SEO dan Sosial Media kini adalah dua hal yang memiliki hubungan akrab. Berbeda dengan era SEO beberapa tahun yang lalu dimana kehadiran sosial media hanya benar- benar sebatas sosmed semata. Di era terkini, memanfaatkan sosial media wajib hukumnya untuk para SEO-ers dan pelaku bisnis online.

Tidak bisa dipungkiri lagi, media sosial memiliki peranan yang cukup vital untuk mempengaruhi peringkat website Anda di hasil pencarian. Tidak heran, para SEO-ers dan blogger pun harus aktif di dunia maya demi meningkatkan ranking website nya. Bukan hanya itu saja, Anda ingin mendapatkan trafik gratis dengan cepat dan mudah? Gunakan lah sosial media dengan cerdas. Anda tidak perlu menunggu beberapa bulan seperti teknik SEO yang sebelumnya Anda maksimalkan itu.

 

Cara Menggunakan Sosial Media untuk Meningkatkan SEO Blog

Sosial media itu ibarat menggunakan alat – alat memasak untuk memasak. Dengan penggunaan yang tepat dan cerdas, Anda bisa menghasilkan masakan yang enak untuk disantap dan pastinya disukai oleh banyak orang. Tapi sebaliknya, jika Anda tidak pintar dalam menggunakannya, maka Anda bisa menghasilkan masakan sampah yang bahkan Anda sendiri tidak akan menyukainya.

Sama halnya dalam kehidupan real di sosial media saat ini. Tidak sedikit orang yang meskipun sudah lama eksis di sosial media tapi tidak tahu bagaimana cara menggunakan sosial media yang tepat dan cerdas. Sebaliknya, ada beberapa orang yang karena ingin mendapatkan manfaat dari sosmed ini, akhirnya mereka mencoba terjun dan belajar, akhirnya bisa menggunakan sosial media untuk keperluan blogging dan berjualan online. Anda pilih yang mana?

Kembali lagi ke topik utama, akan seberapa bagus hasil optimasi Sosial media Anda untuk SEO sangat tergantung dari bagaimana Anda menerapkannya, bukan dari teori yang Anda baca. Silahkan simak ulasan kami untuk meningkatkan ranking SEO dengan sosial media :

1. Bangun Fan base atau Basis Follower
Sebuah akun sosial media tidak akan artinya tanpa basis follower atau fanbase. Itulah kenapa Saya memilih untuk menaruh basis #follower ini sebagai langkah awal untuk SEO dengan sosial media. Memiliki basis fans dengan jumlah banyak dan berkualitas tinggi akan mempengaruhi pencarian website Anda di mesin pencari. Follower berkualitas tinggi disini adalah real follower atau follower yang benar- benar nyata di akun sosmed Anda, bukan dari bot, sehingga di dalam sosial media tersebut benar- benar ada interaksi antara akun dan follower-nya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mengubah Akun Instagram dari Profil Pribadi menjadi Profil Bisnis

Dengan fanbase yang bagus dan berkualitas, maka akun sosmed Anda akan memiliki engagement atau keterlibatan yang cukup bagus antar penggemar. Engangement ini bisa berarti likes, comment dan share jika di Facebook, retweet atau favorit di Twitter dan pemberian + di Google Plus.

Ketika engagement di akun sosmed Anda bagus atau biasa disebut memiliki social signal yang baik, maka mesin pencari dapat melihat dan menganalisa aktifitas tersebut. Social signal ini adalah salah satu faktor yang sangat penting di era SEO modern ini. Semakin baik social signal, maka popularitas website Anda semakin baik di mesin pencari.

Tapi kembali lagi, pastikan interaksi ini berasal dari follower berkualitas, bukan follower bot atau juga dengan akun- akun palsu ( kloningan ) di Facebook. Follower berkualitas rendah justru bisa membahayakan akun Anda. Bisa jadi jika Facebook mendeteksi adanya interaksi yang mencurigakan mereka dapat memberkan penalty pada akun sosial media Anda dan hal ini bisa berbuntut juga pada penalti oleh Google berupa penurunan peringkat yang lebih rendah. Tentu Anda tidak mau hal ini terjadi, kan? Maka dari itu, gunakanlah strategi yang ‘halal’ untuk menumbuhkan fanbase Anda.

2. Buat lah Konten yang Menarik dan Mudah Dibagikan oleh Follower Anda
Ketika membuat #konten untuk akun sosial media Anda, pikirkan lah konten yang disukai oleh fans Anda, bukan Anda. Sebagai inspirasi, Anda bisa sering- sering melihat newsfeed Anda dan melihat tipe- tipe postingan yang sering mereka bagikan. Sambil menyajikan konten yang mereka sukai, sesekali keluarkan lah konten Anda andalan Anda yang membawa mereka ke website Anda.Membagikan konten website Anda boleh semakin sering ketika fanbase Anda sudah benar- benar terbentuk. Kalau belum ya tunggu, sabar dulu bro’. Biar bagaimana pun tujuan orang menggunakan akun sosial media adalah untuk bersosialisasi. Jadi jangan buru- buru mengajak mereka untuk datang ke website Anda atau membeli produk sebelum Anda benar- benar cukup dekat dengan mereka. Kalau tidak ya siap- siap Anda mendapatkan zong.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Prinsip Dasar SEO yang Tidak Lekang oleh Waktu dan Algoritma Google

