Type to search

Blogging

6 Keuntungan Menarik Menjadi Blogger di Era Digital

Share
6 Keuntungan Menarik Menjadi Blogger di Era Digital

Ada banyak pilihan untuk mendapatkan penghasilan secara online dari internet. Selain berjualan online, menjadi seorang blogger adalah salah satu pilihan menarik lainnya. Terutama sejak media online berhasil menjadi pengganti dari media cetak yang semakin ditinggalkan oleh penggemarnya.

Menjadi seorang blogger, berarti kita telah berkontribusi dalam percepatan informasi di era digital. Misalnya saja saat Anda menjadi blogger dengan blog niche viral. Dalam kurun waktu kurang dari satu jam, informasi viral yang baru saja Anda dengar sudah berhasil Anda publikasikan dan menjangkau ratusan bahkan ribuan pembaca dalam waktu singkat. Bagaimana dengan blog politik di musim Pilkada dan Pemilu? Dari segi trafik dan penghasilan pasti akan menggiurkan jika dikelola dengan baik. Dan ini baru contoh kecil saja 🙂

 

Keuntungan Menjadi Blogger di Era Digital

Menjadi blogger di era digital sebenarnya bukan semata- mata demi mendapatkan penghasilan tambahan. Ada orang- orang yang ingin menjadi blogger semata- mata demi passion. Ada juga yang menekuninya untuk mengisi waktu luang. Apa pun itu, berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa Anda nikmati dengan menjadi seorang blogger :

  1. Media untuk Mengembangkan Network

Jauh sebelum ada media sosial, blog telah menjadi salah satu media untuk menambah teman dan mengembangkan network. Salah satu cara yang dilakukan oleh blogger untuk hal ini adalah dengan melakukan blogwalking atau berkunjung ke blog lain untuk mendapatkan backlink dan informasi lain.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Niche Website yang Dilarang dan Tidak Akan Disetujui Google Adsense

Selain blogwalking, para blogger juga kerap ‘nongkrong’ di forum blogger untuk bertukar informasi dan upgrade ilmu. Bisa dibilang, bukan hanya teman yang bertambahm tapi juga pengetahuan dan skill seputar blogging.

 

  1. Menjadi Portofolio Online

Saat Anda memperkenalkan diri Anda dalam sebuah CV kepada perusahaan atau partner bisnis, blog yang Anda miliki adalah salah satu media yang memperkuat portofolio Anda. Terutama jika blog Anda dibuat dengan konten yang unik dan bermanfaat, serta dibanjiri pengunjung setiap harinya.

Melalui media blog tersebut, perusahaan atau partner bisnis akan mengenal profil dan skill Anda dengan lebih mendalam melalui konten- konten yang Anda bagikan. Jika Anda mempromosikan diri Anda ke situs freelancer sebagai penulis online, blog Anda juga akan menambah ‘nilai jual’ Anda di mata pencari jasa.

 

  1. Sebagai Ajang Kreatifitas

Ada banyak cara untuk mengasah kreatifitas Anda. Jika memang passion Anda di dunia blogging, maka menjadi blogger adalah ajang kreatifitas yangcoock untuk Anda. Dengan media blog, Anda akan semakin terdorong untuk menghasilkan karya- karya produktif nan kreatif dan bermanfaat untuk pembaca Anda.

Selain membuat konten berupa tulisan, sebagai blogger Anda juga bisa membuat kompilasi konten berupa gambar, video, polling, survey, dan lainnya. Jangan membatasi jenis konten Anda agar kreatifitas Anda sebagai seorang blogger semakin terasah.

Artikel Menarik Lainnya :   4 Alasan Mengapa Blogger Sebaiknya Memposting Ulang Konten Lama

 

  1. Sebagai Media Branding Agar Cepat Dikenal

Ada banyak cara untuk eksis. Jika blogging adalah passion Anda, maka mempopulerkan diri Anda lewat media blog akan meningkatkan personal branding Anda. Dengan produktif menjadi blogger, maka karya- karya Anda akan berbicara tentang siapa diri Anda.

Setelah menuangkan pikiran Anda ke media blog, Anda dapat mempromosikan konten yang Anda buat ke media lain, seperti media sosial. Dengan begitu, konten Anda akan menjangkau lebih banyak orang. Lebih banyak orang, berarti lebih banyak keuntungan untuk personal branding Anda.

 

  1. Menjadi Sumber Informasi yang Relevan

Saat dikelola dengan baik, sebuah blog dapat menjadi rujukan sumber informasi yang terpercaya. Salah satu godaan saat menjadi blogger adalah menampilkan informasi yang menyesatkan atau hoax dengan tujuan banjir pengunjung. Meskipun godaan tersebut sangat menggiurkan, cobalah untuk menghindarinya karena hal tersebut dapat merugikan banyak pihak, yaitu diri sendiri, orang lain, dan bahkan negara.

Justru di saat banyak blog menjadi penebar hoax, jadi lah pembeda dengan menjadi sumber referensi yang obyektif dan tetap memegang teguh prinsip.

 

  1. Menjadi Sumber Penghasilan

Bukan hanya penghasilan sampingan, namun benar- benar bisa menjadi sumber penghasilan yang mumpuni saat sebuah blog dikelola dengan baik. Sudah banyak blog ‘biasa’, bukan media raksasa bernama, yang ternyata menghasilkan pundi- pundi rupiah yang lumayan setiap bulannya dari media blog. Penghasilan ini bisa mereka peroleh dari berbagai cara, misalnya dengan mengikuti program monetize Adsense, atau afiiliate.

Artikel Menarik Lainnya :   Apa itu Instant Articles? Hal- Hal yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Mendaftar

 

Cara Menjadi Blogger

Untuk menjadi seorang blogger, tentu Anda bisa mengawalinya dengan membuat website atau blog Anda sendiri. Untuk membuat blog, Anda dapat melakukannya secara gratis dengan blogspot atau secara berbayar dengan menyewa hosting dan membeli domain sendiri.

Untuk membuat website secara berbayar, Anda dapat menggunakan provider hosting Indonesia yang sudah terpercaya dan terbukti kualitasnya seperti Niagahoster. Untuk pemula, Anda bisa memulai blog berbayar Anda dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu kurang dari Rp 20.000 per bulan.

Setelah punya blog, apa langkah selanjutnya? Selain membuat konten, tentu saja Anda harus mempelajari dasar- dasar SEO agar konten dan blog Anda tampil secara optimal di mesin pencari. Dengan begitu, situs web bisa memperoleh raupan pengunjung yang baik untuk pengembangan blog Anda selanjutnya.

Untuk tutorial website lainnya, seputer blog, SEO, WordPress, dan yang lainnya, Anda bisa mendaptakannya secara gratis di blog Panda Gila.

 

Selamat mencoba! Semoga bermanfaat!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.