Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan sebelum memulai bisnis online Anda. Salah satunya mungkin adalah melakukan riset produk untuk mencari tahu jenis produk apa yang selalu laris di pasaran online. Hasilnya mungkin akan sangat beragam tergantung dari cara Anda melakukan riset. Faktanya, setiap artikel yang Anda baca untuk mencari tahu produk laris dalam bisnis online pun hasilnya beragam. BIngung?

Anda mungkin bisa melewatkan detail jenis produk terlebih dulu. Untuk mengetahui produk laris dalam jualan online, Anda bisa memulainya dengan mengintip kategori produk laris terlebih dulu.

 

Kategori Produk yang Selalu Laris Dijual secara Online

Konten yang kami bahas kali ini, kami akan membeberkan kategori produk laris berdasarkan data 8,7 konsumen toko online pada 2016. Konsumsi produk ini bahkan cenderung stabil dan bahkan menunjukkan tren peningkatan di tahun 2017 dan 2018. Deretan kategori produk ini disinyalir selalu menjadi best seller di eCommerce dan marketplace Indonesia.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tips Penting untuk Meningkatkan Kepercayaan dan Reputasi Toko Online Anda

 

1. Produk yang Sedang Hits/ Trend

Produk yang sedang hits ini bisa berupa apa saja, terutama dari kategori fashion. Misalnya saja seperti hijab instant yang sekarang ini banyak dicari para Muslimah. Selain fashion, Anda juga bisa mengintip produk hits lainnya dari kategori lain, misalnya saja skin care Korea kekinian, payung terbalik, dan masih banyak lagi.

Untuk mendukung hasil yang lebih baik, Anda bisa melakukan riset produk laris di marketplace. Anda bisa mengintip fitur ‘Hot Product’ atau ‘Popular Product’ dan mengintip tingkat konversi penjualan yang dihasilkan. Saat produk sedang hits, Anda bisa saja menemukan produk dengan konversi penjualan di atas 70%! Fantastis, bukan?

Produk hits ini akan selalu masuk kategori produk paling laris karena memang berada dalam puncak permintaan pasar. Jika permintaan pasar memang besar, Anda bisa mencoba masuk ke pasar ini.

Yang perlu diwaspadai, Anda perlu menganalisa pasar agar  bisa membuat estimasi apakah trend ini akan cukup lama atau hanya sesaat seperti tren batu mulia beberapa tahun lalu. Pastikan juga Anda mendapatkan supplier dengan harga terbaik agar Anda bisa menawarkan produk Anda dengan harga yang bersaing.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi SEO Lokal Ampuh untuk Website Bisnis Online Anda

 

2. Produk terkait Passion

Produk terkait passion atau hobi bisa saja produk fashion atau semua hal yang berkaitan dengan minat seseorang dan kebutuhan untuk mengekspresikan diri. Misalnya produk- produk terkait jersey sepak bola, alat gaming, fotografi, dan produk travelling dan sebagaiya. Memang tidak semua produk terkait passion mudah untuk dijual, namun mereka cenderung loyal kepada seller saat mereka happy dengan produk yang dibelinya. Bisa dibilang, selain dari pelanggan baru, Anda bisa membangun base pelanggan loyal yang akan kembali pada Anda lagi dan lagi.

 

3. Produk yang Menawarkan Solusi

Produk yang menawarkan solusi akan selalu laris di pasaran. Misalnya saja produk untuk mengatasi rambut rontok atau produk herbal untuk mengatasi masalah ‘orang dewasa’. Untuk yang terakhir ini, bahkan produk ini selalu diburu karena kecenderungan orang- orang yang ‘sungkan’ untuk membeli secara offline. Kabar baiknya lagi, tingkat repetisi (membeli kembali) dari produk kategori ini cenderung sangat tinggi. Jadi, kenapa tidak untuk mencobanya?

Artikel Menarik Lainnya :   Peluang Bisnis yang Berpotensi Untung Besar di 2016

 

Keuntungan Menjual Kategori Produk Laris

Bisa ditebak, menjual produk yang memang di pasaran sudah laris cenderung lebih mudah. Customer biasanya tidak banyak bertanya detail karena mereka cenderung sudah tahu produk tersebut. Selain itu, karena pada dasarnya memang mudah dijual, maka tingkat konversinya pun cukup tinggi. Meski perlu disadari juga bahwa tingkat kompetisi pasti selaras dengan kondisi pasar.

Saat sudah menemukan produknya, pastikan juga Anda mendapatkan harga terbaik untuk menjualnya. Dengan harga terbaik, potensi keuntungan Anda akan menjadi lebih optimal.

Selamat mencoba!