Media sosial itu bukan untuk berjualan! Well, kalimat ini tidak salah. Memang kenyataannya, media sosial ini diciptakan sebagai platform untuk bersosialisasi. Namun uniknya, tidak sedikit pebisnis online yang justru sukses dengan menggunakan media sosial ini untuk berjualan dan promosi bisnis, bahkan secara hardselling. Apakah Anda salah satunya?

Ada banyak media sosial yang bertebaran di internet. Mulai dari yang populer, hingga yang kurang populer. Dari sekian banyak media sosial, mana kah yang kira- kira efektif untuk promosi bisnis dan jualan online? Berikut ulasannya…

1. Jualan Online di Facebook

Facebook adalah platform pertama dimana pelaku bisnis online mulai mempromosikan produk jualannya. Untuk berjualan, pebisnis online bisa menggunakan beberapa cara, yaitu melalui profil pribadi mereka, membuat halaman fan agar terlihat professional, atau membangun grup.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mendapatkan dan Meningkatkan Follower Instagram

Setelah itu, Anda pebisnis online mulai dapat membuat konten promosinya dan melakukan posting secara konsisten untuk terhubung dengan pengikut mereka atau pengguna baru. Untuk menjangkau lebih banyak audience, pebisnsi online juga dapat memanfaatkan fitur iklan berbayar Facebook Ads.

 

2. Jualan Online di Instagram

Meskipun pada dasarnya Instagram adalah platform untuk mengabadikan moment berupa foto, namun banyak orang justru menggunakan platform yang satu ini untuk berjualan. Dengan tampilan feed yang rapi dan manis, kombinasi gambar dan video singkat terbukti berhasil menarik perhatian pengguna Instagram terkonversi menjadi pembeli. Sama seperti Facebook, pengguna dapat mengoptimalkan penggunaan Instagram untuk berjualan dengan memanfaatkan fitur iklan berbayar Instagram Ads.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Toko Online: Jenis Produk yang Dapat Dijual Secara Online

 

3. Jualan Online di Twitter

Twitter duduk di posisi ke #3 sebagai media sosial yang cukup efektif untuk ber- jualan online. Walaupun penggunanya tidak sebanyak Facebook dan Instagram, pengguna Twitter relatif orang- orang yang loyal.

Salah satu kelemahan #Twitter dibandingkan dua pesaingnya di atas adalah keterbatasan pengguna untuk berkreasi dengan media pemasaran. Namun jika Anda mempunyai basis follower loyal dan tertarget, maka pemasaran pun akan terasa lebih efektif.

 

4. Mempromosikan Produk lewat YouTube

Konten video selalu menggoda. Itu lah salah satu alasan mengapa YouTube tetap menjadi media yang sangat ampuh untuk promosi dan jualan online. Perlu dicatata juga bahwa ada pergeseran minat pengguna internet saat ini. Yang dulu hanya suka membaca blog, kini rata- rata pengguna internet lebih suka menikmati konten yang interaktif seperti video.

Artikel Menarik Lainnya :   SEO Tokopedia : Tips Mengoptimalkan Produk Anda Agar Tampil Teratas di Pencarian

 

5. Jualan Online di Pinterest

Mirip dengan Instagram, Pinterest pada dasarnya diciptakan sebagai platform untuk menyimpan foto atau gambar favorit. Pinterset ini sendiri digunakan penggunanya untuk mengirimkan foto- foto dari berbagai sumber, entah itu milik pengguna yang mengunggahnya atau dari website lain.

Pinterest juga bisa menampilkan produk dengan rapi seperti etalase jika pengguna menggunakan foto- foto terbaiknya untuk dipasarkan. Tidak sedikit pengguna Pinterest yang mengoptimalkan konversi penjualan mereka dengan mendesain foto produk sedemikian rupa agar terlihat manis dan menarik.

 

Dari kelima platform sosial media ini, mana yang paling sering Anda optimalkan untuk promosi bisnis dan jualan online?