Type to search

Bisnis Online

Tips Memilih Bisnis Online Kekinian yang Tepat untuk Dijalankan

Memilih bisnis online yang tepat dijalankan

Bisnis online itu sangat banyak jenisnya. Mulai dari yang menjual produk dan jasa yang harganya murah, hingga yang harganya luar biasa mahal. Jika Anda salah satu internet marketer yang bergelut di bidang ini, tentu sudah familiar dengan testing beberapa jenis produk bisnis online, bukan?

Faktanya, bukan perkara mudah untuk menentukan mana jenis bisnis online yang akan digeluti. Apakah akan bermain di satu produk? Atau beberapa produk sekaligus? Apakah memilih produk berdasarkan minat pasar? Atau mengikuti hobi dan minat?

Di artikel ini, kami hanya akan sedikit membagikan tips dari pengalaman beberapa tim kami. Bukan berarti Anda harus mengikutinya. Tidak. Namun, artikel ini akan memberikan Anda insight dan inspirasi untuk menentukan jenis bisnis online apa yang tepat untuk Anda jalankan. Semoga bermanfaat!

Bisnis Online : Potensi vs Passion?

Selain tentang kerja keras dan ketekunan, bisnis seringkali tentang keajaiban. Ada banyak hal terjadi jika Anda memilih bisnis yang disesuaikan dengan passion alias minat dan kata hati Anda sendiri. Konon begitulah katanya.

Memilih bisnis berdasaran potensi pasar vs passion tentu dua hal yang berbeda. Jika memilih berdasarkan potensi, Anda cenderung berada di sisi logis. Namun jika memilih pilihan bisnis berdasarkan passion, Anda cenderung punya kemampuan bertahan yang lebih kokoh.

Bahkan meski sudah jatuh bangun berkali- kali, neraca keuangan minus, dsb, Anda masih belum kapok. Namanya juga passion. Semua dilakukan sampai titik darah penghabisan.

Artikel Menarik Lainnya :   SEO Tokopedia : Tips Mengoptimalkan Produk Anda Agar Tampil Teratas di Pencarian

Memilih Berdasarkan Potensi

(+) Potensi laris lebih besar dan lebih cepat
(+) Berjualan lebih mudah karena pasar cenderung lebih besar dan pasar sudah teredukasi dengan produk
(+) Anda sudah mengantongi hasil riset kompetitor untuk masuk ‘arena perang’
(+) Karena tiga hal tersebut, ritme di awal bisnis biasanya relatif cepat
(-) Kompetisi biasanya sangat ketat dan sudah menjamur
(-) Kecenderungan perang harga lebih besar
(-) Akan ada mereka yang punya modal besar biasanya yang memonopoli persaingan
(-) Pelaku bisnis lebih mudah patah semangat saat hasil tidak sesuai harapan

Memilih Berdasarkan Passion

(+) Biasanya kita lebih tertarik untuk merancang strategi yang lebih kreatif dibanding mengikuti
(+) perang harga
(+) Pelaku bisnis biasanya sangat gigih dan tidak mudah terpengaruh saat hasil tidak sesuai harapan
(-) Ritme bisnis di awal biasanya lebih slow dan berhati- hati
(-) Potensi laris, kebutuhan edukasi produk, dan tingkat kompetisi tergantung dari produk di passion yang kita minati

Dua- duanya baik dan masih dipengaruhi oleh kepribadian kita sendiri, terutama di point soal ‘semangat juang’. Anda cenderung yang mana?

Bisnis Online Kekinian

Selanjutnya, inilah saat yang tepat untuk mengintip jenis- jenis bisnis online kekinian yang tepat untuk Anda jalankan :

Bisnis Fashion Muslim

Semakin tingginya kesadaran Muslim masa kini terhadap pentingnya menjalankan kewajiban mereka dalam berpakaian menutup aurat membuat produk fashion muslim laris manis dari tahun ke tahun. Mulai dari hijab, tunik, gamis, baju kondangan yang sesuai dengan muslim, dress panjang, hingga baju muslim, semua laris manis.

Skin Care dan Kosmetik

Salah satu alasan mengapa berbisnis kosmetik itu menggiurkan adalah karena tingkat repetisi penjualannya yang sangat tinggi. Saat seseorang sudah merasa cocok dengan satu merek kosmetik, saat habis, ia pasti akan membeli lagi. Sedangkan untuk kosmetik, perempuan seringkali merasa mempunyai satu saja tidak cukup.

Misalnya saja lipstick. Untuk warna yang sama atau mirip- mirip, perempuan yang suka dandan biasanya akan mempunyai lebih dari satu merek dan jenis. Tingkat kompetisi skin care dan kosmetik ini tinggi, tapi potensi keuntungannya juga tidak main- main.

