Kehadiran IGTV beberapa waktu lalu menyadarkan banyak orang bahwa Instagram telah benar- benar berevolusi dan menjadi bagian penting dari kesehaian banyak orang. Kini, kurang lebih satu miliar orang telah mengakses Instagram setiap bulannya. Bukan jumlah yang sedikit, bukan?

Dengan basis pengguna yang besar, Instagram menunjukkan bahwa platform mereka tidak akan berhenti untuk berinovasi. Mereka selalu menghadirkan fitur- fitur baru yang memanjakan penggunanya. Mereka ingin membuat platform mereka menjadi lebih luas lagi, lebih fleksibel, dan lebih besar lagi. Tidak heran jika kemudian lahir lah IGTV yang digadang- gadang menjadi ancaman serius untuk YouTube dalam beberapa waktu ke depan.

 

Jika sebelumnya kita sudah terbiasa mengunggah video ke Instagram dengan durasi tidak bisa lebih dari satu menit, maka ada yang berbeda dengan IGTV. Dengan fitur baru ini, pengguna bisa mengunggah video hingga satu jam lamanya. IGTV tersedia bukan hanya untuk creator- creator ternama saja, tapi juga untuk semua pengguna tanpa terkecuali.

Artikel Menarik Lainnya :   Logo dan Style Baru Instagram Panen Sindiran dan Hujatan

 

Keunikan IGTV

Apa yang membuat IGTV unik dan berbeda? Salah satunya adalah bagaimana fitur ini dibangun secara spesifik untuk memanjakan pengguna smartphone. Semua video di IGTV ditampilkan dengan format vertical (portrait) dan full screen. Secara langsung Anda akan seperti melihat konten Instagram Stories, hanya saja dalam versi durasi yang lebih Panjang.

Keunikan lainnya, IGTV ini bisa dinikmati melalui aplikasi Instagram ataupun aplikasi IGTV tersendiri. Di Instagram, Anda dapat meng- klik icon IGTV di sebelah icon DM untuk mengakses IGTV.

Di aplikasi IGTV sendiri, video dapat otomatis dimainkan sesaat setelah aplikasi dibuka. Untu kdapat menemukan lebih banyak konten, pengguna dapat mengusap layar ke atas. Kemudian pengguna dapat memilih diantara tiga tab, yaitu “For You” (rekomendasi untuk Anda), “Following” (konten dari pengguna lain yang Anda ikuti), dan “Populer” (konten terpopuler). Anda bisa juga melakukan pencarian konten secara manual.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tool Instagram Terbaik untuk Mengoptimalkan Strategi Social Media Anda

 

Diramalkan Akan Menjadi Ancaman Serius untuk YouTube

Saat ini IGTV memang relatif masih baru. Meski begitu, kehadiran fitur baru dari Instagram ini benar- benar menarik perhatian pengguna Instagram. Dengan video berdurasi lebih lama, banyak pengguna yang menggunakan fitur ini untuk meningkatkan eksistensi mereka, branding produk, dan bahkan berjualan langsung.

Meskipun belum memberlakukan monetisasi seperti #YouTube, banyak yang meramalkan IGTV akan menjadi ancaman serius untuk YouTube kelak. Salah satu alasan kuatnya adalah karena culture dari Instagram dan Facebook yang tidak berhenti berinovasi dan kerap memberikan ‘kejutan baru’ untuk para penggunanya.

Selain itu, dengan semakin banyaknya creator yang berkecimpung, IGTV diprediksi akan menawarkan cara agar creator tersebut dapat memperoleh pendapatan dari video yang mereka unggah di akun IGTV mereka masing- masing.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Tips Menciptakan Konten Story Telling yang Memikat Fan Facebook Anda

Untuk saat ini, mari kita nantikan bersama apakah prediksi ini akan menjadi nyata dalam beberapa waktu kedepan.