Kabar gembira untuk pengguna internet di seluruh Indonesia. Google Station, yaitu area akses WiFi gratis untuk public dipastikan akan segera hadir di Indonesia. Google sendiri berjanji bahwa rencana besar ini siap untuk untuk diproses segera di tahun ini.

Dalam menghadirkan WiFi gratis ini, Google tidak sendirian. Mereka menggandeng perusahaan penyedia akses internet lokal, yaitu Fiberstar dan CBN. Dalam hal ini, ketiganya akan bersinergi untuk berbagi tugas. Google akan mengelola kualitas koneksi internet WiFi dengan berbagai software besutannya. Sedangkan CBN dan FiberStar akan menyediakan kabel dan akses internet yang akan disebarkan sebagai WiFi.

“Di Indonesia banyak halangan untuk membuat akses internet yang bagus. Karena itu kami akan membawa Google Station ke Indonesia,” ungkap Tony Keusgen, Country Google Indonesia, di sela- sela acara Google for Indonesia, di Jakarta, Kamis (24/8/2017).

Artikel Menarik Lainnya :   Di Balik Runtuhnya 7-Eleven di Indonesia, Pelajaran Apa yang Bisa Kita Ambil?

“Pertama Google Station akan ada di Jakarta, lalu Surabaya, Denpasar, Bandung, lalu kota-kota lain. Kami akan mulai tahun ini, jadi nanti akan ada jutaan orang yang bisa mengakses WiFi publik tersebut,” begitu terangnya.

Tony pun berjanji bahwa kualitas koneksi Google Station ini akan lebih baik dibandingkan kebanyakan WiFi publik. User akan dimanjakan dengan internet berkecepatan tinggi yang memudahkan akses berbagai layanan internet dasar, hingga streaming video HD.

 

Sebelumnya, Google Station juga sudah hadir di India dengan bekerja sama dengan RailTel dan Indian Railways yang merupakan provider lokal di negara tersebut.

“Kalau di India kami pasang di lebih dari 200 stasiun kereta. Kemudian karena ada Google Station, maka 15.000 orang di India jadi mulai mengenal internet untuk pertama kali,” terang Tony.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Prinsip Dasar SEO yang Tidak Lekang oleh Waktu dan Algoritma Google

“Masalah India itu kurang lebih sama. Kami sangat optimis dengan peran internet dalam perkembangan Indonesia, dan dalam beberapa bulan mendatang akan meluncurkan Google Station ini,” pungkasnya

Bagaimana menurut Anda? Tentu saja pasti menyenangkan ya bisa menikmati akses internet berkecepatan tinggi secara gratis? Dengan ini, pasti industri digital di Indonesia akan semakin menggeliat.

Featured Image Credit : Yoga Hastyadi/KOMPAS.com