Kepercayaan dan reputasi adalah modal penting untuk sebuah toko online. Dengan dua hal tersebut, maka transaksi dalam toko online Anda akan lancar jaya dan laris manis. Meskipun toko online sudah hits, namun di era yang rawan penipuan seperti ini, tidak sedikit orang yang masih ragu untuk bertransaksi secara online. Ini lah kenapa Anda harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas online shop Anda.

Apa saja keuntungannya jika toko online Anda memiliki reputasi yang bagus di mata customer? Yang pasti mereka akan yakin untuk membeli di toko Anda. Ketika mereka membeli dan mendapatkan apa yang mereka inginkan, repeat order bisa terjadi dan Anda dapat menjangkau pasar yang lebih luas karena customer yang puas akan cenderung menyebarkan informasi tersebut kepada orang- orang di sekitar mereka. Mau kan punya online shop yang laris manis? Kalau iya, silahkan meneruskan membaca artikel ini ^_^


Tips Agar Toko Online Anda Dipercaya oleh Konsumen Online

Tentu saja reputasi dan kepercayaan bukan lah yang mudah untuk didapatkan. Namun bukan berarti tidak bisa! Ikuti lah tips ini dan secara perlahan toko online Anda akan memiliki nilai ‘trust’ yang mantap di mata konsumen :

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memulai Bisnis Dropship dan Reseller- Bisnis Tanpa Modal

1. Menggunakan Domain .co.id
Apa sih domain .co.id? Wajib kah? Domain .co.id adalah domain resmi yang digunakan oleh website- website local di Indonesia. Website dengan menggunakan domain ini sudah pasti memiliki nilai trust yang tinggi karena berarti si pemilik serius dalam menggarap bisnis nya. Domain jenis ini pun adalah jenis domain yang tidak bisa sembarang didapatkan. Untuk mendapatkannya, si pemiliki harus memiliki dokumen resmi seperti KTP, SIUP, dokumen penunjang lainnya dan juga surat pernyataan bahwa domain yang di register berbeda dengan nama perusahaan.

Wah, ribet dong harus ada SIUP segala? Yes, memang. Maka dari itu, tidak semua bisnis bisa memiliki domain ini. Untuk memiliki domain ini memang prosedurnya cukup njelimet. Maka dari itu, hanya orang- orang yang memang serius dengan bisnis nya lah yang mau mendapatkan domain .co.id ini.

2. Menerima COD, Meskipun Ada Syarat dan Ketentuan
Jika dari awal Anda menegaskan menolak system COD, maka konsumen bisa langsung skeptis dan berpikir toko online Anda tidak kredibel atau mau melakukan penipuan. Padahal tidak gitu juga, ya? Untuk mengatasi ini, usahakan terima lah transaksi COD dengna syarat dan ketentuan tertentu sesuai dengan kemampuan atau kapasitas #bisnisonline Anda saat ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Benarkah Fitur Live Chat di Website Bisa Meningkatkan Konversi Penjualan?

Misalnya Anda hanya bisa melakukan COD untuk wilayah Jakarta Barat saja, atau COD untuk minimal belanja Rp 100.000. Dengan kesepakatan dan fasilitas yang Anda berikan, maka konsumen akan nyaman dan puas dengan toko Anda. Bukan hal yang tidak mungkin bila selanjutnya konsumen tersebut menjadi pelanggan Anda, bukan?

3. Kumpulkan Testimoni Pelanggan
Testimoni pelanggan ini hukumnya wajib. Bukan hanya membuat konsumen percaya pada online shop Anda, tapi testimoni secara tidak langsung juga dapat merayu konsumen agar membeli produk Anda. Jadi, sediakan lah halaman khusus yang memuat testimoni pelanggan yang sudah membeli. Untuk testimoni ini usahakan berupa screenshot percakapan di text messeging atau social media, seperti BBM, WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya. Tipe testimoni ini memiliki kekuatan tersendiri daripada teks yang ditulis ulang.

4. Verifikasi Toko Online mu di PolisiOnline.com
Jika Anda sering mengunjungi toko online, maka Anda bisa jadi cukup familiar dengan badge ‘verified by Polisi Online’, kan? Nah, Anda juga dapat melakukan tips ini untuk toko online Anda. PolisiOnline.com ini sendiri adalah sebuah web portal yang dibuat untuk menganalisa mana saja toko yang jujur dan mana yang penipu. Kunjungi lah web nya dan daftarkan toko online Anda untuk direview dan selanjutnya diverifikasi. Jika online shop Anda lulus tes, maka akan dimasukkan ke dalam kategori toko online yang aman. Disini Anda akan mendapatkan badge “verified by Polisi Online” yang dapat dipasang di website Anda. Jika Anda tidak bisa mendapatkan domain .co.id, setidaknya cara ini cukup membantu meningkatkan reputasi ‘trust’ Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Menangkap Peluang Bisnis Online yang Paling Menguntungkan

polisi online,toko online

5. Jangan Kecewakan Konsumen
Jika ingin toko online Anda sukses dan dipercaya, jagalah kepuasan pelanggan. Jangan menjanjikan sesuatu yang tidak dapat Anda penuhi. Jangan juga PHP konsumen  dengan memajang produk bagus, namun ternyata produk yang Anda berikan tidak sesuai. Ada juga pemilik toko yang mengatakan produknya original, padahal ternyata hanya KW. Hal- hal seperti ini kerap tidak sadar membuat pelanggan kecewa dan akhirnya mereka lari ke kompetitor dan menyebarkan informasi buruk untuk toko dan produk Anda. Kalau sudah seperti ini, siapa pihak yang paling dirugikan? Nah, berpikirlah dua kali sebelum melakukan tindakan yang merugikan konsumen.

Jika Anda serius ingin membangun toko online Anda, maka sangat penting untuk menjaga kepercayaan calon konsumen. Jadi, mari lakukan itu!