Saat memutuskan menjadi seorang blogger, maka kita sudah tahu bahwa profesi yang kita pilih ini akan banyak berhubungan dengan eksplorasi ide, pembuatan konten, dan optimasi website lainnya. Kenyataannya, tidak sedikit blogger yang mengaku tidak punya banyak waktu untuk melakukan hal- hal penting terkait profesinya itu. Bahkan terpikir untuk membuat jadwal yang konsisten pun tidak.

Jika ini terus terjadi, sulit rasanya untuk menjadi seorang blogger produktif yang optimal dalam mengisi konten di blog. Kesibukan dan jadwal yang berantakan membuat blog kita tidak terurus dan terbengkalai. Hal- hal seperti ini lah yang lambat laun akan menggerus motivasi dan kreatifitas kita dalam blogging.

Mengapa Jadwal yang Teratur untuk Blogger itu Penting?

Mengatur jadwal sangat penting untuk seorang blogger. Dalam satu hari, setidaknya kita mempunyai waktu luang, meskipun tidak banyak dan tidak tetep. Memanfaatkan waktu luang ini, kita bisa membuat target apa saja hal produktif yang bisa kita lakukan sebagai blogger. Sulit? Tergantung dari seberapa besar niat kita untuk melakukannya secara rutin.

Menjawab pertanyaan di sub headline artikel ini, membuat jadwal yang teratur untuk blogger ini penting karena bisa memberi banyak keuntungan untuk seorang blogger. Point yang paling menonjol tentu saja meningkatkan produktifitas dengan menghasilkan banyak karya.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mudah Membuat Halaman Privacy Policy untuk Google Adsense

 

Kiat dalam Membuat Jadwal untuk Blogging

Setelah mengetahui pentingnya untuk terus produktif dalam menghasilkan konten, blogger seharusnya mempunyai motivasi yang sangat besar dalam mengatur jadwal mereka. Mudah memang secara teori, namun dalam prakteknya, banyak yang tidak konsisten dan berakhir berantakan.

Namun jika Anda serius untuk mengembangkan blog secara konsisten, suka tidak suka hal ini tetap harus dilakukan. Berikut ini adalah kiat untuk mendukung produktifitas Anda sebagai blogger :

1. Online bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja

Tidak peduli seberapa sibuk, Anda selalu bisa online dimanapun dan kapan pun. Yang perlu Anda lakukan adalah memaksimalkan setiap waktu online Anda untuk menghasilkan sesuatu yang berharga untuk blog Anda. Anda juga bisa mencuri setiap waktu luang seperti saat menunggu di rumah sakit, naik kendaraan umum, atau bersantai bersama teman. Entah itu untuk membuat konten, untuk blogwalking, mencari ide konten, atau melakukan optimasi SEO lainnya.

 

2. Mulai membuat perencanaan

Bagaimana cara mulai membiasakan diri untuk memaksimalkan waktu senggang? Mulai lah dengan sebuah perencanaan. Rencanakan langkah apa saja untuk mendukung posting terjadwal kita. Coba lah untuk menuliskan setiap ide pokok yang akan Anda kembangkan untuk menjadi konten blog. Anda juga bisa mengumpulkan ilustrasi atau koleksi foto pribadi untuk melengkapi konten- konten baru Anda di blog.

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Berjualan di Media Sosial dengan Cara Sederhana tapi Efektif

Setelah tahu langkah apa saja yang akan dilakukan, coba lah susun prioritas mana yang perlu take action lebih dulu. Dengan begitu, waktu senggang akan lebih optimal untuk melakukan kegiatan produktif blogging  secara teratur.

 

3.  Berbagi konten di media sosial

Berbagi konten di media sosial bisa menjadi salah satu aktifitas ringan untuk dilakukan blogger kapan saja. Selain berbagi konten, di media sosial juga bisa membuat kita terupdate dengan info terkini jika dilakukan dengan tepat. Siapa tahu, konten yang kita lakukan sukses memancing rasa ingin tahu pembaca dan akhirnya juga mendorong trafik tambahan ke situs web kita.

 

4. Waktu luang juga bisa dimanfaatkan untuk blogwalking

Di saat kita punya banyak waktu untuk blogging, kita cenderung menghabiskannya untuk kegiatan yang lebih padat, seperti menulis konten, meng- update plugin, atau tampilan blog. Sedangkan blogwalking sering dilupakan lantaran merasa tidak ada waktu luang.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Membuat Instant Articles Facebook dengan Blogger/ Blogspot

Nah, dengan perencanaan dan jadwal yang kita buat, kita bisa mengoptimalkan waktu kita untuk aktifitas blogwalking juga. Kita bisa mengunjungi blog- blog populer untuk mendapatkan inspirasi dan berkenalan dengan blog- blog populer.

 

5. Membuat jadwal otomatis untuk media sosial

Selain mengunggah konten- konten baru di blog, kita juga bisa mengunggah konten untuk akun media sosial kita. Tidak harus dilakukan secara manual, Anda bisa memanfaatkan tool untuk scheduling konten media sosial kita, seperti Hootsuite atau Gamblr.

Jangan lupa untuk memilih prime time atau waktu terbaik dalam memposting konten media sosial Anda. Dengan begitu, konten Anda pun akan dijangkau lebih banyak pengguna media sosial yang sedang online.

 

Kesimpulan

Sesibuk apapun, jika menjadi blogger adalah passion Anda, maka mempunyai jadwal yang teratur penting untuk dilakukan. Jadwal ini akan membantu Anda untuk menjadi seorang blogger yang lebih produktif karena Anda tahu apa saja yang perlu dilakukan saat Anda mempunyai banyak waktu, sedikit waktu, atau waktu senggang yang bisa dimanfaatkan.

Happy Blogging!

 

 

Referensi : Blogger Story, Max Manroe