Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin besar peranan alat digital dalam mendukung aktifitas masyarakat, baik itu untuk aktifitas sehari- hari, maupun untuk kegiatan bisnis dan perusahaan. Untuk bisnis dan perusahaan, salah satu alat digital yang penting dimiliki adalah website.

Ada banyak alasan mengapa mempunyai website menjadi penting untuk bisnis dan berusaha. Selain karena tuntutan teknologi, salah satu alasan yang tidak bisa diabaikan adalah kecepatan sampainya informasi untuk calon konsumen dan konsumen yang jelas, akurat, dan up to date.

 

Mengapa Website Krusial untuk Brand dan Perusahaan?

Ada banyak tool digital lain yang bisa digunakan untuk bisnis dan sebuah brand. Namun, mengapa website dianggap begitu krusial? Sederhananya adalah karena situs web merupakan alate pertukaran informasi terbaik kepada konsumen atau klien yang bisa dilakukan secara mudah, cepat, dan tanpa Batasan jarak atau pun waktu.

Kehadiran website membuat informasi menjadi hal yang mudah diperoleh oleh orang- orang yang ingin dijangkau. Selain itu, idealnya website perusahaan atau bisnis menayangkan informasi yang lengkap dan akurat karena mudah di-update oleh perusahaan. Dengan hal ini, maka konsumen pun akan mendapatkan informasi seputar bisnis dan perusahaan secara lengkap dan akurat dimanapun mereka berada dan dengan device apa pun yang mereka gunakan.

Manfaat dan Keuntungan Mempunyai Website untuk Brand, Bisnis, dan Perusahaan

Selain media informasi, website juga juga mempunyai banyak peranan penting lainnya. Bahkan yang paling menarik, website juga bisa digunakan sebagai media langsung soft selling dan hard selling seperti situs web eCommerce dan marketplace. Sayang sekali jika peluang sebagus ini harus terlewatkan, bukan?

Jadi apa saja manfaat dan keuntungan website yang bisa dinikmati oleh brand, perusahaan, dan bisnis? Berikut ini rangkuman yang kami berikan :

  1. Kemudahan Memberikan Informasi

Dengan mempunyai website sendiri, perusahaan atau brand dapat meng-update informasi terbaru, seperti berita terbaru, produk baru, dan jadwal kegiatan dengan mudah, murah, dan cepat. Fleksibilitas ini adalah hal- hal yang tidak bisa dilakukan dengan media offline karena cenderung menghabiskan biaya yang tidak murah dan memakan waktu lama.

  1. Sarana Komunikasi

Komunikasi dengan customer atau klien juga relatif lebih mudah dengan website. Ada beragam fitur komunikasi yang bisa Anda integrasikan ke situs web Anda, seperti form kontak, direct link ke WhatsApp, atau bahkan fitur live chat dengan customer service. Mana yang menurut Anda paling ideal untuk situs web Anda?

  1. Sebagai Alternatif Media yang Lebih Murah dan Fleksibel dibandingkan Iklan Cetak

Berbeda dengan iklan cetak, webite berada dalam lingkup internet yang lebih mudah diakses untuk jangka waktu yang lebih lama dengan biaya yang lebih murah. Coba bandingkan jika Anda harus mempromosikan situs web Anda dengan media cetak? Bukan hanya harus berurusan dengan percetakan saja, Anda juga membutuhkan waktu dan orang lain lagi untuk mendistribusikan media cetak tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Membangun Situs Web yang User Friendly

Dan jangan lupa, tracking efektifitas iklan cetak juga tidak bisa sedetail yang bisa Anda lakukan dengan situs web menggunakan google analytic, dan tool sejenisnya.

  1. Website untuk Membangun Brand dan Reputasi

Banyak pebisnis yang semakin menyadari pentingnya brand value di era digital ini. Salah satu cara untuk membangun brand bisa dimulai dengan website. Tidak heran, banyak sekali website yang didesain secara khusus untuk menonjolkan ciri khas sebuah brand atau perusahaan yang diusungnya.

Untuk keperluan branding ini, situs web harus menampilkan informasi yang jelas, akurat dan up to date. Testimoni atau history klien juga penting untuk menjadi bagian dari situs web. Selain itu, brand atau perusahaan dapat menggunakan kombinasi warna yang sesuai dengan brand identity mereka. Icon atau avatar tertentu juga bisa dijadikan sebagai pelengkap untuk branding situs web perusahaan.

