Indonesia bisa dibilang merupakan salah satu pasar yang sangat potensial untuk jenis startup apa pun. Bagaimana tidak, dengan jumlah populasi merupakan salah satu yang terbesar di dunia dan juga terkenal dengan gaya hidup konsumtif, apa pun yang dijual di Indonesia bisa laris manis. Tidak heran, berbondong- bondong lah perusahaan raksasa luar negeri yang kerap mengincar Indonesia sebagai target pemasarannya. Mau cuma jadi penonton?

Berbicara soal bisnis, startup memang semakin banyak didirikan di Indonesia. Ya itu tadi salah satu alasannya, Indonesia adalah pasar yang sangat potensial, apa pun yang dijual pasti laku. Meski demikian, banyak juga ternyata bidang bisnis yang baru sedikit pemainnya. Nah, ini bisa jadi kesempatan Anda untuk menggarap lahan ini. Dengan bidang bisnis yang belum banyak dijamah oleh kompetitor, Anda bisa unjuk gigi dengan tampil beda berbekal ide bisnis yang super fresh. Berani coba?

Memang, memulai bisnis yang sudah banyak ada memang lebih gampang karena target market sudah tersedia dengan mudah. Anda juga dapat mengidentifikasi persona buyer Anda secara cepat tanpa banyak riset. Tapi disisi lain, jumlah kompetitor pasti lebih tinggi. Ide yang Anda miliki bisa jadi sudah banyak duplikasinya. Dan bila Anda pemula, sementara banyak pesaing sudah memiliki authority tinggi, maka tentu agak sulit untuk bersaing di garis depan.

Sebaliknya, dengan bidang yang belum terlalu banyak dijamah orang lain, maka kesempatan Anda lebih besar. Anda bisa mengerahkan seluruh kemampuan Anda untuk menghasilkan konsep bisnis yang lebih fresh, unik dan langka. Persaingan yang Anda hadapi akan relatif lebih kecil, dan Anda memiliki kesempatan untuk memimpin di garda depan.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Buka Usaha di Tahun 2018 : Hindari lah Beberapa Kesalahan Fatal Ini

Bukankah rasanya lebih menantang dan menyenangkan mengelola bisnis baru di ranah yang belum banyak digarap? Nah, tentu saja, apalagi di pasar yang sebesar Indonesia! Lalu, ide apa saja untuk menciptakan startup baru yang belum banyak digarap? Anda bisa menyimaknya di artikel yang kami bahas berikut ini:

1. Startup di Bidang Teknologi Biologi ( Biotech )
Biotech atau bidang teknologi biologi adalah sebuah teknologi yang bertujuan untuk mengembangkan berbagai teknologi yang bermanfaat untuk hal- hal biologis. Salah satu manfaat dari penggunaan teknologi biotech ini adalah dapat meminimalisir ancaman senjata biologis. Kedengarannya sih sangat serius, dan untuk bidang ini memang diperlukan orang- orang yang sudah sangat ahli di bidangnya.

Salah satu contoh startup yang menggarap bidang ini adalah Cambrian Genomics, yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat. Startup ini memiliki produk utama berupa laser printing DNA yang memiliki kemampuan untuk mengubah DNA sebuah organisme agar dapat menghasilkan organisme yang lebih baik lagi.

Lihat Gambar :
cambrian genomics, startup


2. Startup di Bidang Energi
Kebutuhan dunia terhadap energy alternatif semakinbesar dari waktu ke waktu. Tidak heran, kini semakin banyak negara yang berlomba- lomba untuk menghasilkan energi yang besar dan mudah diperbaharui agar menambah sumber energy mereka, dan juga tentu untuk alasan ekonomi.

