Jika Anda sudah memasukkan email marketing ke dalam daftar campaign digital Anda, tentu Anda sudah semakin memahami pentingnya strategi yang satu ini untuk bisnis yang Anda geluti. Dengan mempunyai ‘harta karun’ berupa pembeli dan calon pembeli potensial, email marketing membantu Anda untuk melipatgandakan penjualan dengan lebih optimal lagi.

Untuk Anda yang belum memperhitungkan email marketing karena satu dan lain hal, strategi yang satu ini patut Anda pertimbangkan kembali. Sudah banyak para internet marketer yang menyatakan keampuhan strategi yang satu ini. Selain yang sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya, Email Marketing vs Social Media, Mana yang Lebih Baik untuk Mendongkrak Penjualan Anda, fakta lain mengungkap bahwa campaign digital yang satu ini sudah terbukti 40 kali lebih berhasil membantu pebisnis mendapatkan klien baru dibandingkan dengan platform media sosial popular, seperti Facebook, Instagram atau Twitter. Yakin mau melewatkan??

 

Memilih Platform Layanan Email Marketing Terbaik

Untuk membuat strategi ini berhasil, tentu Anda membutuhkan sebuah platform layanan email marketing yang berkualitas. Ada banyak sekali layanan yang menyediakan jasa autoresponder dan email marketing. Untuk membantu Anda menjatuhkan pilihan, berikut rekomendasi limat platform layanan email terbaik yang dapat Anda coba :
1. MailChimp
Layanan email marketing Mailchimp

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun, MailChimp meng-klaim bahwa mereka telah mengirimkan lebih dari 600 juta email setiap harinya dari pelanggan mereka. Jumlah yang cukup fantastis, bukan?

MailChimp bukan hanya mempunyai interface yang menarik, tapi juga mempunyai banyak pilihan pre-built drag and drop template yang siap Anda gunakan. Dengan template yang mereka sediakan, Anda dapat merancang konten marketing Anda dengan lebih mudah. Selain itu, MailChimp juga mempunyai fitur A/B testing, daftar segmentasi, reporting, dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Menerapkan Email Marketing untuk Pelaku Bisnis eCommerce

Yang terupdate, MailChimp kini juga sudah terintegrasi dengan 3 channel iklan yang membantu marketer menjangkau calon konsumen dengan lebih baik, yaitu Instagram Ads, Facebook Ads, dan Google Ads (Adwords).

Pricing

Lihat Gambar :
Free : 2,000 subscribers & 2000 emails per month
$10 : 500 subscribers & unlimited emails per month
$15 : 1,000 subscribers & unlimited emails per month
$20 : 1,500 subscribers & unlimited emails per month
$25 : 2,000 subscribers & unlimited emails per month

2. Get Response
Layanan email marketing Get Response
Untuk pemula, Get Response nyaris sangat mudah untuk digunakan, baik itu sebagai email marketing, auto responder, atau landing page. Platform email yang satu ini diluncurkan pada tahun 1998, dan telah menjadi melayani lebih dari 350.000 pengguna meskipun awalnya hanya berupa platform yang sangat sederhana.

Beberapa fitur andalan dari Get Response antara lain drag & drop email builder, segmentasi, analysis & stastistik, A/B testing, webinar, landing page, dan custom form.

Fitur favorit para marketer dari Get Response yang tidak ditemukan di platform lain adalah adanya landing page dengan berbagai template yang disediakan atau Anda dapat membuatnya sesuai keinginan sendiri (built from scratch). Namun, untuk bisa menikmati fitur landing page ini, Anda harus mmepunyai akun premium dengan biaya kisaran $15 per bulan.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Hal yang Harus Anda Perhatikan untuk Membuat Ads yang Convert

Pricing

Lihat Gambar :
Free Trial? Ya
Beginner : starts from $15 (up to 1,000 subscribers)
Pro : starts from $49 (up to 5,000 subscribers & Pro fitur)
Max : starts from $165 (up to 10,000 subscribers & Max fitur)

 

3. Aweber
Layanan email marketing Aweber
Sama dengan GetResponse, Aweber juga diluncurkan pada tahun 1998. Hingga kini, Aweber salah satu platform email marketing yang cukup diminati dengan jumlah pelanggan lebih dari 120.000.

Berbeda dengan platform lain, Aweber memberi kesan lebih sederhana, minimalis, tapi efektif. Jika Anda adalah tipe marketer yang lebih mengutamakan interface, maka platform yang satu ini bisa Anda skip. Meski begitu, Aweber adalah tetap menjadi salah satu platform terbaik karena tingkat deliverability yang mencapai lebih dari 99 persen.

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh penyedia email yang satu ini adalah custom form, lebih dari 700 template email, drag & drop editor, analisis dan segmentasi kustom.

Pricing

Lihat Gambar :
Free Trial? Yes!
$19 : up to 500 subscribers
$29 : up to 2,500 subscribers
$49 : up to 500 subscribers
$69 : up to 10,000 subscribers
$149 : up to 25,000 subscriber

4. ConvertKit
Layanan email marketing Convertkit
ConvertKit adalah layanan #emailmarketing yang didirikan oleh Nathan Barry dengan tim berpengalaman yang menghasilkan platform layanan email yang menarik, efektif, dan mudah digunakan.

ConvertKit membantu user untuk membuat form yang dapat terintegrasi dengan plugin WordPress yang tersedia. Fitur menarik lainnya adalah landing page untuk halaman opt-in, halaman coming soon, dan masih banyak lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   Step by Step Cara Beriklan di Facebook

Pricing

Lihat Gambar :
Free Trial? Yes!Free Trial? Yes!
$29 : up to 1,000 subscribers
$49 : up to 3,000 subscribers
$79 : up to 7,900 subscribers

5. Drip
Layanan email marketing Drip
Dibandingkan dengan empat layanan email lainnya, Drip adalah yang termuda. Drip adalah layanan pemasaran dengan fitur otomatisasi yang mengagumkan. Hanya dalam hitungan menit, platform yang satu ini dapat membantu Anda untuk menambahkan formulir pendaftaran ke situs Anda dan mulai mengumpulkan email pelanggan.

Dengan fitur yang ditawarkan, Drip memang memiliki harga yang cenderung lebih mahal. Namun, banyak marketer masih menganggap harga yang ditawarkan sebetulnya cukup murah karena fitur- fitur keren yang sangat membantu para marketer. Bayangkan saja, dengan platform yang satu ini, Anda akan mempunyai kemampuan untuk mengelola siklus hidup pelanggan Anda, melihat perubahan mereka dari pengunjung menjadi anggota, dan berlanjut menjadi pelanggan.

Anda juga bisa menandai jenis pelanggan berdasarkan tindakan mereka. Anda dapat melakukannya dengan menerapkan tag tertentu dan memulai urutan email jika pengguna sudah mengunjungi laman Anda selama sekian kali.

Pricing

Lihat Gambar :
Free Trial? Yes!
$0 : up to 100 subscribers
$41 : up to 2,500 subscribers
$83 : up to 5,000 subscribers

Dari kelima layanan email marketing di atas, sudahkah Anda mendapatkan gambaran mana platform yang paling sesuai untuk Anda? Untuk beberapa layanan yang menawarkan opsi Free Trial, tidak ada salahnya untuk Anda coba. Dengan mencicipi fitur gratis via free trial, akan semakin mudah bagi Anda untuk memantapkan hati.

Selamat mencoba!