Berbisnis online dan Anda masih belum menggunakan Instagram sebagai salah satu senjata andalan Anda? Wah, Anda sepertinya telah melewatkan salah satu tool dahsyat untuk bisnis online modern terkini. Mau tahu kenapa? Teruskan lah membaca artikel ini!

Beda jaman, beda cara. Dulu memang seorang pebisnis harus memiliki modal dulu baru bisa mulai berbisnis. Di era modern seperti ini, menjadi pengusaha itu relatif sangat gampang. Kita tidak perlu harus memiliki toko offline dulu. Kita tidak harus berpusing- pusing ria seperti belum dimulainya era digital. Melalui bantuan social media dan mudahnya alat komunikasi, kita semua bisa jadi pebisnis!
Social media merupakan salah satu senjata ampuh untuk membuat bisnis online Anda laris. Di era social media seperti ini, bahkan tanpa memiliki website resmi pun Anda dapat melakukan ekspansi untuk menjangkau calon pembeli secara besar- besaran. Bagaimana caranya? Dengan membuka toko online Anda di marketplace seperti Bukalapak, Tokopedia dan tentunya di medsos seperti Facebook dan Instagram.

Meskipun di luar negeri orang tidak terlalu menggunakan Instagram untuk berjualan, nyatanya di Indonesia Instagram adalah salah satu tool favorit toko online. Instagram merupakan media sosial yang pada dasarnya berbasis foto sharing. Namun, saking kreatifnya, media foto sharing ini telah banyak berubah fungsi menjadi cabang toko online yang cukup meriah. Tentu Anda sudah sering kan melihat akun jualan toko online di Instagram. Bukan hal baru, bukan?

Artikel Menarik Lainnya :   Mengenal Lebih Dekat Kevin Systrom, Sosok Dibalik Instagram

Instagram ini merupakan tool toko online yang sangat bagus, khususnya untuk toko online yang ingin menjangkau banyak calon pembeli dari kalangan muda. Jadi kalau target market Anda salah satunya adalah anak muda, maka gunakanlah Instagram mulai saat ini juga!

Tips Sukses Menggunakan Instagram untuk Toko Online

Ingin sukses dengan toko online ala Instagram versi Anda? Tentu saja Anda membutuhkan persiapan dan perencanaan yang mata. Tips sukses berbisnis dengan Instagram di bawah ini mudah- mudahan menginspirasi :
1. Siapkan Akun Instagram Jualan Anda
Akun untuk berjualan tentu berbeda dengan akun Instagram untuk Anda gunakan secara personal. Jika Anda ingin eksis di Instagram tapi juga ingin menggunakan media sosial yang satu ini untuk berjualan, maka pisahkan lah akunnya. Jangan mencampur foto- foto pribadi Anda di akun jualan karena selain terlihat tidak professional, juga dapat menciptakan distraksi di mata follower Anda yang merupakan target pembeli, sekaligus hanya pertemanan foto sharing.

Untuk akun berjualan online, maka siapkanlah:
*) Logo Toko Online Anda untuk gambar profil. JIka Anda tidak memiliki logo, gunakan lah gambar atau simbol yang mewakili toko online Anda. Gambar profil yang menarik merupakan salah satu daya tarik tersendiri yang dapat memudahkan Anda dalam membangun follower dan menjual.
*) Deskripsi Singkat toko online Anda, dapat berupa uraian kata atau tagline
*) Jangan lupa cantumkan identitas lain, seperti alamat website ( jika ada ), email dan no HP agar calon pembeli tahu Anda adalah toko online yang mudah untuk dihubungi.

2. Rencanakan Konten Anda
Berikan konten yang berkualitas sesuai dengan produk yang Anda jual. Konten yang berkualitas ini dapat berupa foto yang berkualitas, elegant dan cantik, video produk sebagai daya tarik dan promo berjualan, serta deskripsi menarik dan informasi produk tersebut seperti harga, ukuran, warna dan stok.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Brand Endorsement di Instagram, Untung atau Rugi?

3. Posting dengan Prime Time yang Tepat
Anda dapat melakukan eksperimen dan analisa untuk waktu yang tepat untuk mempromosikan konten Anda. Waktu tertentu biasanya memiliki kecenderungan untuk menyasar market yang lebih besar. Dengan melakukan eksperimen tahap awal nanti, Anda akan memahami waktu yang terbaik untuk berjualan online di Instagram. Ini menjadikan waktu Anda lebih efisien dan promosi Anda menjadi lebih efektif.

4. Posting Secara Konsisten
Lakukan posting secara rutin dan konsisten. Hindari malas- malasan dan menunda posting, karena ini dapat berakibat kompetitor Anda menyita perhatian pasar lebih dulu dari Anda.

5. Berkenalan dengan Akun Jualan Senior
Di dalam bisnis, bahkan bisnis online sekalipun, menjalin relasi akan memberi banyak manfaat untuk Anda. Anda dapat meniru cara mereka berjualan, sekaligus mendapatkan ilmu dengan meminta saran kepad mereka. Untuk menjalin relasi ini, Anda dapat mulai mem- follow akun Instagram mereka, perkenalkan diri, memberi love di foto mereka, memberi komentar dan secara perlahan melakukan pendekatan.

Artikel Menarik Lainnya :   Riset Hashtag Instagram : Cara Menemukan Hashtag yang Powerful untuk Brand Anda

6. Bangun Follower Anda
Bangun follower disini bukan berarti hanya meningkatkan jumlah follower saja, melainkan juga menjalin komunikasi dengan mereka. Biasakan untuk membalas komentar mereka dengan cepat dan manis, baik saran ataupun kritikan. Dengan menjalin komunikasi dengan follower, maka mereka dapat berpotensi menjadi pembeli loyal dari toko online Instagram Anda. Asyik, bukan?

7. Follow Akun Komunitas untuk Menambah Wawasan
Kerap melihat akun komunitas dan Anda abaikan? Sebaiknya mulai sekarang Anda mulai mengikuti akun komunitas tersebut. Di akun komunitas, biasanya akan ada banyak sharing ilmu yang dapat menambah wawasan bisnis Anda. Tambah ilmu gratis deh!

8. Analisa Progress Bisnis Anda
Jika Anda serius, Instagram dapat menjadi ladang subur untuk meningkatkan omset toko online Anda. Lakukan pengamatan terhadap jumlah follower dan jumlah order dari waktu ke waktu. Jika perlu, lakukan analisa terhadap kesamaan profil kebanyakan pembeli Anda dan waktu kebanyakan mereka memberikan komentar dan pembelian. Memiliki data seperti ini bukan lah menciptakan keribetan baru, melainkan menjadikan Anda memiliki bahan evaluasi untuk mengetahui plus minus akun jualan Anda, sekaligus melakukan perbaikan kedepannya nanti.

Di Indonesia, Instagram adalah ladang jualan online yang menggiurkan karena banyaknya user aktif di platform media sosial tersebut. Jika Anda jeli memanfaatkannya, pasti sosmed ini dapat menjadi surga untuk bisnis online Anda. Jadi, kenapa tidak? Ayo dimulai! ^_^