Privacy Policy atau kebijakan privasi adalah halaman yang memuat tentang prosedur privasi sebuah situs web, terutama yang berkaitan dengan data informasi yang dikumpulkan dari pengunjung. Kebijakan privasi bukan hanya penting untuk pemilik website, namun juga untuk pengunjung website terkait informasi pribadi mereka secara online.

Website apa saja yang membutuhkan Privacy Policy? Pada dasarnya semua jenis membutuhkan kebijakan privasi ini, yang tentunya kontennya perlu disesuaikan dengan jenis website masing- masing. Bahkan sekalipun website Anda adalah sebuah blog sederhana dan hanya mengumpulkan alamat email pelanggan untuk newsletter bulanan.

 

Fungsi dan Manfaat Halaman Privacy Policy

Salah satu fungsi utama dalam membuat halaman Privacy Policy adalah untuk memberitahu pengguna mengenai informasi apa saja yang pemilik website kumpulkan dalam blog nya, bagaimana informasi tersebut akan digunakan, dan siapa saja yang mempunyai akses untuk informasi tersebut.

Jika situs web Anda dibangun dengan tujuan bisnis, seperti toko online, maka mempunyai halaman kebijakan privasi ini diwajibkan karena hal ini mempunyai kaitan erat dengan data pribadi pelanggan dan informasi pembayaran. Manfaat lain dari halaman kebijakan privasi ini adalah profesionalisme dan meningkatkan kepercayaan pembaca dan calon pembeli Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Hal yang Wajib Anda Pertimbangkan Sebelum Memilih Web Hosting

Jika Anda membuat website yang bertujuan untuk di-monetize dengan Google Adsense, halaman Privacy Policy juga menjadi salah satu syarat wajib yang harus Anda persiapkan di situs web Anda. Sebelum Anda mendaftarkan blog Anda untuk Adsense, pastikan halaman kebijakan privasi ini sudah Anda miliki.

 

Cara Membuat Halaman Privacy Policy/ Kebijakan Privasi Kurang dari 10 Menit

Untuk membuat halaman Privacy Policy, Anda dapat melakukannya dengan dua cara. Yang pertama adalah cara manual, yaitu dengan menuliskannya versi Anda sendiri melalui riset ini dan itu. Cara yang kedua adalah membuatnya dengan mudah dan cepat dengan website generator Privacy Policy, yaitu websitepolicies.com.

 

WebsitePolicies adalah situs andalan untuk para blogger yang kadang bingung harus memulai dari mana untuk membuat kebijakan privasi. Tidak jarang, blogger juga bingung hal- hal apa saja yang perlu dituangkan dalam halaman tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Posting Otomatis Artikel Blog ke Facebook dan 6 Media Sosial Lainnya

WebsitePolicies berisikan teks- teks cukup panjang dan mengandung banyak jargon hukum yang disesuaikan dengan jenis layanan website Anda. Untuk membuat halaman privasi Anda, hanya tiga langkah yang Anda butuhkan, yaitu :

  • Choose Platform (tentukan jenis dokumen yang akan Anda buat)
  • Customize Policy (sesuai policy dengan kebutuhan Anda)
  • Download & Publish (unduh dan publikasikan untuk situs web Anda)

Membuat Privacy Policy dengan WebsitePolicies.com

Beberapa kelebihan dari WebsitePolicies dalam membuat halaman privasi ini antara lain :

  • Gratis untuk penggunaan non komersil (untuk penggunaan komersial Anda perlu membayar $14,95)
  • Konten disesuaikan dengan situs web Anda dan legal karena disusun dan dikelola oleh pengacara
  • Menghemat waktu
  • Download cepat
  • Bisa juga digunakan untuk membuat Kebijakan Privasi di mobile app
  • Ada program afiliasi dengan komisi sebesar 30% dari setiap penjualan Premium Policies
Artikel Menarik Lainnya :   6 Plugin Captcha WordPress Terbaik untuk Menangkal SPAM

 

Selanjutnya, untuk membuat Privacy Policy, berikut ini adalah langkah- langkah yang dapat Anda ikuti :

1. Mulai dengan klik tombol ‘Get Started’

2. Di halaman baru, Anda akan diminta untuk memilih jenis dokumen yang akan Anda buat, seperti :

  • Privacy Policy
  • Terms and Conditions
  • Refund policy
  • Blog disclaimer

Pilih salah satu sesuai kebutuhan Anda. Karena kali ini kita akan membuat halaman Kebijakan Privasi, maka pilihlah Privacy Policy.

3. Masukkan informasi dan jawaban pertanyaan yang dibutuhkan dengan sebenar- benarnya

4. Setelah semua data diisi, maka di step keempat, Anda diminta untuk melakukan Review & Confirm, kemudian klik ‘Create my Privacy Policy’

5. Done!

Membuat Privacy Policy dengan WebsitePolicies.com

Halaman Privacy Policy Anda kini sudah selesai dibuat. Langkah selanjutnya, Anda tinggal men-copy file tersebut dan mengunggahnya ke halaman situs web Anda. Mudah sekali, bukan?

Selamat mencoba!