Saat Anda mempunyai toko online sendiri, maka memastikan ‘rumah’ Anda nyaman, menarik, dan mudah diakses adalah sebuah keharusan. Dengan mempunyai rumah berupa website yang baik, maka Anda bukan hanya mempunyai media campaign yang mumpuni untuk meningkatkan penjualan, tapi sekaligus merebut hati pelanggan kompetitor secara bersamaan. Bagaimana caranya?

Hal utama yang perlu diperhatikan dari web eCommerce adalah fitur toko online lengkap yang memudahkan pembeli dalam mengakses produk dan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Tampilan prduk harus terlihat menarik, foto terlihat jelas, dan navigasi rapi. Hal- hal tersebut memang sangat mendasar, bukan?

 

Mengoptimalkan Website Anda untuk Memikat Pelanggan Kompetitor

Sayangnya, hal- hal mendasar kerap dilupakan. Padahal, dengan kembali ke dasar dan memperhatikan detail, kita bisa mengambil hati pelanggan kompetitor dan menjadikan mereka pelanggan kita.

Maka dari itu, berikut ini adalah ringkasan trik website yang dapat Anda lakukan untuk membuat pelanggan kompetitor lari ke toko online Anda :

Hal Mendasar Tentang Website Anda

  1. Website dengan Performa yang Bisa Diandalkan

Sekalipun diakses oleh trafik tinggi sekalipun, web Anda harus tetap dalam performa terbaik. Bisa dibilang, pemilihan hosting di awal pembuatan toko online sangat menentukan. Lebih baik Anda keluar uang sedikit lebih banyak daripada berhemat tapi ujung- ujungnya bermasalah karena website sering down dan performanya tidak stabil.

 

  1. Nama Domain yang Menarik dan Mudah Diingat

Nama domain harus mudah diingat, mudah dieja, dan mudah ditulis. Dengan begitu, mereka yang sudah pernah mampir ke toko Anda akan mudah untuk kembali lagi.  Atau bisa juga orang- orang yang pernah melihat banner iklan Anda akan mudah mengingat brand toko online Anda, dan datang mengunjungi website Anda kapan saja. Contoh nama domain toko online yang mudah diingat antara lain : Zalora, eBay, Alibaba, dsb.

Artikel Menarik Lainnya :   8 Tips Meningkatkan Trafik Toko Online Anda

 

  1. Membuat Website Toko Online dengan Platform Terpercaya

Jika Anda ingin melangkah jauh, situs web toko online Anda harus menampilkan sisi professional. Hindari penggunaan sub domain seperti blogger/ blogspot. Sebaliknya, coba lah menggunakan toko online dengan CMS dan domain TLD (Top Level Domain).

 

  1. Pertimbangkan Penggunaan SSL / Https

Jika situs web Anda membutuhkan data pribadi pengguna dalam isian form order atau form pembayaran, maka penggunaan Https wajib hukumnya. Https akan membuat calon pembeli yakin bahwa situs web Anda adalah situs yang kredible dan data yang mereka isikan akan aman dan tidak disalahgunakan.

 

Fitur Toko Online

  1. Toko Online Anda harus Mobile Friendly

Lebih dari 90% pengguna internet kini menggunakan mobile dalam berselancar di internet. Jika ingin bersaing dan merebut pelanggan kompetitor, website Anda wajib untuk mobile friendly.

 

  1. Toko Online Anda harus User Friendly

Bukan hanya mobile friendly, tapi situs web Anda juga harus user friendly. Yang berarti, situs Anda membuat pelanggan nyaman dan memberi pengalaman pengguna yang baik. Untuk menjadi user friendly, beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain adalah navigasi yang mudah, kecepatan website, interface yang simple dan menarik, dan lain sebagainya.

 

Website toko online yang user friendly akan membuat pelanggan betah dan kembali lagi

via Fiverr.com

  1. Variasi Pilihan Cara Pembayaran

Variasi metode pembayaran akan membuat pelanggan merasa punya banyak pilihan. Hal ini sangat penting untuk membuat tingkat persentasi konversi menjadi lebih tinggi. Tidak jarang pembeli yang sudah ‘Checkout’ membatalkan pesanan mereka hanya karena pilihan pembayaran yang terbatas.

 

  1. Kemudahan dalam Verifikasi Pembayaran

Setelah melakukan pembayaran, verifikasi pembayaran sebaiknya dilakukan semudah mungkin. Jika memang belum bisa menggunakan Virtual Account seperti toko online raksasa, coba lah menggunakan metode angka unik untuk mempercepat pengecekan pembayaran. Anda juga bisa membuat form ‘Konfirmasi Pembayaran’ untuk mempermudah pengecekan transaksi.