  1. Platform Transaksi Pelanggan 24 Jam

Website adalah teknologi yang membuat promosi dan transaksi terjadi begitu. Dengan hadirnya situs web, maka siapapun bisa mengakses informasi dan melakukan transaksi di situs web Anda selama 24 jam sehari.

  1. Memperkenalkan Profil Perusahaan atau Brand

Membuat profil perusahaan atau brand yang menarik adalah salah satu cara yang tepat untuk memperkenalkan brand Anda. Semakin orang mengenal brand kita, maka semakin besar peluang untuk mempromosikan brand Anda kepada end customer, calon rekanan atau bahkan peluang yang lebih besar lainnya. Sebuah penawaran atau kerjasama brand seringkali diawali dengan pencarian informasi yang lebih mendalam di situs web perusahaan.

  1. Sarana Publikasi Resmi Perusahaan

Website sering dijadikan sebagai saran publikasi resmi untuk sebuah brand atau perusahaan. Misalnya saja saat perusahaan mengadakan promo resmi di event tertentu atau undian berhadiah.

  1. Tampil Lebih Profesional

Perusahaan yang mempunyai website resmi cenderung tampil dengan image professional di mata konsumen modern. Akan dianggap aneh atau menjadi tanda taya saat sebuah brand professional tidak mempunyai website. Itulah salah satu alasan penting mengapa sebuah brand atau perusahaan sangat disarankan mempunyai situs web.

  1. Mendapatkan Pelanggan Baru

Website juga menjadi media termudah untuk menggaet pelanggan baru dari luar daerah, atau bahkan luar negeri. Hal ini normal terjadi lantaran website dapat diakses oleh pengunjung dari mana pun mereka berada. Selain itu, dengan optimasi website secara organik maupun berbayar, kita dapat menargetkan calon pengunjung baru melalui keyword yang kita bidik.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Hal yang Perlu Anda Persiapkan Sebelum Terjun ke Dunia Bisnis, Agar Sukses Bukan Lagi Sekedar Mimpi

Kita juga bisa mengoptimalkan media sosial seperti Facebook, Instagram dan twitter untuk semakin mengoptimalkan trafik ke website brand kita.

  1. Mendapatkan Partner Baru

Untuk terus berkembang, perusahaan seringkali membutuhkan partner untuk bersinergi. Dengan website yang optimal, sebuah brand atau perusahaan akan mempunyai nilai jual lebih sehingga lebih mudah menemukan partner untuk berkembang.

  1. Media Hard Selling dan Soft Selling

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk pemasaran online. Selain mempunyai akun media sosial, sebuah brand disarankan untuk mempunyai website sendiri. Website ini berperan sebagai toko utama dimana perusahaan memperkenalkan produk mereka kepada calon konsumen dan melakukan hard-selling maupun soft-selling. Detail produk, dan copywriting akan menjadi kombinasi menarik untuk diterapkan di website Anda agar penjualan menjadi lebih optimal.

  1. Memudahkan Pelanggan untuk Menghubungi Kembali

Dalam beberapa media pemasaran, calon pelanggan kerap menerima informasi seputar perusahaan atau brand kita melalui iklan Google, melihat browser, iklan media sosial, dan yang lainnya. Calon pelanggan mungkin kesulitan untuk menghafal kontak kita secara langsung. Namun dengan mengingat nama brand atau perusahaan, mereka dapat menemukan kita kembali dengan mudah dengan cara mengetikkan kata kunci brand/ perusahaan di mesin pencari. Dalam sekejap, mereka menemukan situs web kita dan kontak yang bisa dihubungi.

  1. Meningkatkan Kualitas Layanan

Website bisa membantu perusahaan atau brand dalam meningkatkan layanan terhadap pelanggan. Selain memasang fitur live chat, fitur lain yang bisa mengoptimalkan layanan terhadap pelanggan antara lain halaman khusus tanya jawab (FAQ), artikel terkait, formulir online, forum, dan sebagainya. Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, situs web perusahaan harus user friendly, cepat, up to date dan informatif.

