Ada banyak cara menghasilkan uang dari internet. Selain dengan berjualan produk fisik secara online, kita juga bisa menjual produk digital. Bukan sebuah keharusan, namun sebaiknya disesuaikan dengan passion untuk hasil yang optimal.

Untuk para internet marketer, produk digital kerap dipasarkan dengan menggunakan media sosial. Mulai dari video tutorial, software, tool, dan juga e-Book. Dari beberapa produk ini, maka yang pernah Anda coba untuk pasarkan?

 

Apa itu Ebook? Mengapa Ebook bisa menjadi media yang menarik?

Pengertian dari eBook adalah sebuah bentuk new media yang berisi hasil tulisan atau karya seseorag dalam bentuk digital. e-Book yang dijual biasanya berisikan tutorial atau materi pembelajaran yang mudah diakses secara elektronik, baik melalui layer besar seperti notebook atau layer smartphone.

Umumnya eBook dibuat dengan menggunakan Microsoft Word atau Power Point, dan dicetak dalam bentuk Pdf terlebih dulu sebelum akhirnya dipasarkan. Ada yang memberikan eBook secara cuma- cuma, ada yang menjadikannya sebagai bonus penjualan produk digital utama, dan ada juga yang menjualnya dengan harga relatif murah hingga sangat mahal, tergantung dari konten eBook itu sendiri.

Setengah pemasaran konten dengan ebook adalah proses penciptaan, sedangkan setengah lainnya adalah upaya mempromosikan ebook itu sendiri untuk meningkatkan ROI.

Ebook sendiri memang kerap digunakan sebagai alat pancingan untuk lead generation. Anda dapat membuat ebook dengan mengubah konten ‘daging’ yang tidak pasaran dan tidka mudah ditemukan dalam pencarian online sederhana.

Untuk strategi lead generation dengan eBook, maka Anda wajib merancang Landing Page terlebih dulu untuk mendapatkan data calon konsumen (nama dan email) yang telah terintegrasi dengan Autoresponder.

Artikel Menarik Lainnya :   Banjir Pembeli dan Follower dari Instagram untuk Online Shop 2018

Dengan begitu, setelah mereka memasukkan data diri mereka, maka Anda bisa mendapatkan database, dan database Anda pun mendapatkan benefit berupa ebook yang sudah diidam- idamkannya. Dalam dunia digital marketing, benefit saling menguntungkan ini sudah lama diterapkan dan terbukti ampuh untuk membuat kedua belah pihak sama- sama happy.

 

Menjual eBook lewat Jejaring Sosial

Jika Anda sudah mempunyai eBook sendiri, sudah kah Anda melakukan pemasaran yang tepat untuk menghasilkan profit yang optimal? Jika belum, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mendongrak penjualan eBook Anda. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini…

1. Membuat Teasers Sosial
Setelah Anda mempunyai ebook yang siap untuk diluncurkan, buat lah teaser untuk menggoda calon audiens Anda. Di tahap ini, penting Anda mengoptimalkan copywriting saat membocorkan potongan dari eBook agar calon audiens penasaran dan tercipta buzz di sekitar konten yang Anda promosikan.

Selain potongan konten, Anda juga bisa memposting gambar menarik dari ebook, pendapat atau kutipan menarik yang semakin memicu rasa ingin tahu audiens Anda untuk mengetahui isi ebook lebih lanjut.

Anda juga bisa menggunakan hashtag popular yang relevan dengan konten ebook saat posting di media sosial. Goal dari teaser sosial ini adalah engagement. Khususnya di Facebook, engagement sangat mempengaruhi visibilitas konten atau munculnya konten Anda di timeline pengguna Anda. Jadi, usahakan semaksimal mungkin calon audiens yang penasaran tadi melakukan like, comment, atau share di thread teaser Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Trik Psikologi Marketing untuk Mengoptimalkan CTA & Penjualan Anda

2. Manfaatkan Fitur Pin to Tweet
Fitur Pin to Tweet dikenal sangat efektif untuk menarik perhatian pengunjung dalam melihat thread yang menurut Anda sangat penting. Maka dari itu, gunakan fitur ini untuk thread promosi ebook Anda. Dengan begitu, thread ebook Anda tidak akan terkubur begitu saja saat ada cuitan baru yang Anda buat di #twitter. Selain itu, thread ini tentu saja akan menjadi thread pertama yang selalu dilihat pengunjung saat mampir di profil Anda. Jangan lupa, dengan copywriting yang menggoda, buat pengunjung Anda untuk penasaran meng- klik thread tersebut.

3. Promosikan dalam Desain Banner Media Sosial Anda
Saat pengunjung mampir ke profil Anda, maka banner dan cover halaman seringkali menjadi hal pertama yang menarik perhatian mereka. Maka dari itu, jadikan space ini untuk mengoptimalkan promosi ebook Anda.

Buatlah cover foto yang menarik terkait ebook Anda di Facebook dan Twitter. Anda mungkin memang tidak bisa mengaktifkan link di fitur cover ini, namun Anda akan selalu bisa untuk memberitahu bagaimana cara pengunjung menghubungi Anda terkait ebook tersebut.

Untuk membuat cover Facebook, ukuran gambar yang diperlukan adalah 851×315 pixel, sedangkan untuk cover Twitter adalah 1500×421.

4. Gunakan Jasa Influencer
Dengan popularitasnya, menggunakan jasa influencer bisa menjadi ide menarik untuk mempromosikan ebook Anda di media sosial karena mereka memiliki banyak follower. Untuk menentukan jasa buzzer atau influencer yang cocok, Anda bisa menggunakan BuzzSumo untuk menemukan influencer yang cocok sesuai industri Anda. Setelah itu, kontak lah mereka untuk mengetahui apakah Anda bisa menggunakan jasa mereka atau tidak. Semudah itu ya ternyata?

Artikel Menarik Lainnya :   Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Bergabung dengan Program Afiliasi

5. Jangan Lupakan Komunitas
Percaya lah, mereka yang kerap mengincar ebook adalah orang- orang yang cenderung aktif di berbabagai komunitas dimana para marketer kerap membahas tren terbaru di dunia digital.

Saat Anda bergabung pertamakali di grup komunitas, jangan buru- buru untuk langsung melakukan promosi ebook. Cobalah untuk memperkenalkan diri terlebih dulu dan membangung keakraban dengan anggota komunitas. Dengan cara ini, maka Anda akan semakin mudah diterima dan pengguna lain pun tidak keberatan untuk bergabung dalam thread yang Anda buat.

6. Beriklan di Media Sosial
Jika Anda sudah melakukan strategi promosi di atas dan menginginkan hasil yang lebih optimal lagi, maka pertimbangkan lah untuk beriklan di Facebook atau Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih besar lagi.

Dengan targeting yang tepat, thread promosi Anda akan tampil di newsfeed calon pembeli potensial Anda. Kesempatan untuk meningkatkan engagement dan konversi menjadi lebih besar. Iklan Anda juga wajib dipastikan mempunyai gambar yang menarik dari ebook, dengan kutipan yang stand out dan copywriting yang persuasif dan menggoda.

 

Dengan 6 langkah jitu ini, semoga campaign Anda dalam mempromosikan ebook berjalan dengan optimal dan Anda meraih hasil yang Anda harapkan. Selamat mencoba!