Artikel Menarik Lainnya :   Peluang Bisnis yang Berpotensi Untung Besar di 2016

Case HP dan Aksesoris HP lainnya

HP sering dianggap sebagai kebutuhan primer manusia modern. Tidak heran, brand- brand smartphone berlomba- lomba untuk mengeluarkan seri terbaru mereka setiap rentang waktu tertentu. Tidak ketinggalan, bisnis case HP dan aksesoris HP lainnya juga semakin banyak dicari. Dengan menambahkan kreatifitas, Anda bisa menjual case HP unik, seperti case HP dengan foto si pemilik, case HP dengan tren tertentu (misalnya tren drama Korea yang sedang hits).

Fashion Aksesoris

5 Alasan Menohok Mengapa Konsumen Tidak Membeli Produk Anda
Fashion dan aksesoris, dua jenis bisnis yang tak pernah ada matinya

Fashion aksesoris selalu menjadi bisnis hits karena mengikuti trend. Mulai dari anting (yang kini tersedia anting untuk para hijabers), kalung, gelang, hingga jam tangan dan pin magnet untuk hijabers. Anda bisa memilih untuk spesifik menjual aksesoris tertentu, atau ‘gado- gado’ aksesoris untuk pasar tertentu.

Kebutuhan Bayi dan Anak

Pasar audience wanita memang selalu menarik untuk diolah. Selain fashion muslim dan fashion aksesoris yang dominasinya perempuan, ada juga fashion bayi dan anak- anak yang lagi- lagi mengincar audience wanita. Dengan tampilan yang lucu- lucu dan produk yang menarik, bisnis Anda akan laris manis karena segment audience ini adalah tipe customer yang sekali beli langsung memborong.

Snack Kekinian

Snack apa yang lagi nge-hits? Disitulah potensi penjualan besar berada. Selain menonjolkan yang kekinian, Anda juga bisa menambahkan produk makanan laris lainnya di galeri bisnis Anda. Mulai dari snack pedas yang ngehits, sampai keripik, cilok, dan cireng. Jangan lupa, bisnis makanan ini selalu eksis dimana- mana.

Produk/ Jasa Digital

Ada banyak produk digital yang selalu dicari oleh pencari jasa. Mulai dari jasa follower, subscriber, tulisan, desain, paid to promote, hingga jasa pembuat konten. Beberapa produk digital menuntuk keahlian dari pelaku bisnisnya. Beberapa yang lain bisa dilakukan dengan system affiliate/ reseller. Tidak harus ahli, Anda hanya perlu mempelajari produknya, kemudian mempromosikannya dengan gencar.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis, Agar Sukses Bukan Lagi Sekedar Mimpi

Jika ingin melakukan persiapan dengan lebih matang, Anda bisa membekali Anda dengan melakukan riset marketplace seperti di artikel : Cara Riset untuk Menemukan Produk dan Supplier Terbaik di Marketplace.

Metode Bisnis yang Dipilih

Setelah menentukan jenis produk yang ingin ditekuni, yang tidak kalah pentingnya adalah mempertimbangkan metode bisnsi yang akan dipilih. Masing- masing point tentu saja mempunyai kelebihan dan kekurangan masing- masing…

Dropship vs Reseller

Dengan menjadi reseller, Anda melakukan stock barang terlebih dulu, kemudian menjualkan kepada customer Anda. Sedangkan dengan menjadi dropshipper, Anda menjualkan produk ke customer Anda tanpa melakukan stok barang terlebih dulu. Anda dapat membaca selengkapnya di artikel : Cara Memulai Bisnis Dropship dan Reseller- Bisnis Tanpa Modal.

Marketplace vs Website Sendiri

Mempunyai website sendiri itu keren. Namun jika masih belum yakin, memulai dengan marketplace adalah pilihan yang menarik. Dua- duanya punya kelebihan dan kekurangan yang bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memulai bisnis online Anda. Masih ragu? Cobalah baca artikel : Mana yang Lebih Baik untuk Jualan Online, Marketplace atau Toko Online Sendiri.

Branding Dulu vs Jualan Dulu

Kapan mulai jualannya? Apakah setelah amunisi branding, manajemen stok, dan yang lain- lain sudah siap? Jika Anda pemula, sangat disarankan untuk mulai jualan dulu. Jangan sampai hal- hal yang Anda harapkan membantu bisnis Anda terlihat professional ini justru membuat langkah Anda berhenti dan jualan Anda tersendat.

Bukan berarti hal- hal yang lain tidak penting, bukann.. Namun, dengan modal terbatas di awal bisnis, sangat penting untuk memastikan roda Anda berjalan dengan baik. Roda ini lah yang nantinya akan membantu bisnis Anda berkembang dan melakukan hal- hal yang penting. Break down hal- hal yang menurut Anda vital dilakukan di awal, dan hal- hal yang bisa menunggu.

Misalnya saja kontak email dan HP customer service tersendiri serta pencatatan transaksi dan data customer. Ini sangat penting dilakukan sejak awal. Namun, untuk langsung mempunyai software transaksi yang mumpuni bukanlah hal krusial di awal.

Semoga artikel ini menginspirasi dan bermanfaat.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.