Mempunyai situs toko online sendiri memang menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Anda akan lebih bebas dalam berkreasi dan berinovasi mengembangkan bisnis Anda ke arah yang lebih baik lagi. Salah satu caranya adalah dengan mengoptimalkan strategi digital marketing untuk mendatangkan pembeli sebanyak- banyaknya.

Sebelum bereksperimen dengan media sosial, atau marketplace branding, pastikan website toko online Anda sudah teroptimasi dengan baik. Salah satu tanda bahwa situs web Anda sudah teroptimasi dengan baik adalah jumlah trafik dan lead yang mumpuni. Sudahkah situs web Anda memenuhi ekspektasi Anda terhadap hal tersebut?

 

Cara Mendatangkan Banyak Trafik ke Toko Online

Banjir trafik untuk toko online yang baru memang bukan hal yang mudah. Seringkali pemilik toko online dipusingkan dengan perkara sulitnya mengoptimalkan SEO karena Toko Online tidak didesain seperti blog yang bisa mempunyai banyak konten padat dan informatif. Bisa saja sebenarnya memaksakan konten padat dan informatif di beberapa halaman atau produk, namun jika terlalu dipaksakan, tampilan toko online justru bisa tidak eye catching.

Meski begitu, Anda tetap bisa menerapkan beberapa tips berikut ini untuk mendatangkan banyak trafik toko online :

1. Menentukan Persona Buyer

Langkah penting pertama, coba lah mengidentifikasi karakteristik pembeli Anda. Goal yang akan diraih dari aktifitas ini adalah menentukan target pasar yang tepat. Pikirkan apa saja hal- hal yang membuat pembeli Anda senang, sedih, karakter dasar mereka, lifestyle mereka, aktifitas mereka, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya :   Banjir Pembeli dan Follower dari Instagram untuk Online Shop 2018

Saat menentukan persona buyer, hindari menentiukan target pembeli yang terlalu umum, misalnya “ibu-ibu”, “remaja”, atau “milenial”. Buat lah buyer persona Anda se-spesifik mungkin agar Anda semakin mudah dalam menentukan langkah awal untuk mencari calon pembeli toko online Anda.

 

2. Optimalkan Point- Point SEO

Toko Online biasanya tidak menerapkan strategi SEO On Page secara mendetail, seperti menggunakan banyak keyword yang dibidik dalam deskripsi produk. Meski begitu, point- point SEO tetap perlu diterapkan sebaik- baiknya tanpa terlalu memaksa.

 

3. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial adalah platform yang tepat untuk mempromosikan toko online Anda. Anda bisa mengkombinasikan Facebook Page untuk bisnis, Instagram, Pinterest, dan Twitter. Selain untuk mempromosikan produk, Anda juga bisa menginformasikan lokasi dan jam operasional toko online Anda. Jangan lupa juga mengatur foto cover dan foto profil sesuai identitas brand Anda. Bangun dan optimasi media sosial Anda dengan sebaik- baiknya.

5 Media Sosial terbaik untuk Promosi Bisnis dan Jualan Online

Salah satu trik yang bisa Anda terapkan untuk akun media sosial Anda adalah menggunakan tone warna yang mencerminkan bisnis Anda. Buat lah tampilan feed yang manis untuk akun Instagram Anda. Sedangkan Twitter dan Facebook lebih cocok digunakan sebagai media layanan dan komunikasi untuk pelanggan.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memulai Bisnis Dropship dan Reseller- Bisnis Tanpa Modal

 

4. Membuat Promosi Khusus

Promosi adalah salah satu cara terbaik untuk mendatangkan pengunjung ke website kita. Promosi yang diberikan bisa berupa kupon atau voucher belanja untuk pembelian pertama atau pembelian produk kategori tertentu. Dengan promosi ini, Anda sekaligus dapat menghimpun subscriber yang bisa digunakan dalam strategi email marketing.

 

5. Strategi Email Marketing

Lanjutan dari point #4, saat subscriber sudah mulai bertumbuh, manfaatkan lah list yang Anda miliki untuk strategi email marketing. Anda bisa membuat konten promosi mingguan, sharing pengalaman pengguna (testimoni), dan memberikan informasi produk dengan iming- iming copywriting yang ciamik.

 

6. Marketplace Branding

Tidak diragukan lagi, marketplace sering menjadi rujukan utama calon pelanggan untuk melihat produk dan harga. Maka dari itu, jangan ragu untuk membuka cabang toko online Anda di satu atau beberapa marketplace. Di bagian profil, berikan deskripsi seputar produk dan brand toko online Anda.

Saat mengarahkan calon pembeli ke toko Anda sulit karena dibatasi oleh policy marketplace, Anda bisa menyisipkan copywriting softselling yang memancing konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut tentang toko online Anda. Rasa ingin tahu mereka ini lah yang akhirnya mendorong mereka masuk ke situs web Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   SEO Tokopedia : Tips Mengoptimalkan Produk Anda Agar Tampil Teratas di Pencarian

 

7. Digital Advertising

Trafik berbayar? Mengapa tidak! Anda bisa mendorong trafik yang matang ke situs web Anda dengan memanfaatkan iklan berbayar, baik itu Google Adwords maupun Facebook/ Instagram Ads. Dengan Adwords, mereka yang mencari produk Anda di mesin pencari akan lebih mudah dalam menemukan toko online Anda. Sedangkan Facebook, dengan targeting yang tepat, Anda akan menjangkau ratusan atau jutaan audience yang mempunyai minat terhadap produk Anda.

 

8. Affiliate Marketing/ Reseller

Anda tidak harus bekerja keras sendirian untuk mendatangkan trafik dan penjualan ke toko online Anda. Dengan membangun affiliation, Anda mengajak affiliate marketer atau reseller untuk mempromosikan toko online Anda dan meningkatkan penjualan secara langsung. Sebagai gantinya, Anda memberikan komisi untuk setiap penjualan yang mereka lakukan. Yang perlu diingat, jika Anda menggunakan tips #8 ini, pastikan Anda sudah mempersiapkan scheme yang matang terlebih dulu.

 

Sudah siapkah Anda mendatangkan lebih banyak trafik untuk toko online Anda? Selamat mencoba!