  1. Alat untuk Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Di tengah- tengah masyarakat yang mulai melek teknologi, perusahaan yang mempunyai situs web akan terkesan sebagai perusahaan yang lebih maju dan modern. Website menjadi salah satu bukti bahwa perusahaan atau brand mempunyai kredibilitas dalam mengusung brand mereka, serta memberikan kemudahan kepada orang- orang untuk mengenal mereka dengan lebih mudah baik dan lebih mudah.

  1. Mudah dan Selalu Bisa Diakses

Dengan situs web, pelanggan dapat mengakses informasi dan produk/ jasa yang Anda tawarkan kapan pun, dan dimanapun tanpa batasan. Dengan begitu, perusahaan tak akan kehilangan pelanggan potensial. Akses dan kemudahan bukan lagi halangan, bahkan sekalipun terbentur tanggal merah dan kantor tutup secara operasional.

  1. Kemudahan Melakukan Polling/ Survey

Polling atau survey sering dilakukan perusahaan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan keperluan penelitian. Dengan situs web, hal ini bisa terakomodir dengan mudah karena banyaknya fitur dukungan untuk kebutuhan polling dan survey pelanggan.

  1. Target Pasar yang Lebih Luas
Artikel Menarik Lainnya :   10 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sendiri

Situs web bukan hanya menjangkau pasar local saja, tapi juga pasar nasional dan internasional. Nyaris tanpa Batasan kecuali memang Batasan yang kita atur sendiri untuk keperluan marketing. Hal ini tentu saja berbeda dengan brand atau perusahaan yang hanya mengandalkan pemasaran offline saja dimana mereka terbatasi oleh waktu dan juga lokasi. Pemasaran offline sebenarnya juga bisa menembus pasar yang lebih luas, namun tidak sedikit budget promosi yang harus mereka keluarkan jika masih menggunakan cara konvensional.

  1. Menjadi Virtual Asset Bisnis

Apapun yang menghasilkan penjualan (income) adalah asset. Sama halnya dengan website, sehingga dengan sendirinya website mempunyai nilai bisnis yang berharga. Website mendorong aktifitas penjualan menjadi lebih baik, menjadi jembatan komunikasi dan pelayanan, serta media untuk mempromosikan perusahaan kepada calon pelanggan dan juga partner untuk berkembang. Sedemikian vitalnya website, sangat sayang jika sebuah perusahaan hanya sekedar berdiri tanpa dilengkapi dengan sebuah situs web.

  1. Brand/ Perusahaan Semakin Terkenal

Ada jutaan pengguna yang mengakses internet setiap harinya untuk bisa mendapatkan informasi dan melakukan transaksi secara online sesuai kebutuhan. Artinya, dengna mempunyai website, maka Anda telah mengoptimalkan potensi perusahaan Anda untuk dikenal oleh lebih banyak konsumen dan calon konsumen di luar sana.

  1. Menghemat Biaya

Banyak yang beranggapan bahwa membuat website professional membutuhkan biaya yang sangat besar. Kenyataannya, biaya yang investasikan sangat murah jika dibandingkan dengan keuntungan yang Anda peroleh. Anda juga bisa melakukan Analisa biaya marketing yang bisa Anda lakukan secara online dengan mengoptimalkan website dibandingkan menghabiskan budget untuk media promosi offline.

  1. Menghemat Waktu

Berapa bayak waktu yang dibutuhkan perusahaan untuk menyampaikan informasi terbaru terkait produk dan jasa yang kita tawarkan? Berjam- jam atau bahkan berhari- hari?? Dengan platform, penyebaran informasi bisa dilakukan secepat mungkin, dan bahkan nyaris instant! Dalam hitungan menit, calon konsumen dan konsumen Anda akan langsung mengetahui informasi terbaru yang perusahaan Anda bagikan.

 

Bagaimana dengan Platform Media Lain?

Setiap media mempunyai kelebihan dan kekurangan masing- masing. Mempunyai website bukan berarti Anda harus berhenti menggunakan platform lain untuk campaign marketing bisnis Anda. Sebaliknya, Anda mempunyai pertimbangan lain untuk mengoptimalkan platform yang paling efektif untuk marketing, layanan, informasi dan komunikasi bisnis dan perusahaan Anda.

 

Semoga ulasan manfaat dan keuntungan website bagi perusahaan, bisnis , dan brand ini bermanfaat.