Instagram bukan sekedar media sosial biasa bagi banyak orang. Di platform media yang satu ini, ada peluang untuk mendapatkan penghasilan dengan beberapa cara yang berbeda. Tertarik untuk mencobanya?

Salah satu alasan mengapa Instagram menjelma menjadi platform yang menarik untuk mendapatkan penghasilan adalah karena basis pengguna yang sangat besar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pada April 2018 saja, pengguna Instagram di Indonesia sudah mencapai lebih dari 56 juta pengguna. Jumlah ini diprediksi akan terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

 

Cara Menghasilkan Uang dari Instagram dengan Sedikit atau Tanpa Modal

Peluang menghasilkan uang dari Instagram memang sangat besar. Mulai dari yang tanpa modal sama sekali, sampai yang menggunakan modal sangat minim. Penasaran apa saja? Simak ulasan Panda Gila berikut ini :

1. Berjualan Produk di Instagram

Berjualan produk di Instagram adalah cara termudah untuk menghasilkan uang dari Instagram. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan akun- akun yang digunakan untuk berjualan produk di Instagram, baik itu produk fisik, maupun produk digital.

Produk fisik uang sering dijual di Instagram mulai dari berjualan baju, benda elektronik, aksesoris fashion, kosmetik, dan masih banyak hal lainnya. Sedangkan produk digital antara lain adalah ebook, dan juga membership.

Untuk berjualan di Instagram, Anda tidak harus mempunyai produk sendiri. Anda bisa menjual produk orang lain dengan sistem reseller atau dropshipping. Tidak begitu sulit untuk dilakukan, bukan?

 

2. Menjual Jasa di Instagram

Selain berjualan produk fisik dan produk digital, ada juga user yang menggunakan platform sosial media yang satu ini untuk menjual jasa. Jasa yang dijual di Instagram pun beragam jenisnya, seperti jasa iklan (digital advertising), jasa pembuatan website, jasa, membuat desain, jasa edit foto, jasa lukis wajah, dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   Step by Step Cara Beriklan di Facebook

Jika Anda mempunyai bakat yang bisa Anda promosikan di Instagram, tidak ada salahnya menggunakan media yang satu ini untuk mempromosikan keahlian Anda.

 

3. Menjadi Buzzer

Untuk menjadi buzzer di Instagram, Anda harus mempunyai jumlah follower yang cukup banyak. Beberapa website menyebutkan bahwa jasa buzzer di Instagram dapat menghasilkan uang hingga $40 per hari.

Untuk menjadi buzzer, seorang user Instagram harus mempunyai setidaknya 100.000 follower. Bahkan tidak sedikit advertiset yang juga mematok minimal 500.000 follower.

Siapa saja yang membutuhkan jasa buzzer ini? Selain brand ternama, biasanya pengguna jasa ini adalah toko online besar yang ingin meningkatkan jumlah follower dan penjualan di akun Instagramnya.

 

4. Bisnis Jastip (Jasa Titip) Barang

Bisnis yang satu ini cukup ngehits di Instagram. Untuk Anda yang mempunyai hobi belanja dan travelling, maka bisnsi yang satu ini cocok untuk Anda. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda bisa menjalankannya sambal menikmati momen travelling Anda atau bahkan hanya berada di dalam negeri saja. Misalnya saja dengan cara sering mengunjungi pameran, mall, pusat perbelanjaan, dan tempat- tempat menarik lain yang sering menjual produk unik atau limited edition.

Untuk mempromosikan bisnis jastip ini, Anda tinggal memposting foto produk Anda di akun Instagram dan melakukan optimasi seperlunya. Informasikan juga bagaimana cara pembayaran, dan berapa lama calon pembeli Anda harus menunggu produk tersebut sampai di tangan mereka.

Artikel Menarik Lainnya :   Inspirasi Ide Startup yang Belum Banyak Digunakan di Indonesia

Orang yang menjalankan usaha ini biasanya mengharuskan calon pembeli untuk membayar penuh terlebih dulu sehingga usaha ini bisa dijalankan dengan modal minim atau bahkan tanpa modal tapi tetap menguntungkan.

 

5. Mendapatkan Uang dari Instagram dengan Menjadi Selebgram/ Endorser

Endorser hampir mirip dengan buzzer, hanya saja mempunyai fungsi yang berbeda. Saat seseorang menjadi endorser, ia seolah- olah menjadi brand ambassador sebuah produk yang dipromosikannya. Untuk menjadi seorang endorser, Anda harus menjadi sosok yang terkenal di Instagram dan mempunyai jumlah follower yang banyak.

Di Instagram sendiri, kelompok endorser terbagi menjadi dua, yaitu mereka yang sudah terkenal dengan status selebriti, dan mereka yang terkenal sebagai selebgram karena kepopulerannya di platform Instagram. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan nama- nama seperti Awkarin atau Anya Geraldine? Dengan membangun brand yang kontroversial, mereka berhasil menarik perhatian audience banyak audience Instagram untuk menjadi follower mereka yang membuat mereka sukses menjadi seorang endorser.

 

6. Membangun Komunitas Berbayar

Salah satu cara lain untuk mendapatkan uang dari Instagram adalah dengan membangun komunitas berbayar. Kuncinya adalah Anda harus spesifik mengincar jenis audience tertentu. Salah satu jenis audience yang paling umum diincar dalam membentuk komunitas berbayar ini adalah market orangtua.

Sebagai contoh, Anda membuat akun Instagram yang ditujukan khusus membahas parenting. Konten yang Anda buat sangat lah menarik dan konsisten mengupas dunia parenting. Setelah fanbase Anda cukup banyak, Anda bisa mengarahkan follower Anda untuk bergabung ke grup berbayar Anda untuk mendapatkan konten parenting yang lebih mendalam, membuka diskusi antara orangtua, dan hal lain lagi yang bisa Anda tawarkan dalam grup berbayar Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Konten CTA Sosial Media yang Powerful dan Sulit Ditolak

 

7. Berternak Akun Instagram

Cara popular lain untuk menghasilkan uang dari Instagram adalah dengan berternak akun Instagram alias berjualan akun Instagram. Kenyataannya, bisnis jual beli akun Instagram ini terbukti cukup menghasilkan lho. Peminatnya pun tidak sedikit.

Akun Instagram yang dijual pun bukan sembarangan. Biasanya peternak akun Instagram ini akan menjual akun yang sudah cukup umur dan mempunyai jumlah follower yang tidak sedikit. Semakin besar jumlah follower sebuah akun, maka nilainya akan semakin mahal.

Membeli akun Instagram ini cocok buat para pebisnis online yang ingin mempunyai akun Instagram dengan follower banyak, tapi malas untuk berjuang dari bawah. Daripada menggunakan tool ini dan itu, akhirnya mereka pun memilih untuk membeli akun Instagram yang sudah mempunyai jumlah follower yang banyak. Bagi banyak orang, cara ini dinilai sebagai yang terpraktis dan membantu mereka dalam banyak hal.

 

Kesimpulan

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari Instagram. Meski begitu, mungkin tidak semua metode cocok untuk semua orang. Cobalah untuk menyelami cara menghasilkan uang dari Instagram yang menurut Anda paling sesuai untuk Anda. Setelah itu, coba lah untuk menekuni nya agar Anda benar- benar bisa menghasilkan uang dengan cara yang Anda pilih. Selamat mencoba!