Mendaftar akun Google Adsense melalui YouTube? Kenapa? Bisa dibilang mendaftar program #monetize Google memang paling mudah dilakukan melalui YouTube. Trend memang kini sudah berubah. Dulu mendaftarkan blog atau website untuk mendapatkan approval Adsense bisa dibilang sangat mudah. Bahkan kita bisa menggunakan website third party sebagai akal- akalan. Namun, itu cerita dulu.

Seperti yang kita tahu, Google Adsense adalah salah satu program monetize yang paling diinginkan oleh publisher dunia. Dengan mendaftarkan website kita ke program monetize Google ini, maka kita dapat memiliki penghasilan yang lumayan dari jumlah tayangan dan klik iklan. Namun nyatanya, mendaftar program monetize Adsense tidaklah semudah dulu. Banyak sudah cerita tentang penolakan dari si mbah, walaupun blogger sudah mati- matian membuat website mereka menjadi super optimal.

Pantang menyerah, publisher Indonesia kini telah ter-upgrade dengan tips & trik terbaru. Kini publisher Indonesia mengincar approval Google Adsense dengan pendaftaran melalui YouTube. Menurut mereka, mendaftar via YouTube jauh lebih mudah. Selain itu, monetize video YouTube juga dapat menghasilkan pundi- pundi uang yang lumayan, bahkan bisa dibilang nominalnya relatif lebih besar daripada via blogging, ..asalkan yang menonton jumlahnya juga banyak.

Membuat Akun Google Adsense dengan YouTube

Bisa dibilang membuat akun Google Adsense ini gampang- gampang susah. Selain mendaftarnya yang sekarang agak susah, jangan berharap juga Anda langsung kaya dari Google Adsense. Intinya, jangan berharap banyak dulu. Menghasilkan gaji yang lumayan dari Google Adsense tidak mudah, butuh kerja keras dan ketekunan untuk bisa gajian rutin dengan nominal besar di program monetize ini.

Kembali lagi ke topik utama yang kita bahas tadi, yaitu mendaftar Google Adsense dengan YouTube. Anda pasti termasuk yang sudah tahu bahwa YouTube dapat dijadikan sebagai media untuk mendulang uang secara online, kan? Untuk menghasilkan uang dari situs berbasis video ini, syaratnya adalah satu, yaitu mendaftarkan akun YouTube kita ke #GoogleAdsense, agar iklan muncul di saluran video kita. Mari kita ikuti langkah- langkah berikut ini :

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu GDPR? Apa Pengaruhnya untuk Blogger dan eCommerce?

1. Mendaftar di YouTube
Jika ingin mengikuti program monetize YouTube, tentu syarat utamanya adalah memiliki akun YouTube terlebih dahulu dong ya? Nah, untuk membuat akun YouTube ini sangat mudah. Dengan memiliki satu akun gmail saja, maka Anda akan otomatis dapat memiliki akses ke layanan Google lainnya, termasuk ke YouTube. Setelah memiliki akun gmail dan login ke akun Anda, lanjutkan dengan masuk ke YouTube. Secara langsung Anda akan terhubung dengan akun Anda.

2. Membuat Channel YouTube/ Saluran Video
Meskipun secara tidak langsung Anda sudah memiliki akun YouTube, namun akun tersebut belum bisa digunakan sampai Anda membuat Channel atau saluran video Anda. Di ikon setting yang terletak di dekat notifikasi dan button ‘upload’ buatlah saluran Anda dengan meng-klik ‘Creator Studio’. Setelah itu Anda akan diarahkan halaman video manager, klik ‘Create Channel’ untuk mulai membuat channel Anda.

Lihat Gambar :
YouTube,creator studio

chanel,YouTube

Di halaman selanjutnya, Anda diminta untuk melengkapi informasi terkait channel Anda, seperti foto profil, gender, tanggal lahir dan nama. Setelah selesai mengisi semua form yang dibutuhkan, centang ‘Terms & Condition’ dan klik ‘Continue’ ( Lanjutkan ).