Bidang energi bisa dibilang memiliki prospek yang sangat cemerlang di masa depan. Maka dari itu, bila Anda memiliki minat untuk berkecimpung di ranah yang satu ini dan juga memiliki background pengetahuan yang dibutuhkan, maka kerahkanlah kemampuan Anda untuk memberikan solusi kreatif yang dibutuhkan dunia saat ini. Ide Anda, dengan pengembangan yang serius, dijamin akan sangat membantu masyarakat luas, dan bahkan membantu ekonomi Negara dengan sangat baik.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Langkah Memulai Usaha Baru untuk Pemula dari Nol Hingga Sukses

Salah satu contoh startup yang berhasil di bidang energi ini adalah Edisun, yaitu sebuah perusahaan dengan base lokasi di Pasadena, yang menawarkan sumber energy alternative berupa panel surya murah. Saat ini, Edisun telah memproduksi sebuah alat panel surya yang mampu menghasilkan sumber listrik dengan menggunakan energy matahari. Sumber listrik ini tentunya memiliki harga yang relatif lebih murah sehingga diprediksi akan lebih laku keras lagi di pasaran nanti.

Lihat Gambar :
edisun, startup, energy, solar

3. Startup di Bidang Pengobatan Alternatif dan Supranatural
Sebenarnya dari dulu ada banyak pembukaan praktek pengobatan alternative dan juga spiritual di Indonesia. Tapi sepertinya website- website tersebut masih dikelola seperti website ‘penjualan’ biasa dan masih kurang sentuhan magic. Padahal, Indonesia adalah pasar yang sangat potensial untuk startup bidang ini karena kepercayaan masyarakat Indonesia yang masih sangat kuat mengenai hal supranatural.

Memang betul bahwa hal supranatural itu sulit diukur untuk keabsahannya. Tapi bukan tidak mungkin untuk dibuat sistem startup nya. Apalagi hal- hal yang menyangkut mistis, supranatural, dan metafisik ini selalu menarik minat masyarakat luas. Potensinya cukup besar di Indonesia.

4. Kecerdasan Buatan ( Artificial Intelligence )
Salah satu startup yang sukses menggarap bidang kecerdasan buatan ( artificial intelligence ) adalah Enlitic dan MetaMind. Enlitic adalah startup kecerdasan buatan yang digunakan untuk mendiagnosis penyakit berdasarkan gejala- gejala yang dialami oleh seorang pasien. Enlitic didesain untuk meningkatkan akurasi diagnosa, mengurangi waktu tunggu pasien dan juga mencegah follow up test yang kurang penting. Mereka meng- klaim mampu melakukan screening secara otomatis terhadap ratusan penyakit secara spesifik.

Artikel Menarik Lainnya :   Grab Resmi Akuisisi Uber, Apa Rencana Selanjutnya?

Berbeda dengan Enlitic, MetaMind adalah sebuah institusi neuro-semantics Indonesia yang berafiliasi dari Neuro-Semantics dari Amerika Serikat. Jika sebelumnya Anda pernah mendengar tentang Quantum Mind Programming, maka program ini bisa dibilang masih saudara dengan program sejenis ini. Startup ini memberikan training/ coaching untuk perusahaan- perusahaan yang ingin meningkatkan pola pikir, mindset dan tata nilai, sehingga mereka yang terlibat di dalam perusahaan merupakan orang- orang yang telah mengalami perubahan perilaku positif dan lebih berprestasi.

Lihat Gambar :
Metamind, startup, kecerdasan buatan

5. Ide Startup Robot
Meskipun dunia robot telah banyak berkembang, namun nyatanya teknologi robot masih belum digarap secara serius untuk digunakan di bidang startup. Robot- robot yang diproduksi saat ini lebih banyak digunakan di bidang manufaktur, dan militer saja. Padahal, ide startup Robot ini sangat cemerlang karena bisa sangat bemanfaat untuk membantu manusia.

Salah satu startup robot yang saat ini terbilang suksesadalah Garuda Robotics. Dengan tagline ‘Intelligent robotics solutions for the modern enterprise’, startup ini kini berhasil menerobos bidang pertanian, telekomunikasi, sekuriti dan juga infrastruktur. Tertarik untuk mengikut jejaknya?

Lihat Gambar :
garuda robotics, robot, startup

Jadi sebetulnya ada banyak ide kan untuk membuat startup Anda sendiri? Yakin hanya mau jadi penonton? Ayo dibakar semangatnya dan mulai bisnis startup Anda ^_^