Di laptop, keyboard adalah salah satu komponen terpenting yang dapat membantu kita dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas lainnya. Hampir semua hal yang akan kita lakukan di laptop kita juga sangat berkaitan dengan fungsi keyboard itu sendiri. Entah itu untuk mengetik data atau mencari file tertentu, tanpa keyboard, rasanya banyak hal akan sulit dilakukan.

Lalu bagaimana jadinya jika keyboard laptop kita sering mengalami error atau bermasalah? Tentu ini bisa menjadi trouble tersendiri untuk kita. Pekerjaan menjadi terhambat dan untuk melakukan ini itu, kita seperti orang buta yang berjalan tanpa tongkat. Benar- benar  vital kan fungsi keyboard ini?

Cara Mengatasi Keyboard yang Sering Bermasalah

Jika Anda sudah merasakan ada yang tidak beres dari keyboard Anda, lakukan lah identifikasi masalah dan cari solusi perbaikan segera. Menunda perbaikan atau tidak melakukan apa pun sama sekali bisa membuat kondisi papan ketik laptop Anda menjadi lebih buruk lagi. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki keyboard laptop yang bermasalah.

1.Mulai lah dengan Membersihkan Kotoran di Keyboard Laptop Terlebih Dahulu

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mengatasi Error Establishing a Database Connection di WordPress

Langkah pertama yang paling mudah dan Anda harus ambil saat itu juga adalah dengan mulai membersihkan keyboard dari kotoran- kotoran kecil yang ada di dalamnya. Sering tidak disadari, membersihkan keyboard adalah kebiasaan yang jarang kita lakukan, padahal salah satu komponen laptop ini sangat mudah dimasuki kotoran dan debu melalui celah- celah kecil. Kotoran dan debu yang dibiarkan ini lah yang akhirnya menumpuk di dalam dan mempengaruhi performanya.

Untuk membersihkan kotoran kecil di keyboard, lakukan dengan memiringkan laptop dengan sudut kurang lebih 75 derajat. Saat memiringkan laptop, Anda juga bisa sambil menggoyang- goyangkan laptop secara perlahan untuk merontokkan kotoran yang menempel. Setelah itu, coba cek kembali semua tombol di keyboard Anda, apakah mereka sudah normal kembali semuanya? Jika belum, coba tiupkan udara di celah- celah tombol tadi untuk membuat debu lebih berkurang lagi.

2.Restart Laptop

Masalah keyboard yang kerap terjadi selanjutnya adalah semua tombol tidak merespon. Hal ini bisa terjadi karena dipicu oleh beberapa hal seperti software dari keyboard driver. Jika Anda mengalami problem ini, maka langkah cepat yang dapat Anda lakukan adalah dengan me-restart komputer. Setelah laptop Anda hidup kembali, coba cek kembali apakah semua tombol berfungsi. Jika memang sudah kembali berfungsi, berarti masalah Anda sudah teratasi.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Email di Yahoo, Gmail dan Hotmail

3. Melakukan Restore System

Seringkali keyboard laptop tiba- tiba error karena Anda memasang aplikasi baru atau mengubah pengaturan laptop. Jika Anda mencurigai kerusakan tombol- tombol ketik Anda dipicu hal ini, maka langkah perbaikan yang dapat Anda lakukan adalah dengan me-restore system laptop. Untuk melakukan tindakan ini, klik tombol ‘Start’, lalu klik ‘Control Panel’, lalu pilih ‘System and Security’ >> ‘Back up Your Computer’.

Langkah selanjutnya klik “Recover system setting or your computer” >> “Open System Restore”. Selanjutnya, ikuti panduang sederhana yang diberikan laptop Anda untuk me-restore sistem komputer Anda. Setelah proses restore selesai, Anda akan diminta untuk melakukan reboot. Setelah semua prosedure restore system terpenuhi, maka keyboard laptop Anda akan kembali seperti semula.

4. Memperbaiki Keyboard Driver

Keyboard bisa mengalami malfungsi ketika driver nya tidak up to date atau terganggu oleh program lainnya. Untuk memastikan ini yang sedang terjadi, Anda dapat mengeceknya dengan mudah di Device Manager. Untuk melihatnya, buka ‘Control Panel’ >> ‘System and Security’ >> ‘System’ >> ‘Device Manager’.

Pada Device Manager ini Anda dapat melihat semua drivers dari perangkat keras yang ada di dalam laptop Anda. Untuk memastikan keyboard driver laptop Anda tidak bermasalah, maka pilih ‘keyboard’. Jika Anda menemukan ada tanda peringatan berupa segitiga berwarna kuning dengan tanda seru di dalamnya, maka berarti keyboard driver Anda memang sedang bermasalah. Untuk mengatasi ini, maka Anda dapat meng-update nya dengan driver yang baru. Bagaimana caranya? Kunjungi lah #website produsen laptop Anda dan biasanya disana Anda bisa mendownload driver yang Anda butuhkan ini secara gratis.

Artikel Menarik Lainnya :   Ini Ciri- Cirinya Jika Baterai Laptop Mulai Rusak

5. Tidak Yakin Mengatasinya Sendiri? Bawa ke Tempat Servis
Jika setelah mencoba langkah satu sampai empat dan masih tidak ada perbaikan di keyboard Anda, maka langkah terbaik adalah dengan membawanya ke tempat servis. Di tempat tersebut, teknisi profesional akan membantu Anda untuk mengetahui masalah utama keyboard dan apakah keyboard masih bisa diperbaiki atau harus direkomendasikan untuk diganti dengan yang baru.