Artikel Menarik Lainnya :   5 Niche Website yang Dilarang dan Tidak Akan Disetujui Google Adsense

3. Mulai Upload Video Anda ke YouTube
Upload lah video pertama Anda sekarang juga. Untuk tahap awal, upload lah minimal 3 buah video terlebih dahulu. Untuk meng-upload, klik tombol ‘Upload’ yang terletak di atas atau di halaman baru yang terbuka untuk Anda. Pilih video yang akan di-upload, kemudian masukkan judul, deskripsi dan tag yang relevant. Setelah proses selesai, klik “Save”. Untuk konten pastikan original untuk pengajuan Google Adsense ini.

4.  Sudah Yakin? Ajukan lah Akun YouTube Anda untuk Monetize

Jika channel video Anda yang berjumlah kurang lebih 5 post dan sudah mulai mendatangkan pengunjung walau baru ratusan, Anda tetap bisa mendaftarkan diri ke Adsense. Klik saluran dan fitur ( Status and Features ), lalu klik Monetization dan klik “Enable”, centang semua Term of Service Google dan klik ‘I accept’. Di tampilan selanjutnya, pilih lah jenis format iklan yang ingin Anda tampilkan di mesin pencari. Selamat, di tahap ini Anda berhasil mempunyai akun Google Adsense dari YouTube.

Lihat Gambar :
monetize,YouTube,Google Adsense

5. Tunggu Review Google Adsense
Meskipun pendaftaran Anda selesai dilakukan, Anda tetap harus menunggu approval dari tim Google untuk memastikan akun Anda telah selesai ditinjau. Proses review Youtube untuk Adsense ini biasanya hanya memakan waktu hitungan jam atau kurang dari dua hari. Ketika review Anda selesai dilakukan, maka tombol Monetize akan berubah warna menjadi hijau dan itu artinya program monetize telah sepenuhnya hidup di akun Anda. Tentu saja Anda juga menerima email notifikasi Anda bahwa Anda diterima Google Adsense. Ciyeeee… senang ya?

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Foto Liburan di Instagram Anda Tampak Lebih Menarik

6. Cara Menghubungkan akun Adsense dengan YouTube
Akun Adsense Anda memang sudah dibuat,  namuna Anda tetap perlu menghubungkan YouTUbe dengan akun Google Adsense Anda kembali dengan cara ini. Untuk melakukan ini, silahkan klik menu ‘Monetization’, lalu pilih ‘How will I be paid?’ ( Bagaimana cara Saya dibayar? ), lalu klik “associate an Adsense account”.

Lihat Gambar :
Google Adsense,YouTube,menghubungkan

Di jendela baru, klik tulisan “Yes, proceed to Google Account sign in” atau klik “Yes, use email_anda@gmail.com” dan ikuti petunjuk selanjutnya, seperti submit application dan identitas lainnya. Selamat kini akun Adsense Anda siap dioptimasi dengan video inspiratif agar Anda semakin besar dan produk semakin berkembang.

Bagaimana jika Adsense menolak pengajuan Saya?

Coba cek dulu dimana salahnya. Apakah karena konten Anda terlalu sedikit, ataukah Anda terlalu cepat mendaftar, video tidak original, sound/ suara mengandung hak cipta dan sebagainya. Ketika ini terjadi pada Anda, maka hapuslah video tersebut, ganti dengan yang baru, tingkatkan view dan juga coba untuk ajukan akun Anda kembali.

Apakah Akun Google Adsense yang Saya Peroleh bisa Digunakan di Blogger atau Self-Hosting Website?

Bisa sekali, tapi syaratnya Anda harus mengajukan review kembali ( upgrade akun) apakah blog Anda layak untuk Adsense atau tidak. Jadi meskipun sudah berhasil di-approve di YouTube, Anda harus mengajukan permohonan kembali untuk memastikan akun Adsense Anda boleh dipasang di media blogspot atau website..