Meskipun dibandingkan dengan #Facebook dan #Twitter, Google Plus masih tertinggal jauh sebagai social media, namun untuk para webmaster, penggunaan Google Plus bisa dibilang sangat penting. Jika Anda termasuk orang- orang yang telah berkecimpung di bidang blogging ini cukup lama, tentu Anda menyadari hal ini, bukan? Yes, ini berkaitan dengan Author Rank.

Ketika Google menciptakan Google Plus, yang sebetulnya ingin mereka lakukan adalah bukan sekedar untuk meramaikan kancah social media atau untuk menyaingi Facebook dan Twitter. Google memiliki misi lain, sesuatu yang lebih besar, dan berpengaruh untuk bisnis mereka di masa mendatang.

Seperti yang kita tahu, Google adalah perusahaan mesin pencari terbesar di seluruh dunia. Meskipun sudah menjadi yang terbesar, bukan berarti Google berbangga diri dan berhenti berinovasi. Sebaliknya, mereka terus berupaya agar semakin besar dan semakin memberikan yang terbaik untuk para penggunanya. Mereka ingin menampilkan hasil pencarian yang paling relevant untuk penggunanya, sekaligus menyuguhkan halaman websiteyang berkualitas.


Author Rank yang Bagus Mendongkrak Posisi Situs Anda di Mesin Pencari

Banyak sekali trik Black Hat yang dulu kerap digunakan oleh webmaster nakal untuk mengakali hasil pencariandi Google. Namun seiring dengan inovasi yang dilakukan Google dengan perubahan algoritma nya, maka banyak webmaster nakal tersebut akhirnya gigit jari.

Tapi Google masih belum juga berhenti. Mereka menyadari masih ada yang kurang. Yang mereka inginkan adalah agar halaman utama hasil pencarian mereka terisi dengan konten berkualitas yang berasal dari author yang berkompetensi di bidangnya. Nah, disinilah lahir sebuah ide untuk membuat Google Authorship. Terkait hal ini, Matt Cutts, Google Engine Senior, pernah memberikan pernyataannya di event Pubcon 2011:

Social is a good way to create a reputation for authors. If the reputation of content authors is transparent, it will make the whole web better.

Ketika Anda menggunakan mesin pencari Google, Anda kerap melihat tampilan foto dan nama penulis konten di sebuah SERP Google. Mesin pencari ini sedang membantu para penggunanya untuk menemukan tulisan dari author tertentu yang berkompeten di bidangnya. Selain itu Google juga memanfaatkan Author Rank( ranking/ reputasi penulis )dalam penentuan ranking sebuah halaman situs di halaman pencarian mereka.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Posting Otomatis Artikel Blog ke Facebook dan 6 Media Sosial Lainnya

Author Rank kini menjadi salah satu komponen Google untuk menampilkan hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang dibidik oleh penggunya. Bisa dibilang, hal ini menjadi salah satu elemen penting dalam teknik #SEO. Ketika seorang penulis memiliki reputasi yang baik, maka ia memiliki peluang besar untuk setiap artikelnya menduduki halaman utama dalam proses pencarian. Terutama bila si penulis fokus untuk membuat konten pada topik tertentu untuk sebuah situs.

Cara Menggunakan Google Authorship untuk Blog/Website Anda

Sesuai dengan perintah Google, kini semakin banyak para pemilik blog yang menggunakan fitur Google Authorship di situs mereka. Tujuannya tentu saja seperti yang sudah kita bahas tadi, agar mesin pencari Google lebih mengenal siapa pembuat konten di situs tersebut dan hal ini akan sangat berpengaruh terhadap ranking sebuah konten di hasil pencarian Google. Ketika seorang author semakin sering menulis artikel berkualitas untuk sebuah topik tertentu, maka hal tersebut akan berpengaruh terhadap nilai author rank-nya.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa Tiba- tiba Ranking Blog/ Website Merosot di SERP Google?

Berikut ini adalah langkah- langkah memasang Google Authorship di website Anda:
1. Buat akun Google Plus dengan akun Gmail Anda. Kalau belum punya, ya buat saja, gratis kok ^_^
2. Setelah akun Google Plus Anda jadi, maka lakukan verifikasi bahwa Anda adalah author dari website/ blog yang Anda kelola, dengan cara memasang URL Google Plus Anda di website.
3. Jika website Anda berbasis WordPress, maka Anda dapat memasukkan link Google Plus Anda di halaman ‘Pengguna’, di bagian ‘Profil Anda

Lihat Gambar
google plus, Author Rank, authorship, profil, WordPress
4. Selesai, kini website Anda telah terhubung dengan akun Google Plus Anda.

Mengapa Author Rank ini Penting?

Author Rank, seperti pembahasan di awal tadi, akan memiliki peranan yang sangat vital untuk SEO di masa depan. Author rank ini akan menjadi salah satu point penting dalam teknik SEO. Jika Anda memiliki author rank yang bagus, maka artikel Anda akan mendapatkan perhatian lebih dari Google, sehingga Anda kerap mendapatkan posisi bagus di hasil pencarian Google, dan secara alami Anda akan mendapatkan banyak trafik organik.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Melakukan Riset Keyword dengan 5 Tool Berbeda

Ada beberapa mitos keliru yang beredar terkait dengan Author Rank ini. Banyak yang berpikir ketika semakin banyak orang yang memasukkannya ke lingkaran Google Plus orang lain, maka Author Rank nya meningkat. Hal ini membuat para webmaster berlomba- lomba membuat akun Google Plus palsu untuk memasukkan akun utama tadi kea kun palsu yang dibuat. Nyatanya, Author Rank ini meningkat seiring dengan meningkatkya kualitas konten pada niche tertentu yang digarap dan juga interaksi terhadap user lain.
Dalam SEO jangka panjang, banyak praktisi internet marketer yang memprediksi bahwa Author Rank ini akan menjadi lebih penting dari Google Page Rank. Banyak sekali situs dengan author rank tinggi memiliki page rendah, namun konten- kontenya berhasil menduduki halaman utama pencarian Google. Sebaliknya, banyak juga situs ber-page rank tinggi yang posisinya kerap jeblok di mesin pencari, karena memiliki author rank yang rendah.



Nah, apakah teman- teman sudah mulai menerapkan Google Authorship ini di blog/ website Anda? Secara konsisten, mari kita belajar untuk semakin meningkatkan Author Rank kita.
Semoga ulasan ini bermanfaat untuk para pembaca. Terimakasih telah membaca.