Jika Anda pemain bisnis online namun belum mengubah akun Instagram Anda menjadi profil bisnis, maka ada banyak hal yang telah Anda lewatkan. Apalagi, kini sebagian besar pebisnis online sudah menjadikan Instagram sebagai salah satu senjata pamungkas untuk mendapatkan pembeli.

Memang apa untungnya sih menjadi profil bisnis? Ya, tentu saja banyak user mengubah profilnya menjadi bisnis bukan tanpa alasan. Pasti ada beragam keuntungan yang diperoleh user. Yang utama, fitur bisnis membantu user untuk memperluan jangkauan market dan membantu user untuk lebih mengoptimalkan akun Instagram mereka.

Apalagi Manfaat/ Keuntungan Lainnya?

Selain itu, beberapa keuntungan berubah menjadi profil bisnis antara lain sbb :
1. Akses Gratis untuk Insight ( Wawasan)
Sayang sekali kalau punya akun Instagram yang ramai, tapi tidak bisa membaca Insight. Hmmmm…. Masalah ini akan selesai saat Anda mengubah profil pribadi Anda menjadi bisnis. Untuk mengakses Insight secara gratis, klik icon ‘Statistik’ yang terletak di atas.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengatasi Perubahan Algoritma Instagram 2018 : Trik Meningkatkan Engagement

Lantas, apa saja yang dapat dibaca di Insight? Ada cukup banyak, mulai dari statistik jumlah follower dan kiriman, sampai jumlah tayangan, jangkauan, impresi profil, jumlah klik situs, klik telepon dan klik email. Untuk #follower, Anda juga bisa melihat berdasarkan gender, range usia dan wilayah. Anda juga bisa melihat postingan terpopuler dan jam postingan Anda paling banyak diakses pengguna. Dengan data Insight ini, tentu saja Anda akan lebih mantap untuk mengoptimalkan akun Instagram Anda dan menentukan strategi selanjutnya, bukan?

Membaca Insight Instagram 1

2. Anda Kini Bisa Menentukan Waktu Terbaik untuk Posting
Seperti yang sekilas Saya sebutkan di point #1, dengan membaca Insight, Anda kini dapat menentukan waktu terbaik untuk posting. Bagaimana caranya? Dengan melihat data statistik jam dan hari dimana postingan Anda paling mendapatkan banyak respon. Jadi, Anda kini tidak lagi menebak- nebak apakah postingan Anda hanya efektif di prime time atau justru di jam- jam yang tak terduga.

Artikel Menarik Lainnya :   Benarkah IGTV Akan Menjadi Ancaman Serius untuk YouTube?

3. Anda Bisa Menganalisa Target Market Anda
Dengan membaca Insight, Anda kini bisa mengenali data follower Anda. Dari data ini, Anda akan bisa mengalisa apakah target market Anda sudah sesuai atau belum. Jika sudah sesuai, Anda bisa memanfaatkannya dengan manajemen konten yang lebih optimal. Tapi jika belum sesuai, Anda bisa mencoba strategi lainnya, seperti Instagram Ads atau Paid Endorse.

4. Calon Pembeli Bisa Menghubungi Anda dengan Mudah
Saat menjadi profil bisnis, ada tiga tab kontak yang memperpendek jarak Anda dengan calon pembeli, yaitu tab Telepon, Email dan Petunjuk Arah. Dengan tiga tab kontak ini, calon pembeli dapat menghubungi Anda dengan lebih mudah. Dari sisi penjual, Anda dapat meminimalkan kemungkinan lost order.

Artikel Menarik Lainnya :   11 Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Mengubah Akun Instagram Pribadi Menjadi Profil Bisnis

5. Membalas Komentar dengan Mudah via Fanpage
Saat mengubah akun Instagram Anda menjadi bisnis, Anda diminta untuk menghubungkan akun Anda dengan fanpage. Di saat fanpage dan Instagram sudah terhubung, Anda dapat melihat notifikasi komentar di fanpage, sekaligus membalas pesan yang masuk via fanpage tersebut.

6. Informasi Kategori Instagram Bisnis
Informasi kategori bisnis akan muncul untuk akun Instagram yang sudah berubah dari profil pribadi menjadi bisnis. Kategori ini akan sama persis dengan kategori yang telah di-setting sebelumnya di fanpage terhubung. Jadi jika di fanpage kategorinya adalah Community, maka di Instagram adalah Community, jika di fanpage adalah shopping & retail, maka di Instagram pun akan sama.

Dengan enam keuntungan menarik ini, jika Anda pebisnis online yang bermain di Instagram, maka sangat direkomendasikan untuk mulai mengubah akun Instagram pribadi Anda menjadi profil bisnis.