Setiap orang tentu ingin menjadi seorang pengusaha sukses. Seseorang yang digambarkan sebagai sosok yang cerdas, mapan, stabil dan siap membuat kagum setiap orang dengan kesuksesan yang diukirnya. Tahukah Anda, sosok pengusaha ini dapat Anda temukan dimana saja. Anda bahkan bisa melihat sosok calon pengusaha di diri Anda, sahabat atau saudara ketika Anda bisa membaca karakteristik kecerdasan yang mereka miliki.

Memang benar tidak ada manusia yang sempurna. Pun dengan sosok pengusaha ini. Mereka juga kerap memiliki banyak kekurangan dan seringkali membuat kesalahan bodoh. Namun, meski demikian, umumnya banyak wiraswastawan sukses memiliki beberapa ciri khas yang sama terkait dengan jenis kecerdasan yang mereka miliki. Kecerdasan ini lah yang menuntun mereka menjadi seorang pengusaha yang memiliki mental tangguh dan semangat terus maju sehingga di waktu yang tepat mereka dapat meraih kesuksesan.

 

Rata- rata Pengusaha Memiliki Jenis Kecerdasan Seperti Ini

Sampai saat ini tidak ada bukti konkrit bahwa untuk menjadi pengusaha harus lah memiliki IQ yang tinggi atau background pendidikan tertentu. Kecerdasan tidak melulu soal IQ, cum laude atau tingkat pendidikan tertentu. Setiap kekuatan dan kemampuan yang menjadikan mereka seorang wiraswasta yang sukses biasanya bermula dari keinginan yang kuat dan tekad yang luar biasa untuk mengubah hidup mereka menjadi lebih baik lagi.

Tidak sedikit dari pengusaha yang justru merupakan seorang drop out-an dan memiliki pendidikan tidak cukup tinggi. Meski tidak berpendidikan tinggi atau hanya drop out-an, bukan berarti mereka bodoh atau orang gagal. Ada sesuatu dalam diri mereka yang menjadikan mereka menemukan jalan mereka sendiri. Mereka memiliki kecerdasan dan keahlian yang kerap tidak ditemukan oleh mereka yang serius meraih pendidikan tertinggi dari jalur formal. Nah, jenis kecerdasan ini lah yang wajib dimiliki oleh siapa pun yang ingin menjadi seorang pengusaha. Simak ulasan kami berikut ini :

Artikel Menarik Lainnya :   Zhou Qunfei, Dulu Buruh Pabrik, Kini Berduit Rp 99 Triliun

1. Kecerdasan Berbahasa
Kecerdasan berbahasa sangatlah penting. Seorang individu yang memiliki kecerdasan berbahasa akan memiliki kemampuan untuk menyampaikan gagasan/ ide dan informasi dengan baik. Ia dapat menggunakan rangkaian bahasa yang tidak harus formal dan tidak harus terstruktur, tapi dapat diterima oleh orang lain dan diserap dengan baik. Individu ini dikenal memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik secara lisan maupun tulisan, serta dapat membaca situasi.

Dengan kecerdasan berbahasa, seseorang akan menjadi sosok pemimpin yang dapat mengatur anak buahnya dengan baik dengan modal bahasa leadership yang berwibawa. Jika Anda ingin menjadi seorang pengusaha, maka miliki kecerdasan berbahasa. Ini akan menjadi penting bagi Anda agar dapat memimpin tim secara ideal, mempresentasikan ide Anda dengan baik pada klien dan investor dan tentunya membuat perencanaan bisnis yang matang.

Artikel Menarik Lainnya :   22 Nasehat Bijak dari Entrepreneur Paling Sukses di Cina

2. Kecerdasan Matematis
Memiliki kecerdasan matematis artinya seorang #pengusaha memiliki kemampuan yang baik dalam hal yang berhubungan dengan perhitungan angka, analisa dan berpikir logis. Kemampuan ini dapat membantu seorang pengusaha dalam menganalisa permasalahan, dan kemudian mencari solusi dan melalukan perbaikan spesifik. Dengan kecerdasan ini juga seorang pengusaha dapat mengelola financial perusahaan dengan baik sehingga neraca keuangan perusahaan stabil dan seimbang sehingga dapat memaksimalkan keuntungan.

3. Kecerdasan Kinestesis
Memanfaatkan kecerdasan kinestesis, seorang pengusaha akan jeli dalam melakukan inovasi terhadap produk dan bisnis yang mereka miliki. Kecerdasan kinestesis ini sendiri cenderung melibatkan koordinasi tubuh dan pikiran yang terintegrasi secara ideal. Jika Anda ingin menjadi seorang pebisnis, maka memiliki kecerdasan ini sangat lah penting agar bisnis yang Anda jalani terus berkembang di tengah kompetisi yang semakin ketat dari waktu ke waktu.

4. Kecerdasan Intra-Personal
Seorang pengusaha harus memiliki kontrol diri yang baik. Ia harus dapat mengenali dan memahami kelebihan dan kekurangan diri sendiri dan mampu menggunakan seluruh kekuatannya untuk me-#motivasi diri sendiri. Nah, tipe kecerdasan seperti ini lah yang disebut dengan kecerdasan Intra-Personal. Dengan kemampuan seperti ini, maka seorang pengusaha dapat membuat perencanaan dan strategi bisnis jangka pendek dan panjang serta tenang dan mantap dalam mengambil keputusan.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Langkah Memulai Usaha Baru untuk Pemula dari Nol Hingga Sukses

5. Kecerdasan Inter-Personal
Kecerdasan Inter-Personal menciptakan seorang pengusaha yangg memiliki interaksi yang aktif dan efektif dengan bawahan dan orang- orang di sekitarnya. Ia memiliki kemampuan dalam mengontrol emosi, memiliki empati dan toleransi yang sangat baik terhadap orang lain, memiliki kemampuan bernegosiasi, motivasi yang baik dan dapat bekerja sama dengan nyaman dengan siapa pun.

6. Kecerdasan Musikal
Perlukah memiliki kecerdasan musikal? Ya tentu saja seorang wiraswasta juga perlu memiliki jenis kecerdasan ini. Jangan gagal paham dulu, kecerdasan musikal bukan berarti berhubungan dengan keahlian bermain musik atau bernyanyi. Kecerdasan Musikal adalah kemampuan seseorang untuk memahami penekanan dan ritme dalam berbicara. Dengan memiliki ketrampilan ini, maka seorang individu akan dapat menjadi pendengar yang baik. Selain itu, menurut sebuah study, seseorang dengan kecerdasan musikal juga cenderung dapat berpikir secara logis dan memiliki mindset yang matang. Dengan mindset yang baik, maka seorang pengusaha akan siap untuk melewati berbagai tantangan dan hambatan yang kerap datang dalam bisnisnya.

Menjadi pengusaha memang tidak semudah yang terlihat. Ketika seseorang sudah berhasil menjadi seorang pengusaha, khususnya bila memulai dari bawah, maka sudah cukup banyak yang telah melatihnya dan menjadikannya seseorang yang Anda kenal saat ini. Bukan sekedar pendidikan formal atau keberuntungan, tapi benar- benar sebuah perjalanan yang menakjubkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.