Artikel Menarik Lainnya :   Suka Belanja Online? Anda Wajib Tahu Arti Kode & Istilah JNE Ini

 

  1. Kemudahan Cek Status Pembayaran dan Status Pesanan

Setelah user berhasil melakukan pembayaran, permudah lah pelanggan Anda untuk dapat menge-cek status pesanan dan status pembayaran secara berkala. Sebisa mungkin, hal ini dilakukan secara otomatis. Namun jika belum bisa, beri mereka informasi yang jelas kapan status pembayaran dan status pesanan terupdate. Misalnya saja informasi bahwa status pesanan akan diupdate setiap jam 12 siang, 4 sore, dan jam 8 malam.

 

Produk dan Harga

  1. Variasi Produk Bisa Menciptakan Daya Tarik Tersendiri

Terutama jika produk Anda berasal dari niche fashion, maka variasi produk dapat menjadi daya tarik tersendiri. Pastikan produk Anda juga ter- update dengan trend terkini dari niche Anda.

 

  1. Display Produk Terlihat Menarik dan Hidup

Tampilan produk yang menarik bukan hanya membuatnya terlihat lebih hidup, tapi juga bisa meningkatkan nilai jual di mata pelanggan. Buat lah produk Anda terlihat berbeda meski sebenarnya sama persis dengan kompetitor.

 

  1. Kualitas Produk

Selain tampilan visual dan harga, jangan lupa bahwa kualitas produk menentukan banyak hal. Jangan sampai demi menurunkan harga Anda mempertaruhkan kualitas produk. Jangna sampai juga ada anggapan bahwa display produk terlalu jauh dari kualitas sebenarnya.

 

  1. Perang Harga? Perlu kah?

Perang harga itu antara perlu dan tidak perlu. Di awal pembukaan toko online, rata- rata website akan memberikan promo harga murah untuk meng-akuisisi pelanggan dari kompetitor. Jika Anda mempunyai modal yang cukup kuat untuk melakukan hal ini, tidak ada salahnya untuk dilakukan. Pastikan Anda mempunyai pertimbangan yang cukup matang sebelum melakukannya ya.

 

Fitur Dukungan

  1. Jangan Lupakan FAQ dan Refund Policy

FAQ & Refund Policy jangan dikesampingkan. Kedua hal ini sangat vital untuk ditampilkan di website Anda sebagai bukti bahwa Anda siap memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Tokopedia Raih Kucuran Dana Rp 14 Triliun dari Alibaba

 

  1. Garansi Produk dan Informasi Pengembalian Barang

Jika toko online Anda mendukung garansi produk dan pengembalian barang, buat lah peraturan yang mendetail yang mengatur hal tersebut. Peraturan detail akan membantu Anda menghemat waktu, tenaga, dan pikiran saat ada keluhan terkait barang yang Anda jual.

 

  1. Customer Service yang Siap Membantu Pelanggan

Customer Service hebat yang siap membantu pelanggan adalah nilai plus yang sangat bernilai. Jika Anda mempunyai satu hal ini dan kompetitor Anda tidak, akan mudah untuk merayu pelanggan kompetitor menjadi loyal pelanggan di toko Anda. Customer Service dapat tampil di fitur live chat atau channel social media toko online Anda, seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

 

Strategi Marketing yang Mumpuni

  1. Toko Online Anda Harus Optimal di Mesin Pencari

Entah itu dengan SEO atau Google AdWords, toko online Anda harus tampil optimal di mesin pencari. Dengan begitu, trafik dan lead potensial akan masuk ke toko online Anda dan siap untuk dikonversi menjadi pembeli.

 

  1. Social Media Ads dan Social Media Marketing

Kombinasi keduanya sangat powerful terutama saat produk Anda termasuk jenis impulsive product atau interest bases (berbasis minat/ ketertarikan).

 

  1. The Power of Email Marketing

Email marketing masih sangat efektif untuk meningkatkan penjualan saat dikelola dengan baik. Bukan hanya untuk hard-selling, email marketing juga bisa digunakan sebagai media soft-selling, informasi brand/ produk, broadcast promo, press release, dan lain sebagainya.

 

  1. Strategi Bakar- Bakar Duit

Strategi bakar- bakar duit bisa dibilang strategi yang tidak kreatif, tapi terbukti sangat efektif. Anda bisa menggunakan strategi ini dengan membuat promo gila yang nyaris tidak masuk akal atau beriklan secara brutal. Meskipun menyengsarakan, strategi ini terbukti sangat efektif dalam meng- akuisisi user baru atau customer kompetitor menjadi pelanggan Anda.