Ada banyak cara untuk mendapatkan penghasilan secara online. Selain melakukan monetize pada website berbasis konten/ blog, salah satu cara paling populer saat ini adalah dengan membangun toko online Anda sendiri.

Membangun toko online sendiri bisa saja mudah, namun bisa juga sulit. Ada beberapa tantangan yang harus Anda hadapi, misalnya terkait stok, modal, pengiriman, kompetitor, dan pemasaran. Khususnya bagi pemula, kadang kita dihadapkan dengan kesulitan bagaimana caranya untuk mulai memasarkan produk kita.

 

25 Cara untuk Menghasilkan Penjualan dari Toko Online Anda

Sudahkah Anda siap dengan produk Anda? Tidak peduli apakah Anda men- stok barang Anda sendiri atau menjual dengan menjadi reseller atau dropshipper, hal pertama sebelum berjualan online adalah mengenal produk yang Anda jual.

Jika Anda sudah selesai dengan produk, maka langkah selanjutnya adalah mendapatkan penghasilan optimal dari toko online Anda. Anda dapat mencoba satu, beberapa, atau bahkan semua strategi di bawah ini :

  1. Persiapkan Foto Produk

Setelah Anda selesai Anda dengan produk, tugas pertama Anda adalah menampilkan produk Anda dalam balutan yang manis dan menarik. Buatlah foto produk yang jelas, menampilkan sisi penting dari produk tersebut, dan terlihat menarik sesuai fungsinya.

 

  1. Persiapkan Media Promosi

Media promosi yang dimaksud disini dibagi dalam dua kategori, yaitu gambar visual dan video. Gambar visual bisa berupa banner produk, sedangkan video bisa berupa live video atau slide foto produk jika Anda kesulitan untuk membuat live video. Mempersiapkan media promosi akan membuat tugas Anda dalam menjual menjadi semakin mudah.

 

  1. Buat Akun Media Sosial Anda, Pisahkan Akun Personal dan Akun Khusus Berjualan

Setelah mempersiapkan media promosi, coba lah untuk membuat akun media sosial untuk toko online Anda. Khusus di awal, Anda tidak harus mempunyai toko di semua media sosial. Prioritaskan saja Instagram dan Facebook terlebih dulu karena base audience dua platform ini adalah yang terbanyak saat ini.

Akun untuk berjualan harus Anda pisahkan dengan akun personal Anda. Meski tidak ada larangan jika sesekali Anda ingin mempromosikan produk Anda di akun pribadi. Namun sebaliknya, hindari posting hal- hal pribadi di akun berjualan, kecuali memang urgensi nya tepat.

Selanjutnya, pastikan Anda membuat profil yang menggambarkan toko online dan produk Anda. Cantumkan tagline, kontak dan cara pemesanan di toko Anda.

 

  1. Broadcast Text Message

Seringkali customer pertama adalah orang- orang terdekat Anda. Maka dari itu, jangan sungkan untuk mempromosikan toko online Anda kepada saudara, teman sekolah, atau teman kantor. Anda juga bisa memberi diskon tertentu dengan iming- iming untuk diskon ini hanya untuk 100 customer pertama saja.

 

  1. Berikan Sampel Gratis

Memberi sampel gratis juga bisa menjadi media promosi pancingan untuk mempermudah orang- orang mengenal toko online Anda. Namun jangan sekedar memberi sampel gratis, ajak mereka untuk ikut mempromosikan toko online Anda ke teman- teman mereka.

Atau dorong mereka agar mau memposting sampel yang Anda berikan di akun media sosial mereka dengan men-tag akun Anda. Anda bisa memberi iming- iming diskon untuk pembelian selanjutnya agar mereka mau melakukannya.

Artikel Menarik Lainnya :   Tokopedia Raih Kucuran Dana Rp 14 Triliun dari Alibaba

Meskipun ada label ‘gratis’, pastikan Anda mendapatkan feedback yang menguntungkan untuk mendorong penjualan toko online Anda.

 

  1. Berikan Harga Promo

Harga promo? Kenapa tidak! Ada bisa membuat materi promo berupa harga spesial untuk xxx pembeli pertama. Buat lah promo ini terlihat eksklusif berbatas sehingga membuat banyak orang yang melihatnya akan sayang untuk melewatkan promo yang Anda berikan. Harga promo dapat Anda tampilkan dengan memberi harga coret, dan harga setelah diskon dengan paduan warna yang mencolok. Hal yang penting untuk diingat, pastikan Anda sudah memperhitungkan margin penjualan.

 

  1. Buat lah Testimoni dari Orang Sekitar

Sampel gratis Anda berbuah testimoni yang manis dari orang- orang di sekitar Anda? Manfaatkan momentum ini sebagia media promosi. Buat lah video singkat tentang kesan positif terhadap produk Anda, dan posting konten tersebut di semua akun media sosial Anda. Dengan testimoni, toko online Anda akan terlihat lebih trusted di mata calon pembeli.

