika ingin tampil out of the box di hasil penelusuran tagar.

Namun, membuat tagar untuk merek bisnis sangat berharga. Saat dilakukan dengan benar, tagar ini berfungsi sebagai saluran langsung untuk orang- orang agar menemukan konten Anda secara khusus. Saat tagar diklik, maka mereka akan menemukan seluruh konten yang terkait dengan bisnis Anda.

Versi paling sederhana dari hashtag bermerek adalah nama bisnis itu sendiri, misalnya #tokopedia, #gojek, atau #pandagila.

Namun Anda juga bisa menjadi lebih kreatif dengan membuat tagar berdasarkan jargon atau tagline bisnis Anda, misalnya #butfirstcoffee, #cantikituputihbening, atau #pejuangdollarmillenial.

Tips : Anda dapat menyertakan tagar bermerek Anda ke hampir semua konten yang Anda posting di platform media sosial apapun untuk meningkatkan eksposur terhadap tagar bermerek Anda.

 

4. Hashtag Produk atau Spesifik Layanan

Apakah bisnis Anda menawarkan beragam produk atau layanan? Jika ya, maka menampilkan produk atau layanan Anda ke media sosial akan lebih kuat saat Anda memberi hashtag terkait produk atau spesifik layanan tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Layanan Iklan Twitter Kini Telah Tersedia di Lebih Dari 200 Negara

Seorang ahli strategi digital, Jenn Chen menjelaskan :

“Hashtag produk atau layanan dapat membantu konsumen melakukan penelitian terhadap suatu produk. Jika sebuah perusahaan menawarkan banyak produk, mungkin sulit untuk menyaring banyak foto hanya untuk menemukan beberapa yang mungkin Anda minati. Perusahaan dapat menggunakan tagar bermerek dan tanda rantai produk dalam sebuah pos.”

Tips : Selalu sertakan hashtag tertaget yang tepat pada setiap konten apapun yang terkait dengan produk atau layanan yang Anda unggah.

 

5. Hashtag dengan Ajakan Bertindak

Sebuah tagar dengan ajakan bertindak singat dapat menjadi salah satu alat pemasaran yang sangat efektif.

Misalanya saja kampanya #ShareaCoke nya Coke dan #TweetFromTheSeat Charmin yang sangat sukses. Tweet dengan ajakan bertindak ini bekerja sangat baik karena berhasil memanfaatkan sifat media sosial dan terkait dengan merek mereka secara alami.

Tips : Gunakan hanya tagar ajakan bertindak ini pada konten yang secara khusus terkait dengan kampaney itu. Jika tidak, Anda beresiko untuk mengurangi dampak dari tagar tersebut.

 

Apa Langkah Selanjutnya?

Setelah mengetahui hal ini, maka langkah selanjutnya adalah selalu menerapkan hashtag yang tepat untuk setiap konten yang Anda buat dan pemirsa yang ingin Anda jangkau. Setiap orang mungkin punya pengalaman yang berbeda terkait penggunaan hashtag ini. Maka dari itu, yang terpenting adalah selalu menganalisa setiap hal baru yang kita lakukan sebagai seorang marketer. Salah satunya, termasuk penggunaan tagar ini.

Selamat mencoba!