Siapapun bisa jualan laris manis di Tokopedia. Tokopedia adalah marketplace terbesar di Indonesia saat ini. Marketplace lain memang benar mulai bermunculan, tapi tetap saja hingga saat ini Tokopedia masih menjadi yang paling diminati pengguna.

Diantara sekian banyak tool berjualan online, marketplace sebenarnya hanyalah salah satunya saja. Ada banyak tool lain yang bisa digunakan dan dioptimalkan seperti SEO, #sosialmedia dan juga Google Adwords. Tapi jika Anda ingin fokus di marketplace seperti Tokopedia, tentu saja tidak masalah. Asal menerapkan strategi yang cerdas dan konsisten memantau perkembangan Anda, maka omset Anda bisa tumpah- tumbah di marketplace ini.

Jualan Laris di Tokopedia

Pertama- tama, tentu saja Anda wajib memiliki akun Tokopedia untuk berjualan. Jika belum, Anda bisa mendaftar secara gratis dan mudah di situs marketplace ini di www.tokopedia.com. Setelah mendaftar, cobalah optimalkan jualan Anda dengan 12 tips berikut ini :

#1 Buatlah Identitas Seller yang Jelas, Jangan Anonim
Dalam berjualan, unsur kepercayaan sangatlah penting. Khususnya jika toko Anda masih baru, wajib untuk membuat identitas. Jangan memberikan kesan bahwa toko Anda di Tokopedia ini dimiliki oleh seorang anonym. Anda mungkin bisa meng-upload foto diri yang sebenarnya agar pembeli merasa yakin untuk bertransaksi dengan Anda. Kecuali jika reputasi toko online Anda sudah terbangun dengan baik, maka foto identitas bisa diabaikan.

#2 Buat Deskripsi Toko yang Jelas, Singkat dan Padat
Membuat deskripsi toko tidak perlu copywriting atau basa- basi, buatlah dengan kalimat yang hemat, singkat dan mengandung informasi yang padat. Misalnya Anda berjualan jersey bola, maka Anda bisa membuat deskripsi toko : “Distributor Jersey GO Thailand & Kaos Fans Club Bola. Welcome Reseller & Dropshipper.” Bisa juga dengan menambahkan tagline menarik versi Anda sendiri.

Artikel Menarik Lainnya :   25 Cara Menghasilkan Penjualan Optimal dari Toko Online Anda

#3 Gunakan Logo Anda sebagai Profil Picture Toko
Gunakan logo kreatif dari toko online Anda atau icon yang mewakili bisnis Anda. Logo ini sebisa mungkin dibuat original dan mewakili bisnis Anda, jangan yang alay atau asal- asalan. Logo toko yang unik dan khas adalah salah satu daya tarik tersendiri untuk toko di marketplace. Buatlah toko Anda tampil beda dari yang lain.

#4 Jasa Pengiriman yang Bervariasi
Walaupun tidak banyak, ada lho buyer yang sukanya membandingkan seller A, B dan C, termasuk sampai urusan ekspedisi. Jika toko Anda bisa melayani pembelian dengan variasi ekspedisi yang beragam, maka ini bisa menjadi nilai plus untuk toko Anda. Ada juga seller yang di daerah tertentu hanya bisa via ekspedisi X, jadi jika toko Anda kebetulan memperbolehkan opsi ekspedisi ini, pasti pembeli akan memilih berbelanja di toko Anda.

#5 Susun Etalase dengan Rapi
Dengan memanfaatkan fitur etalase, Anda dapat menyusun produk Anda sesuai dengan kategori produk. Dengan etalase yang tersusun rapi, calon pembeli bisa memilih ragam produk yang diinginkannya dalam kategori itu. Selain itu, dengan etalase yang rapi, Anda berarti telah mengelompokkan produk sejenis agar bisa dilihat lebih banyak lagi. Calon pembeli yang awalnya hanya ingin beli satu produk, bisa saja malah membeli dua atau tiga produk karena mupeng dengan produk yang dipajang. Nahhh…  sudah pertimbangkan ini??