 

  1. Optimasi Akun Social Media Anda

Ada banyak cara yang dilakukan oleh pebisnis online terhadap akun media sosialnya. Dari awal, Anda harus membuat gambaran jelas, goal seperti apa yang ingin Anda capai dan bagaimana cara mencapainya.

Misalnya, apakah goal brand atau toko online Anda di akun media sosial adalah untuk sekedar branding, engagement tinggi dengan viral konten, atau murni menjadi akun Anda sebagai product catalog (murni untuk berjualan)?

Jika murni untuk berjualan, maka buat lah Instagram Anda tampil dengan tatanan feed yang menarik. Update konten harus Anda lakukan secara aktif dan konsisten. Anda juga harus menggunakan hashtag yang tepat agar saat calon pembeli mencari produk Anda melalui hashtag, maka produk Anda akan mudah ditemukan.

 

  1. Promosi di Facebook Group

Selain berjualan di akun resmi toko online Anda atau promosi di akun personal, Anda juga bisa memanfaatkan Facebook Group untuk mempromosikan toko online Anda. Untuk Facebook Group, sebaiknya Anda memperhatikan peraturan dari grup tersebut karena tidak semua grup mengijinkan anggotanya untuk berjualan, atau biasanya mereka memberikan hari khusus untuk berjualan online.

Selain itu, perhatikan juga anggota Facebook Group tersebut. Apakah sesuai dengan target market Anda? Atau kebanyakan justru bukan target market Anda. Karena jika tidak sesuai, maka usaha Anda akan menjadi sia- sia. Maka dari itu, coba lah untuk membuat list Facebook Group yang potensial untuk Anda gunakan sebagai media berpromosi.

 

  1. Gunakan Buzzer/ Influencer/ Endorser

Banyak sekali pemilik toko online yang menggunakan jasa buzzer/ influencer/ endorser. Mengapa? Karena memang masing- masing dari mereka mempunyai kekuatan tersendiri untuk mendongkrak popularitas sebuah akun media sosial. Manfaat yang diperoleh seringkali langsung terasa, seperti kenaikan jumlah follower atau bahkan penjualan secara langsung.

 

  1. Gunakan Jasa Paid to Promote

Selain buzzer, influencer, dan endorser, strategi Paid to Promote juga layak Anda coba. Pemilik toko online biasanya akan memilih akun dengan follower banyak, dan memperhatikan karakter follower dari akun yang diincarnya tersebut. Jika karakter follower tersebut memang mendekati dengan target market, maka Paid to Promote akan menjadi pilihan yang menarik untuk dicoba.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Cara Cerdas untuk Meningkatkan Omset dengan Up Selling

 

  1. Buat Give Away atau Kontes

Give Away adalah salah satu strategi yang bisa menghasilkan beberapa keuntungan untuk akun media social Anda, yaitu engament, follower, traffic, sekaligus penjualan. Salah satu strategi give away yang sering dilakukan oleh para pebisnis online adalah Spam Likes, Free Give Away.

 

  1. Buat Channel YouTube

Sudah punya konten video? Ini artinya Anda siap mempromosikan toko online Anda via YouTube. Buat lah channel YouTube sesuai dengan toko online Anda, lalu rajin lah melakukan review dan promosi produk Anda melalui channel tersebut.

Karena jaman now banyak orang sangat tertarik dengan konten berbentuk video, maka video promotion akan menjadi salah satu cara ampuh untuk menghasilkan penjualan dari toko online Anda.

 

  1. Buat Channel IGTV

Selain YouTube, kini ada juga IGTV di Instagram. Sudah banyak pebisnis online yang menggunakan platform ini untuk mempromosikan produk mereka melalui video durasi panjang yang tidak bisa tayang penuh di Instagram. Ini adalah bukti bahwa IGTV akan menjadi salah satu media promosi yang keren untuk toko online Anda.

 

  1. Buka Cabang Toko Online Anda di Marketplace

Mau toko online Anda cepat menghasilkan penjualan? Dengan buka cabang di marketplace, hal ini akan sangat mudah terjadi. Ada banyak marketplace di Indonesia yang layak untuk Anda coba. Jangan lupa untuk pelajari trik dan TOS masing- masing marketplace ya.

 

  1. Promo Berbayar di Marketplace

Selain promosi secara organik (seperti promo setiap satu jam di Tokopedia secara gratis), Anda juga bisa memanfaatkan promo berbayar yang ditawarkan oleh marketplace tersebut. Dengan membayar setiap klik yang dilakukan oleh calon pembeli, produk dan toko online Anda berpotensi untuk dilihat oleh lebih banyak orang. Tidak ada salahnya kan mencoba?

