Tahukah Anda, menurut sebuah riset yang dilakukan oleh sebuah lembaga swadaya Mindshare pada awal tahun 2016, Indonesia ditetapkan sebagai negara dengan jumlah tren belanja online terbesar nomor 13 dari total 33 negara. Mengingat tren ini terus meningkat dari waktu ke waktu, tentu hal ini membuat kita semakin menyadari betapa ‘empuknya’ ladang belanja online di Indonesia.

Jika sudah membicarakan tentang eCommerce alias belanja online, tentu ada satu bidang usaha lain terkait yang pasti akan merasakan perkembangan pesat seiring dengan meningkatnya tren ini ya. Yes, bidang usaha yang dimaksud disini adalah jasa #kurir, karena memang peranan jasa kurir tidak bisa dilepaskan dari semakin eksisnya e-Commerce ini. Perannya benar- benar sangat vital untuk memastikan produk yang dibeli customer sampai ke tempat tujuan dengan selamat.

Salah satu buktinya, jika dulu kita hanya mengenal Pos, Tiki dan JNE, kini kita semakin mengenal berbagai jenis perusahaan pengiriman barang. Dari sekian banyak nama baru, Handy Mantis membuat rasa penasaran memuncak karena memiliki konsep yang berbeda.

Apa itu Handy Mantis? Bagaimana Awal Mula Berdirinya?

#Startup Handy Mantis berdiri dengan diprakarsai oleh seorang pengusaha bernama Ahmad Fathi Hadi. Setelah memutuskan keluar dari perusahaan tempat ia pernah bekerja, Hadi mengembangkan ide bisnis yang dimilikinya selama beberapa tahun. Hadi memiliki background IT dan sebelumnya pun memang telah mempunyai usaha di bidang IT. Ia juga pernah memiliki bisnis di bidang lain yaitu kuliner dan juga pembuatan racun serangga. Dari pengalamannya bekerja dan mengelola bisnis- bisnisnya itu, sebuah gagasan baru muncul di benaknya. Salah satu yang paling menginspirasinya waktu itu ialah pengalaman dalam mengantarkan barang pada konsumen. Secara ajaib, aktifitas ini menginspirasinya untuk membuat sebuah bisnis jasa kurir barang.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Tips Sukses untuk Memulai Usaha Kecil Anda

Pada tahun 2013, Hadi semakin merasakan besarnya potensi jasa kurir barang di Indonesia akibat meningkatknya tren jual beli online di Indonesia.Ia kemudian melakukan beberapa riset untuk menemukan konsep ideal dari idenya tersebut. Dari konsep yang ia dapatkan, Hadi semakin penasaran untuk mengembangkan ide bisnisnya dan mencari sumber daya yang dibutuhkan. Setelah melewati beberapa tahapan, Hady akhirnya mantap untuk mendirikan sebuah perusahaan jasa kurir barang dengan nama Handy Mantis.
Lalu, mengapa jasa kurir ini diberi nama Handy Mantis? Apa yang istimewa? Pemilihan nama Handy Mantis ini berasal dari dua kata, yaitu Handy dan Mantis. Handy berarti serba bisa atau mampu menjalankan berbagai macam tugas, sedangkan kata Mantis berasal dari sebuah kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti belalang sembah.Sama seperti seekor belalang sembah yang gesit, Hadi berharap bisnis jasa kurir yang dimilikinya dapat mencakup dan melayani berbagai macam keperluan konsumen dengan pelayanan yang cepat, tanggap dan akurat untuk konsumen.

Mengenal Layanan Handy Mantis

Handy Mantis berawal dari ide Hadi untuk mendukung bisnis miliknya yang lain. Seiring dengan berjalannya waktu, Hady memahami bahwa jasa kurirnya ini dapat semakin besar dan bisa menampakkan potensi yang luar biasa.Tak ingin menyia- nyiakan peluang, Hadi semakin serius menggarap bisnis kurir tersebut. Layanan Handy Mantis kini semakin berkembang dan telah membantu banyak konsumen yang ingin mengantarkan berbagai barang seperti minuman,makanan, ASI, dokumen dan barang- baran lainnya.

Artikel Menarik Lainnya :   Inspirasi Ide Startup yang Belum Banyak Digunakan di Indonesia

Bukan hanya itu saja, Handy Mantis juga siap membantu konsumen yang ingin berbelanja namun tidak memiliki waktu lebih. Berbagai keperluan seperti membeli makanan, minuman, dan belanja kebutuhan sehari- hari pun akan dilayani oleh jasa Handy Mantis. Masih kurang? Handy Mantis juga membantu konsumen untuk memesan jasa mengantri tiket bioskop, membayartagihan, tiket konser atau klaim asuransi. Wooowww…. Benar- benar membuat Anda sepenuhnya merasa dimanjakan dengan teknologi kurir yang semakin berkembang pesat, ya?

“Kami mempunyai pandangan bahwa waktu Anda sangatlah berharga dan tak ternilai.Tidak hanya waktu saja, tenaga serta pikrian Anda juga sangat lah berharga.Oleh karena itu Anda layak mendapatkan bantuan dari kami untuk banyak hal, mulai dari jasa transportasi, kurir, belanja kebutuhan sehari-hari, mengantri, dan lain sebagainya. Kami ada dan siap untuk melayani Anda,”  tutur Hadi, founder Handy Mantis.

Keunggulan Layanan Kurir Handy Mantis

Di era digital online seperti ini, membuat startup memang menjadi sebuah pilihan yang semakin menggiurkan dan mudah untuk diproyeksikan, asalkan memiliki niat yang serius dan sumber daya yang mumpuni.Hadi pun demikian, dengan keseriusan dan sumber daya nya, ingin bisnisnya semakin berkibar dan besar untuk melayani lebih banyak orang lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   Strategi Buka Usaha di Tahun 2018 : Hindari lah Beberapa Kesalahan Fatal Ini

Sebagai tahap awal, Hadi ingin memastikan bahwa layanan kurir Handy Mantis memiliki fasilitas terbaik sehingga dapat memberikan pelayanan maksimal kepada para konsumen.Salah satu fasilitas unggulan saat ini ialah setiap kurir Handy Mantis dilengkapi dengan box khusus yang dapat membawa makanan dalam kondisi panas atau dingi sehingga makanan tersebut tetap terjaga rasa dan kualitasnya ketika sampai di tangan konsumen.

Bukan hanya itu saja, jasa kurir Handy Mantis juga memiliki berbagai kelebihan lain seperti program kerjasama kemitraan bisnis dan UKM. Dengan fitur ini, misalnya sebuah bisnis UKM akan terbantu untuk mengirimkan barang ke banyak perusahaan berbeda dengan cepat dan praktis tanpa harus menginput data alamat secara manual. Dalam soal pembayaran, Handy Mantis lagi-lagi memberi opsi yang memudahkan, yaitu konsumen dapat membayar dengan kartu kredit, bank transfer atau mobile.

Sang founder, Hadi juga memastikan bahwa kurirnya adalah pribadi- pribadi terpilih dari sebuah proses seleksi yang ketat dan pengawasan terbaik sehingga dapat memberikan pelayanan prima kepada para konsumen. Para kurir Handy Mantis dituntut bekerja secara professional, mendapatkan pembekalan skill dan memiliki kode etik bekerja yang sangat baik.

Sayangnya saat ini Handy Mantis baru melayani wilayan Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi saja. Semoga dengan semakin besarnya jasa kurir ini, maka akan semakin banyak kota lainnya di Indonesia yang mendapatkan layanan dari jasa kurir ini ya.