Salah satu hal penting yang perlu diingat juga adalah untuk menyetting akun sosial media Anda ke publik, bukan private. Di YouTube, Twitter, Instagram dan Pinterest, beberapa blogger kerap memilih untuk menggunakan private profil. Jika memang Anda sengaja membentuk komunitas rahasia, ya tidak masalah. Tapi jika tujuan Anda adalah untuk meningkatkan rangkin blog dan pengunjung, ini haram dilakukan.

Sama halnya dengan Facebook, pastikan privasi Anda di setting untuk dapat dilihat semua orang, bukan hanya teman ( Friend ) atau hanya Anda. Untuk dapat melihat setting an Anda silahkan masuk ke ‘Setting’ ( Pengaturan ) >> ‘Privacy’.

Dengan konten yang menarik dan kemudahan untuk berbagi pada setiap orang akan membuat akun sosial media tumbuh dengan lebih baik dan tentunya postingan Anda berpotensi untuk dibaca dan di-klik oleh lebih banyak orang. Mendorong pengguna untuk membagikan konten Anda adalah salah satu strategi bagus untuk meningkatkan posisi Anda di pencarian.

3. Penempatan Keyword di Konten Sosial Media Anda
Keyword bukan hanya penting untuk konten blog dan website Anda, tapi juga untuk sosial media. Misanya di Pinterest, salah satu strategi bagus untuk mendapatkan rangking bagus di mesin pencari adalah dengan menggunakan kata kunci yang dibidik dalam Pin atau boards. Sama halnya dengan channel YouTube, penemepatan kata kunci yang tepat akan membawa lebih banyak trafik ke channel video dan juga website sekaligus.

Hal yang sama juga berlaku untuk akun sosial media lainnya. Dengan menggunakan #keyword yang dibidik, maka konten Anda akan semakin mudah ditemukan, apa pun platform sosial media yang Anda gunakan. Sebagai catatan, penggunaan keyword ini bisa Anda gunakan langsung dalam deskripsi status atau sebagai hashtag ( # ).

4. Lakukan Link Building dengan Akun Social Media Anda
Seorang blogger pasti sudah sangat familiar dengan link building, ya? Nah, bukan rahasia lagi bahwa link building ini memiliki peranan yang sangat penting untuk SEO. Link building bukan hanya dilakukan terhadap Web 2.0 atau social bookmark, tapi juga social media.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengunci Akun Instagram ( Private ), Lebih Banyak Untung atau Ruginya??

Di era SEO moder, link di sosial media dianggap berkualitas tinggi dibandingkan dengan jenis link social bookmark yang semakin menurun nilainya. Dan mungkin ini bukan pertama kalinya Anda mendengar betapa pentingnya untuk menaruh link website Anda di setiap social media yang Anda miliki. Link yang Anda taruh di akun sosial Anda ini dikenal dengan istilah ‘social profile link’.

Selain menaruh social profile link, Anda juga dapat memposting konten baru Anda ke sosial media seperti Twitter dan Facebook untuk meningkatkan trafik ke situs web Anda sekaligus mendongkrak rangking pencarian. Nilai plus lagi jika follower Anda ikut membagikan konten Anda dengan meng-klik tombol share sehingga berpotensi untuk menghasilkan lebih banyak trafik gratis lagi.

5. Buat lah Local Listing
Di point terakhir sekaligus penutup, jangan lupa untuk mendaftarkan alamat situs web Anda atau bisnis Anda di local listing Google+ agar semakin banyak customer yang dapat melakukan review terhadap bisnis Anda secara langsung di Google. Jika bisnis Anda sering mendapatkan nilai yang bagus, maka Anda bisa mendapatkan rekomendasi gratis dari Google agar bisnis Anda semakin dikenal oleh banyak orang. Menarik, bukan?Eitsss, bukan hanya di Google+ saja, pastikan juga Anda mendaftarkan lokasi bisnis atau web Anda di halaman Facebook juga. Caranya adalah dengan menuliskan alamat bisnis Anda di setting an fanpage. Anda bisa juga menuliskan hari dan jam buka sehingga customer dapat menghubungi Anda sesuai dengan jam buka bisnis Anda. Manfaat mengaktifkan fitur ini adalah dapat membuat customer Anda lebih mudah menemukan bisnsi Anda dan check in. Semakin banyak search engine mengenali aktifitas ini di akun sosial media Anda, maka akan semakin bagus untuk SEO, khususnya SEO Lokal.
local listing,facebook,map

 

Kapan Anda akan siap untuk mulai mengelola akun sosial media Anda dengan lebih baik lagi? Dengan pengelolaan yang baik dan konsisten, pasti akun sosmed Anda akan mendongkrak peringkat SEO Anda dengan maksimal. Percaya deh! 🙂