Sejak diluncurkan, profil bisnis Instagram telah menyita perhatian para pebisnis online. Dengan berubah menjadi bisnis, pengguna dapat mengoptimalkan akun Instagram mereka dengan lebih baik. Bukan hanya untuk ranah #e-Commerce, bahkan bisnis restoran, aplikasi dan akomodasi juga turut mengubah akun Instagram mereka menjadi bisnis.

Tertarik juga untuk mengubah akun Instagram Anda menjadi bisnis? Jika Anda sedang ‘bermain’ bisnis online, maka wajib hukumnya untuk mencoba. Sebelum Anda mengubah akun Instagram menjadi bisnis, maka ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui :

1. Wajib Pisahkan Akun Pribadi dengan Akun Bisnis
Jika sudah berniat menggunakan akun bisnis, maka wajib hukumnya untuk memisahkan akun tersebut dari akun pribadi. Hindari untuk mem-posting hal- hal personal diluar bisnis Anda. Salah satu goal untuk mengubah akun Anda ke bisnis adalah agar bisnis Anda terlihat profesional. Jadi, jika masih tidak bisa memisahkan aktifitas bisnis dengan personal, maka sia- sia saja Anda mengubah akun Instagram Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Brand Internasional yang Sukses Memantapkan Bisnis Mereka di Instagram

2. Harus Memilikis Facebook Page
Halaman Facebook atau fanpage wajib Anda siapkan sebelum memutuskan untuk berubah menjadi akun bisnis. Melalui ‘Pengaturan’, Anda dapat menghubungkan akun Instagram Anda dengan fanspage Anda. Perhatikan juga manajemen posting di fanpage agar fanpage Anda hidup dan teroptimasi dengan baik.

3. Siapkan Satu Kontak Khusus
Saat mengubah profil pribadi Instagram Anda, Anda juga akan diminta untuk menyertakan nomer telepon, alamat dan email. Maka dari itu, siapkanlah satu kontak khusus yang akan Anda gunakan untuk akun bisnis Anda.

4. Akan Ada Tab Kontak dan Petunjuk Arah
Salah satu cara paling mudah untuk mengenali akun Instagram yang sudah menjadi bisnis adalah munculnya tab kontak (Telepon & Email) dan petunjuk arah. Tab ini muncul berdasarkan informasi kontak (point 3) yang kita siapkan untuk akun Instagram kita.

5. Notifikasi Komentar Instagram Anda Dapat Diakses di Fanpage Terhubung dan Anda Bisa Membalas Komentar Melalui Fanpage
Saat menghubungkan akun Instagram bisnis Anda dengan fanpage, maka Anda dapat mengakses komentar Instagram Anda di fanpage dengan mudah. Lebih asyik lagi, Anda juga bisa langsung membalas komentar yang masuk di panel notifikasi tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Mengubah Akun Instagram dari Profil Pribadi menjadi Profil Bisnis

6. Profil Bisnis Instagram Hanya Share Foto ke Fanpage yang Dihubungkan
Untuk saat ini, profil bisnis Instagram hanya bisa share foto ke fanpage terhubung saja.

7. Ada Informasi Kategori Bisnis di Profil
Saat menjadi profil bisnis, maka di bawah nama pengguna akan muncul kategori bisnis. Kategori yang muncul ini akan sama dengan kategori yang ada di fanpage terhubung.

8. Profil Bisnis Tidak Bisa Dijadikan Akun Privat
Salah satu tujuan akun Instagram menjadi bisnis adalah agar semakin mudah dilihat oleh calon pembeli potensial. Maka dari itu, akun yang berubah menjadi profil bisnis tidak boleh di-setting Privat.

9. Dengan Profil Bisnis, Melihat Insight atau Statistik Menjadi Mudah
Salah satu keunggulan berubah menjadi profil bisnis adalah Anda mendapatkan kemudahan untuk mengakses Insight (Wawasan) atau grafik statistik. Disinis Anda bisa menganalisa follower Anda, demografi, jam online follower, dsb.
Membaca Insight Instagram

Artikel Menarik Lainnya :   Indikator untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Konsumen di Media Sosial

10. Tidak Otomatis Menjadi Verified Account
Meskipun sudah menjadi akun bisnis dan akun fanpage terhubung sudah terverifikasi, akun bisnis Instagram Anda tidak secara otomatis menjadi profil bisnis yang terverifikasi.

11. Anda Bisa Mengubah Kembali Profil Bisnis Anda ke Akun Pribadi Kapan Saja
Setelah menjadi akun bisnis, Anda bisa kembali menjadi akun pribadi kapan saja dengan masuk ke Pengaturan (icon tiga titik di kanan atas) dan pilih ‘Beralih ke Akun Pribadi’. Yang perlu Anda ketahui, setiap kali berubah ke akun personal, data di Insight juga akan terhapus.

 

Setelah mengetahui 11 poin ini, sudah siapkah Anda mengubah akun Instagram Anda menjadi profil bisnis?