Di tahun 2018 ini, harus diakui ada beberapa perubahan besar di Instagram dan Facebook. Jika dulu banyak pelaku online shop menggunakan akun klonengan, SFS agresif dan tool secara brutal masih oke- oke saja. Kali ini mereka dipaksa untuk lebih bermain safe dan santai.

Well, tool pihak ketiga masih oke untuk dipakai sebenarnya, tapi mungkin Anda perlu untuk mengatur ritmenya menjadi lebih slow, jangan brutal. Dari beberapa mastah yang Saya kenal sebagai pakar Instagram marketing, mereka sendiri punya evaluasi dan analisa apa yang membuat toko Instagram mereka menjadi lebih terlihat dan mendatangkan pembeli.

 

Rumus Main Instagram untuk Online Shop di Instagram 2018

Untuk mengoptimalkan toko Anda agar ramai pengunjung dan penjualan meningkat, ada beberapa tips best practice ala pakar Instagram Marketing yang bisa Anda gunakan, yaitu sebagai berikut :
1. Follow unfollow 50 orang per hari
Banyak pelaku toko online yang merasa fine- fine saja dengan melakukan follow unfollow lebih dari 100 orang per hari. Namun, seiring dengan update yang dilakukan Instagram, lebih safe dan optimal untuk follow unfollow di kisaran angka 50 saja.

Artikel Menarik Lainnya :   11 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengubah Akun Instagram Pribadi Menjadi Profil Bisnis

2. Terkait Jumlah Postingan
Ada perubahan tampilan di pencarian hashtag (explore) dimana selain menampilkan Top Post (Teratas), kini juga menampilkan Recent Post (terbaru). Yang artinya, mereka yang posting lebih sering akan berpeluang untuk lebih dilihat oleh calon pengunjung.

Tapi bukan berarti Anda harus melakukan spam, karena hal ini justru membuat #follower Anda merasa ilfil. Yang direkomendasikan, cobalah untuk posting 9-15 postingan per hari. Postingan ini bukan diposting sekali waktu, melainkan dibagi menjadi 3 sesi. Jatahnya kurang lebih 3-5 postingan di pagi, siang, dan malam.

3. Mainkan Hashtag, Jangan Pakai Hashtag yang Sama Terus
Jumlah hastag yang direkomendasikan untuk toko online adalah 10-15 hashtag popular. Untuk menemukan hashtag popular, Anda bisa melakukannya dengan cara riset hashtag. Yang penting untuk Anda pastikan, jangan gunakan hashtag yang selalu sama di setiap postingan. Setiap postingan yang Anda post di satu waktu yang sama, minimal harus ada dua hashtag pembeda.

Artikel Menarik Lainnya :   Benarkah IGTV Akan Menjadi Ancaman Serius untuk YouTube?

4. Instastory juga penting agar toko Anda terlihat hidup dan menarik
Instastory juga menjadi ‘mainan’ wajib untuk toko online di 2018 ini. Buat lah minimal 5-9 instastory setiap hari. Sulit? Kalau memang sedang tidak ada bahan, coba saja untuk screenshot feed Instagram Anda atau repost video yang kemarin digunakan. Pastikan Anda mengetik 3 hashtag di setiap instastory Anda. Jika Anda menggunakan screenshot feed Instagram, pastikan feed Anda terlihat rapi dan eye catchy.

5. Lebih responsif terhadap follower dan pengunjung yang ingin engage dengan toko online Anda
Jika empat langkah di atas sudah dilakukan, coba lah membangun interaksi dengan mereka. Caranya, misalnya memberi suka di postingan mereka, dan juga memberi komentar secara random. Saat ada pesan atau komentar yang masuk di akun Anda, usahakan untuk selalu dibalas dalam waktu satu jam.

Disclaimer : Tips ini adalah tips yang sudah terbukti meningkatkan penjualan dan follower untuk toko online oleh para pakar Instagram Marketing. Tapi bukan menjamin Anda mendadak kaya dari Instagram. Semua butuh proses dan konsistensi, serta setiap orang bisa mendapatkan hasil yang berbeda- beda

Jika Anda konsisten menerapkan tips ini selama minimal seminggu atau dua minggu berturut- turut, maka yakin lah ada peningkatan penjualan dan follower yang cukup signifikan untuk toko online Instagram Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memulai Bisnis Dropship dan Reseller- Bisnis Tanpa Modal

Selamat mencoba!