Memulai bisnis di era teknologi sekarang ini sudah semakin mudah. Selama ada kemauan dan usaha untuk memulainya, bisnis Anda bisa jadi dan berpotensi semakin besar menggunakan sumber daya yang ada. Bagaimana dengan bisnis rumahan yang mudah dimulai? Adakah?

Ngomong- ngomong soal bisnis rumahan, bisa dibilang merupakan salah satu jenis bisnis yang paling mudah untuk dimulai. Kenapa? Pertama karena modalnya relatif kecil, yang kedua karena resikonya relatif kecil juga, selain itu, bisa juga dikombinasikan dengan pekerjaan offline atau hobi. Pertama- tama, Anda bisa menggunakannya sebagai cara untuk mengisi waktu luang. Setelah Anda merasa sreg dan kuat, waktunya resign untuk membesarkan bisnis Anda sendiri. Enak apa enak?

Jenis- jenis Bisnis Rumahan yang Langsung Bisa Dicoba

Langsung saja, berikut ini adalah beberapa jenis bisnis rumahan yang dapat Anda coba saat ini juga :
1. Bisnis Kuliner
Bisnis kuliner ini memang nggak ada matinya. Bisa dibilang juga, bisnis kuliner adalah bisnis rumahan paling mudah dicoba, dan paling popular untuk dilakukan. Biaya untuk memulai #bisnis rumahan yang satu ini juga relative terjangkau, tergantung dari bisnis kuliner yang Anda pilih.
Untuk memulai bisnis ini, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, yaitu membuka warung langsung, membuat jenis kuliner yang dititip di warung- warung  hingga memasarkannya secara online atau juga bisa ikut mendaftar atau membuka sendiri bisnis waralaba.

Artikel Menarik Lainnya :   Deretan Kerajaan Bisnis Zaskia Sungkar dan Irwansyah, Dari Kuliner, Fashion, hingga e-Commerce

Jika modal kecil, jangan berkecil hati untuk memulainya dengan membuka warung atau menitip lapak ke warung- warung atau pedagang lain. Faktanya, tidak sedikit dari pedagang besar yang dulunya juga memulai bisnis mereka dari nol, sampai akhirnya mereka memiliki beberapa rumah makan besar atau bahkan memiliki brand produk kuliner.

Ikut bisnis waralaba? Ide bagus juga, tapi ya memang Anda harus riset dulu untuk memastikan Anda memilih produk yang tepat dengan pasar yang Anda miliki. Selain itu, siapkan juga budgetnya, karena bisnis waralaba cenderung membutuhkan modal yang lumayan dan juga mengandung resiko.

2. Bisnis Barang Bekas
Barang bekas jangan diremehkan, karena itu bisa menjadi komoditas Anda untuk memulai usaha. Coba Anda lihat berapa banyak barang bekas menumpuk di rumah yang sebetulnya masih memiliki nilai jual? Hmmmm… mungkin mata Anda baru terbuka ketika sedang berada di posisi kepepet ya, hehehe…

Selain dapat dijual secara langsung, barang bekas juga dapat didaur ulang sehingga memiliki bentuk dan fungsi yang baru. Bahan bekas yang telah diolah lagi ini nilai jualnya bisa lebih tinggi lho. Semakin Anda pelajari, maka semakin mudah bagi Anda untuk menemukan celah peluang bisnis yang lebih besar dari bidang bisnis ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Menangkap Peluang Bisnis Online yang Paling Menguntungkan

3. Bisnis Fashion
Sama seperti bisnis kuliner, bisnis fashion ini adalah jenis bisnis yang tidak akan pernah sepi. Anda pernah mendengar cerita tentang anak muda yang dulu membeli pakaian dari Pasar Tanah Abang untuk dijual lagi? Dulu memulainya dengan susah payah, sekarang anak muda itu menjadi pengusaha muda yang super sukses dan menjadi inspirasi dimana- mana. Mau seperti itu juga? Mulai lah sekarang juga!

4. Multi Level Marketing
Jangan sok- sok-an anti MLM ya. Kenyataannya, tidak sedikit dari mereka yang bergabung dengan bisnis MLM benar- benar menjadi jutawan dadakan. Ada beberapa orang yang terjun karena passion, tapi tidak sedikit juga yang terjun karena terpaksa, tapi akhirnya jatuh  cinta. Selain itu, bukan rahasia lagi kalau di MLM untung yang Anda peroleh bisa sangat lumayan.

Jadi, tidak ada salahnya kan mencoba?

5. Kerajinan Tangan
Punya bakat menciptakan seni kerajinan tangan atau craft? Kenapa tidak menjadikan bakatmu menjadi mesin penghasil uang? Sudah banyak yang menjadikan hobi kreatif ini sebagai media untuk mendulang penghasilan lho. Seni selalu memiliki nilai jual yang bagus. Dengan menekuni dan mengasah bakat ini, Anda bisa memulai bisnis Anda. Ciptakanlah beberapa produk dan coba riset pasar untuk menentukan metode menjual paling pas untuk bisnis yang satu ini.

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mendesain Logo Brand Bisnis Keren dengan Tools Online Gratisan

6. Bisnis Online
Ini adalah bisnis utama yang dapat Anda coba saat ini juga. Potensi bisnis online ini sangat besar. Bahkan, jika Anda cukup cermat dalam marketing, Anda dapat mengkombinasikan bisnis no 1-5 dengan bisnis online? Contohnya, Anda dapat memasarkan produk kuliner, kerajinan tangan, penjualan barang bekas, MLM dan fashion secara online. Mantapkan produknya, buat websitenya dan manfaatkan marketplace serta social media. Dijamin hasilnya pasti mengharukan. Tidak semudah teori juga sih, tapi selama Anda jeli melihat peluang dan terus belajar, pasti bisnis Anda akan mudah menjadi besar.

Bukan itu saja, #bisnisonline yang dapat Anda tekuni antara lain dengan blogging/ content publishing, affiliate, dropship/ reseller bisnis online dan masih banyak lagi.