 

  1. Buat lah Blog/ Landing Page

Blog atau landing page khusus bisa menjadi media untuk memperkanalkan toko online Anda lebih optimal lagi. Anda bisa membuat beberapa halaman yang menggambarkan apa toko online Anda, kategori produk apa saja yang Anda miliki, dan detail informasi yang lebih lengkap untuk setiap produk, cara pembayaran, dan informasi pengiriman.

 

  1. Optimalkan Blog Anda dengan SEO

Dengan SEO yang baik, blog Anda akan mempunyai posisi yang baik di mesin pencari secara organik. Optimalkan lah tampilan blog Anda, loading speed, kata kunci, backlink, meta tag, dan banyak hal lain terkait SEO.

 

  1. Manfaatkan List Subscriber untuk Email Marketing

Punya list subscriber dengan target market yang mirip dengan toko online Anda? Anda bisa memanfaatkan list tersebut untuk promosi produk dan toko online Anda. Selama target market tersebut mempunyai kemiripan, Anda berpotensi men-konversi mereka menjadi pembeli Anda.

 

  1. Manfaatkan Forum untuk Memperbesar Network
Artikel Menarik Lainnya :   Riset Hashtag Instagram : Cara Menemukan Hashtag yang Powerful untuk Brand Anda

Jaringan penting untuk membuat toko online Anda semakin dikenal. Semakin besar jaringan Anda, maka potensi toko online dan produk Anda untuk dilihat orang akan semakin besar. Goal akhirnya tentu saja konversi ke penjualan.

Dari sekarang, coba lah untuk membuat daftar forum jual beli yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi toko online Anda. Anda juga bisa memanfaatkan situs seperti Linkedin untuk mencari kenalan dan mempromosikan toko Anda.

 

  1. Strategi Affiliate Marketing dan Reseller

Affiliate Marketing atau Reseller? Pilih lah salah satu yang menurut Anda cocok untuk diterapkan untuk toko online Anda. Yang pasti, sebelum membuka peluang affiliate dan reseller, Anda harus mempersiapkan sistem untuk mereka dan memperkirakan nominal komisi yang dapat Anda bagikan. Rata- rata toko online biasanya akan memberikan diskon 20% untuk Reseller mereka setelah melakukan pembelian pertama dengan nominal tertentu.

 

  1. Manfaatkan Social Media Ads

Setelah berjuang dengan cara orgaink di media sosial dan memanfaatkan buzzer-influencer—endorse-paid to promote, Anda juga bisa mencoba Facebook Ads dan Instagram Ads untuk mengoptimalkan peluang penjualan Anda. Dengan social media ads, konten Anda berpeluang tampil ke lebih banyak calon pembeli tertarget.

 

  1. Manfaatkan Google AdWords

Jika di media sosial Anda menggunakan strategi #22 untuk promosi berbayar, maka strategi berbayar untuk mesin pencari, Anda bisa memanfaatkan Google AdWords. Salah satu hal menarik dari AdWords adalah kecepatan dan jangkauan mereka yang sangat luas. Hanya dalam beberapa menit saja, Anda bisa membuat dan meluncurkan kampanye iklan agar teks, gambar, atau bahkan video iklan Anda dapat dilihat oleh jutaan pemirsa.

 

  1. Mempromosikan Toko Online Anda di Event/ Bazar

Mungkin cara ini sedikit konvensional karena melibatkan promosi offline, namun masih sangat efektif untuk dicoba. Anda bisa membuat stand kecil- kecilan atau membagikan brosur promosi Anda di bazar yang mendatangkan calon pembeli potensial untuk toko online Anda. Kalau memang hasilnya efektif dan menghasilkan ‘ikan paus’ untuk Anda, mengapa tidak?

 

  1. Menawarkan Diri Menjadi Sponsor Event

Jika dilakukan dengan tidak tepat, mensponsori sebuah event bisa berarti buang- buang waktu dan uang. Agar hal ini tidak terjadi pada Anda, penting untuk melakukan riset terlebih dulu.

Pertama, pastikan bahwa Anda telah memilih event yang tepat untuk disponsori. Event tersebut harus dihadiri oleh orang- orang yang tertarik dengan produk Anda, dan jumlah partisipant event tersebut tidak mengecewakan. Setelah mengetahui jenis event dan juga ukurannya, selanjutnya Anda dapat memperkirakan apakah jumlah biaya masuk akal untuk Anda.

Saat menjadi sponsor event, sebaiknya hindari mengirim marketer Anda untuk hanya pasif membagikan brosur. Coba lah untuk mendemonstrasikan produk dan toko online Anda dengan cara yang lebih kreatif dan menarik. Dorong orang- orang yang hadir untuk berbicara pada tim Anda. Jika perlu, tawarkan kepada mereka kupon potongan harga atau stiker gratis sebagai imbalan jika mereka berlangganan email subscriber kita atau mem- follow akun media sosial toko Anda.