#6 Berikan Informasi Produk yang Jelas
Pembeli selalu lebih suka dengan produk yang deskripsinya jelas dan menjawab rasa ingin tahu mereka. Mereka akan malas kalau untuk mendapatkan informasi produk harus menghubungi seller via inbox. Padahal belum tentu juga seller bisa langsung membalas pesan si buyer. Jadi, sebelum meng-upload produk Anda, pastikan dulu informasi yang mereka butuhkan sudah Anda jabarkan di kolom deskripsi produk ya..

Artikel Menarik Lainnya :   Ingin Jualan Laris di Tokopedia? Bangun Reputasi Seller Anda Saat Ini Juga

#7 Berani Kasih Lebih Murah?? Kenapa Tidak??
Jualan online nggak perlu takut rugi. Margin yang kamu potong untuk memberi harga diskon juga nggak harus banyak kok. Misalnya rata- rata Jaket Bola dijual seharga Rp 125.000, kamu bisa menjual dengan harga Rp 123.000. Selisihnya cuma dua ribu, tapi itu cukup untuk membuat calon pembeli memilih produk Anda.

#8  Selalu Update Toko
Seller yang aktif bisa membuat calon pembeli merasa aman untuk membeli dari Anda. Coba bayangkan seandainya Anda mempunyai deretan produk yang bagus tapi tidak pernah aktif, dan calon pembeli melihat di info toko Anda bahwa seller terakhir aktif pada dua minggu yang lalu, calon pembeli itu pasti mikir, ini masih jualan nggak ya? Ini produknya masih nggak ya? Beda jika calon buyer melihat notice yang mengatakan seller aktif 5 jam yang lalu. Customer akan lebih yakin untuk membeli dari Anda.

tokopedia,reputasi,toko online

*Nama toko sengaja diblur demi keamanan negara :p


#9 Selalu Fast Response
Lebih pilih mana, murah slow respon atau mahal tapi fast respon? Kebanyakan pembeli lebih milih yang sedikit lebih mahal tapi fast respon. Fast response akan membuat calon pembeli Anda yakin bahwa membeli dengan Anda pasti akan mendapatkan pelayanan yang terbaik.

#10 Install Aplikasi Tokopedia di Gadgetmu
Jika Anda ingin mengandalkan marketplace sebagai salah satu amunisi berjualan Anda, maka wajib untuk mempunyai aplikasi mereka di HP. Dengan aplikasi yang terinstal akan lebih mudah bagi Anda untuk membalas pesan dan diskusi serta memproses pesanan.

Artikel Menarik Lainnya :   Tokopedia Raih Kucuran Dana Rp 14 Triliun dari Alibaba

#11 Promote Satu Jam Sekali
Di Tokopedia, Anda bisa mempromosikan produk Anda gratis tanpa biaya sepeserpun dengan memanfaatkan fitur Promote Satu Jam Sekali. Caranya, pilihlah satu produk yang ingin Anda promosikan, lalu pilih ‘Promosikan Produk Ini’. Dengan fitur gratis ini, produk Anda berkesempatan untuk tampil di halaman depan dan mendapatkan promosi gratis dari Tokopedia.

#12 Join Gold Merchant
Dengan menjadi Gold Merchant, toko Anda di Tokopedia akan terlihat memiliki badge ‘Gold Merchant’ berwarna kuning. Bukan sekedar badge saja ya, karena ini berarti Anda mendapatkan beberapa fasilitas premium seperti menambahkan orang lain menjadi admin, memasang cover toko, menambah jumlah etalase, menampilkan catatan toko di samping produk yang ditampilkan dan fitur- fitur manis lainnya. Selain itu, toko yang berlabel Gold Merchant ini juga berpotensi lebih dilihat calon pembeli lho.

#13 Jual Produk yang Sedang Happening
Apa sih produk yang sedang hits saat ini? Nahhh… kamu bisa memanfaatkan moment musiman ini untuk mendongkrak penjualan toko Anda di Tokopedia. Dengan memanfaatkan produk musiman, Anda bisa meningkatkan penjualan produk hingga sepuluh kali lipat atau lebih. Yang ini efeknya bisa dahsyat banget lhoo!

Tokopedia ini #marketplace yang sangat powerful sekali sebagai alat penjualan. Maka dari itu, sangat sayang jika tidak dimaksimalkan. Setelah membaca tips ini, mudah- mudahan Anda semakin bersemangat untuk berjualan dan toko Anda semakin laris manis.