Type to search

Entrepreneurship

Ini Dia Alasan Utama Orang Kaya Tidak Menabung

Alasan orang kaya tidak menabung

Tidak sedikit masyarakat kita yang beranggapan bahwa menabung itu penting demi masa depan yang baik. Ada juga yang beranggapan bahwa menabung adalah langkah penting untuk  mempersiapkan masa pensiun kita. Namun, apakah menabung saja cukup?

Kenyataannya, aktifitas menabung tidak membuat banyak kemajuan untuk finansial kita. Menabung tidak cukup cukup untuk mempersiapkan masa pensiun yang aman di masa depan.

Misalnya saat Anda ingin membeli rumah seharga 1 M. Untuk mendapatkan rumah tersebut Anda menabung sampai terkumpul uang 1M selama 7 tahun. Namun apa yang terjadi 7 tahun kemudian? Rumah yang ingin Anda beli seharga 1M itu kini harganya naik menjadi 2-3 kali lipat. Apakah Anda ingin melanjutkan menabung lagi hingga terbeli rumah yang harganya sudah melejit itu?

Namun, mengapa membeli rumah seolah menjadi hal yang mudah untuk orang kaya? Strategi apa yang mereka gunakan untuk mengatasi problem finansial mereka di masa depan dan sekaligus solusi untuk masa pensiun mereka?

Jawabannya sederhana : tidak dengan menabung.

Daftar Isi

Artikel Menarik Lainnya :   10 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sendiri

Alasan Orang Kaya Tidak Menabung

Dibandingkan menabung, orang kaya memilih untuk menginvestasikan uang yang dimilikinya untuk memperbesar nilai uang tersebut. Bisa dibilang, tindakan mereka ini seperti menggandakan uang atau mempunyai penghasilan tambahan dari investasi tersebut.

Namun, mengapa mereka memilih tidak menabung? Berikut ini adalah beberapa alasannya :

Menghindari Dua Kali Pajak

Saat bekerja sebulan penuh, tentu gajian adalah hal yang Anda tunggu- tunggu di penghujung bulan. Sebelum gaji tersebut jatuh ke tangan Anda, gaji biasanya akan dipotong pajak penghasilan yang langsung dilakukan oleh perusahaan.

Saat Anda menyisihkan uang gaji Anda untuk ditabung ke bank, perlu diketahui bahwa ada pajak lain di bank yang bisa menggerus uang Anda. Memang di sisi lain Anda juga mendapatkan bunga tabungan yang berkisar antara 1-2% saja per tahun sebelum pajak. Namun nilai ini tentu tidak signifikan.

Selain itu ada juga pajak tersembunyi lain yang perlu untuk diketahui, yaitu inflasi.

Artikel Menarik Lainnya :   Kisah Inspiratif Sally Giovanny, Dari Keliling Pasar Kini Sukses Jadi Pebisnis Batik Trusmi
Investasi vs Menabung

Inflasi

Inflasi adalah pajak tersembunyi yang dpaat merenggut nilai uang kita. Uang yang Anda tabungkan ke bank selama ini, bisa jauh berkurang nilainya karena inflasi. Apalagi setiap tahunnya bunga yang dibayarkan bank telah terbawa oleh pajak dan inflasi.

Setiap tahunnya, rata- rata tingkat inflasi adalah 4% per tahun. Sedangkan biaya Pendidikan kenaikannya bisa mencapai 17% per tahun. Jika Anda hanya mengandalkan tabungan saja, Anda tidak akan bisa mengejar tingkat inflasi yang nilainya lebih cepat dibandingkan bunga tabungan.

Menghindari Resiko

Banyak yang memilih menabung lantaran ada rasa aman dengan uang yang dimiliknya. Mindset lama ini lah yang membuat banyak orang menghabiskan energi untuk menabung. Sedangkan investasi masih dianggap sebagai sesuatu yang menakutkan.

Ada kekhawatiran bahwa uang hasil jerih payah mereka akan hilang begitu saja karena harus berinvestasi. Ada juga yang lebih paham tentang investasim namun tidak peduli bahwa investasi dapat menghasilkan uang berkali- kali lipat dari yang mereka miliki.

Saat kita hanya mengidentikan investasi dengan resiko, ini berarti kita menghindari untuk mencoba dan hanya berhenti belajar. Investasi bukan hal yang menakutkan, hanya saja memang perlu dipelajari lebih lanjut untuk mengetahui manfaat dan resikonya.

Artikel Menarik Lainnya :   6 Jenis Investasi Terbaik untuk Generasi Milenial untuk Masa Depan Lebih Cerah

Pentingnya Knowledge Dalam Investasi

Saat akan menjalankan investasi, maka yang terpenting adalah kita mempunyai bekal yang cukup sebagai modal awal perjalanan investasi. Semua tergantung pada diri kita sendiri, apakah mau terus bermain “aman” atau mencoba hal baru dengan hasil yang berbuah manis?

Banyak orang kaya tidak menabung dan memilih investasi karena mereka menyadari bahwa investasi adalah cara yang paling ideal untuk menata keuangan mereka di masa depan. Tidak ada yang instan, Anda akan melalui fase “error-trial” terlebih dulu. Begitu Anda menikmati hasilnya, maka Anda akan menyadari bahwa berinvestasi adalah cara paling menyenangkan dalam mengelola uang.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.