Blogger, terutama pemula, seringkali disulitkan dengan cara masuk ke cPanel hosting lantaran tidak ingat dengan URL aksesnya. Kesulitan juga sering dialami oleh blogger yang membuka jasa pembuatan website karena mereka biasanya tinggal menerima bersih dari jasa yang mereka terima. Baik itu untuk pembelian domain, desain, dan semua yang berhubungan dengan website.

 

Cara Mengakses cPanel Tanpa Mengingat URL

Saat membeli hosting, biasanya provider hosting akan memberikan link khusus untuk mengakses cPanel Anda. Jika terpaku pada hal itu, Anda mungkin saja berpikir bahwa URL itu lah satu- satunya cara untuk mengakses cPanel. Kenyataannya, mengakses cPanel tidak mengharuskan Anda mengingat URL login yang diberikan hosting.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Inodes? Bagaimana Cara Mengurangi Jumlah Inodes di Hosting?

Anda dapat mengakses cPanel Anda dengan mudah melalui beberapa  cara berikut ini :

1. Menambahkan Kata ‘CPanel’ di Akhir Domain

Cara pertama ini merupakan cara yang paling umum digunakan. Untuk masuk ke cPanel hosting, Anda tidak perlu mengingat URL aksesm melainkan menambahkan kata ‘cPanel’ di akhir nama domain.

Coba lah ketik Http://DomainAnda/Cpanel, atau Http://DomainAnda.Comcpanel kemudian tekan ‘Enter’. Setelah itu, masukkan username dan password Anda. Mudah sekali, bukan?

 

2. Menaruh Kata ‘cPanel’ di Depan Nama Domain

Nyaris sama dengan cara yang pertama. Hanya bedanya, kata ‘cPanel’ Anda letakkan didepan nama domain. Coba lah ketik Http://Cpanel.DomainAnda.Com, kemudian tekan ‘Enter’. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman cPanel Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Trafik Website Atau Blog Anda Menurun Tiba-Tiba? Mungkin Ini Penyebabnya

 

3. Anda Hanya Perlu Menambahkan ‘:2082’ atau ‘:2083’ di Akhir Nama Domain

Coba perhatikan, saat Anda menggunakan cara pertama atau cara kedua login ke cPanel hosting, halaman tersebut redirect ke halaman akses cPanel yang berupa nama domain dengan akhiran angka 2082 atau 2083. Maka cara ketiga, Anda dapat menambahkan salah satu kombinasi angka tersebut dengan mudah.

 

Ingat Username dan Password Login cPanel

Setelah Anda dapat mengakses dengan mudah login cPanel hosting, pastikan Anda mengetahui dengan pasti username dan password login Anda. Jika perlu, coba lah catat akses tersebut di notepad untuk menghindari kesalahan.

Jika Anda melakukan kesalahan login tiga kali beruntun, baik itu username atau pun password, maka IP Anda akan di-blokir. Untuk mengatasinya, Anda harus menghubungi bantuan teknis provider hosting Anda agar mem- Whitelisted IP yang Anda gunakan.

Artikel Menarik Lainnya :   9 Tips SEO yang Wajib Diterapkan oleh Pemilik Website eCommerce

Selamat mencoba!